Turun 50%, Xpander Kembali Digeser Toyota Avanza Secara Wholesales

by  in Berita&Daihatsu&Honda
Turun 50%, Xpander Kembali Digeser Toyota Avanza Secara Wholesales
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam tempo satu tahun terakhir ini memang segmen Low MPV menjadi segmen yang paling sengit dan juga paling menarik untuk diikuti perkembangannya. Apalagi jikalau kita melihat kiprah Toyota Avanza sebagai pemegang tahta LMPV selama bertahun – tahun, dan juga usaha dari Mitsubishi Xpander untuk merebut tahta tersebut.

Dan secara dramatis, Mitsubishi Xpander berhasil merebut tahta tersebut dari Toyota Avanza di awal tahun 2018 ini. Namun pada bulan keenam tahun ini, Mitsubishi Xpander harus kembali berada di bawah Toyota Avanza untuk capaian wholesales. Yap, Mengacu pada data wholesales Gaikindo pada bulan Juni 2018 silam, pihak Toyota bisa cukup tersenyum dengan capaian Toyota Avanza yang ada di angka 4.648 unit. Sedangkan untuk Mitsubishi Xpander sendiri nangkring di posisi kedua dengan angka 3.278 unit. Capaian ini sendiri merupakan sebuah hal positif untuk Toyota Avanza, apalagi jikalau kita bandingkan dengan para pesingnya yang lebih ‘muda’ secara desain dan kelengkapan, mobil ini masih bisa menunjukkan capaian yang tinggi.

Mungkin beberapa dari kalian juga akan bertanya, dimanakah posisi All New Suzuki Ertiga? Bukankah mobil ini juga masih terhitung baru, apalagi bisa dikatakan pihak Suzuki mencuri start dengan melakukan world premiere di Indonesia, bukannya di India? Jawabannya jelas, jikalau LMPV Toyota dan Mitsubishi di posisi satu dan dua, maka Ertiga pasti di posisi setelahnya. Yap, All New Suzuki Ertiga ada di posisi ketiga, bak sebuah rima dalam pantun, ertiga di posisi ketiga. Status produk yang masih baru dengan hype-nya tak membuat All New Suzuki Ertiga langsung melesat dalam hal wholesales. Capaian LMPV Suzuki ini di bulan Juni 2018 ini adalah di angka 1.929 unit saja, unggul cukup banyak dari pesaingnya asal Honda, Honda Mobilio yang hanya membukukan angka 1.303 unit saja.

Sisanya? Wuling Confero ada di posisi 5 dengan 882 unit, Daihatsu Xenia di posisi 6 dengan 524 unit dan terakhir adalah Nissan Grand Livina dengan capaian cuma 102 unit saja. Praktis, hanya dua LMPV saja yang bisa bermain di angka wholesales diatas 3.000 unit. Namun, walaupun di bulan Juni kemarin Toyota Avanza mampu mengungguli Mitsubishi Xpander, nyatanya dari perolehan global wholesales sepanjang 2018 Mitsubishi masih unggul tipis dengan angka 39.948 unit, sedangkan Avanza dengan angka 39.455 unit. Lalu, kenapa wholesales Mitsubishi Xpander terjun bebas hingga 50%? Mengutip via laman Liputan6,  Irwan Kuncoro, Sales & Marketing Director PT MMKSI menyebutkan bahwa di buan Juni kemarin hari efektif kerja banyak terpotong karena libur panjang dan ada faktor kendala pengiriman.

Jadi, apakah pihak Toyota bisa mempertahankan capaiannya di bulan Juli ini? Atau Mitsubishi Xpander akan merebut lagi posisi pucuk di wholesales segmen LMPV? Kita tunggu saja. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar

Read Prev:
Read Next: