Toyota Kembali Tertinggal Dalam Mengejar Angka Penjualan VW

Toyota Kembali Tertinggal Dalam Mengejar Angka Penjualan VW
0  komentar
penjualan-toyota-lawan-volkswagen

AutonetMagz.com – Banyak pabrikan yang berambisi menjadi merek mobil terbesar dunia, di antaranya mencakup VW Group, General Motors dan Toyota. Tahun lalu, Toyota pernah berambisi untuk menjadi merek mobil terbesar dan mengalahkan VW dalam hal penjualan. Menurut Autoevolution, tahun lalu pelan-pelan Toyota bisa mengejar ketinggalan mereka, tapi belakangan ini VW kembali melesat meninggalkan Toyota.

Data yang dirilis oleh Jato Dynamics menyampaikan kalau VW Group menjual mobil 10 persen lebih banyak daripada angka yang mereka dapat pada 2 bulan pertama di tahun 2015. Sebanyak 1.368.847 mobil berhasil terjual dari dealer VW, Audi, Skoda, SEAT dan lain-lain, sementara Toyota dan beberapa sub-brand miliknya seperti Scion dan Lexus tertinggal 129.000 unit.

Oettinger VW Golf front view

Ditampilkan pula bahwa permintaan mobil-mobil VW Group meningkat 0,8 persen, sedangkan Toyota justru berkurang 5,1 persen karena penurunan pasar di pasar negara berkembang seperti di Amerika Latin. Selisih ini sepertinya karena VW sudah membeli banyak merek seperti Audi, Skoda, SEAT, Lamborghini, Bugatti, Porsche dan Bentley, sementara Toyota tidak sebanyak itu.

Yang bertengger di peringkat ketiga adalah General Motors (GM). Pabrikan asal AS ini berhasil memperbesar jumlah kendaraan yang dikirim ke konsumen, dari hanya 1 persen menjadi 1,07 juta unit. Namun, Hyundai dan KIA terus memperkecil jarak dengan GM. Merek asal Korea Selatan ini mencatat hasil penjualan 950.000 unit dan berhak atas posisi keempat.

data-penjualan-jato-dynamics

Ford ada di peringkat kelima dengan hasil penjualan 804.000 unit, naik 4,5 persen dari periode sama sebelumnya. Yang cukup miris adalah hasil penjualan dari Fiat-Chrysler Alliance, Suzuki dan PSA Peugeot-Citroen, karena semua angka pertumbuhannya minus dan hasil penjualannya kurang baik, namun tentu saja angka ini masih bisa berubah.

Bagaimana menurut anda, kira-kira masih ada kemungkinan tidak Toyota menyusul VW? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • wowkeren

    Kapan TAM penjualannya turun drastis, dari yang paling banyak jadi paling dikit? Material jelek, sunatan fitur dimana mana, pelit bonus, pake korupsi, trus masih laku?? Ya ok, honda kaya gitu, tapi masih murah hati soal bonus. Ingat, jangan jadiin konsumen (hanya) sebagai sumber uang. Konsumen indonesia sudah lebih cerdas, bisa milih mana yang lebih worth to buy, lebih bagus, dll. Gue kalo disuruh milih T atau H, mending H.

    • faisal dika Maulana

      Perasaan ga ada yg bahas honda deh..

      • putra

        Hahahahaha. Wowkeren wowkeren. Bikin artikel sendiri gih yang judulnya “honda kembali tertinggal dalam mengejar angka penjualan toyota”
        Ngakak gw.

        • wowkeren

          Lo aja sono. gue mah ogah. Kan elo yang fanboynya toyota

          • mrnobody

            lain kali baca artikel nya ampe tuntas gan, kalo mau komen. okee??????

      • wowkeren

        Gaaa, perbandingan aja

    • timing

      Drpd H meending vw..H nyunat secara halus..kalau t sunat habis…sama aja dua2nya itu fitur2 dijadikan sumber uang..

    • bepe

      Mungkin yg komen diataa blm pernah punya Toyota..kalo yg udah pernah akan merasakan kelebihan di produk pelayanan dll..saya sudah nyoba hampir semua brand (honda,suzuki,nissan, KIA,) , mobilnya masih ada semua, dan so far toyota yang masih OK, jarang rusak, pelayanan dealer dan bengkel enak, salesman ramah, sparepart cepet, murah..

      • timing

        Kalau layanan iya toyota emng raja..bengkel kia suzuki nissan kalau di daerah2 kurang terawat..males kalau serice kendaraan..honda msh lumayan lah uda mulai bagus..

        tp kalau mobil ya toyota parah..apa2 di marketing..ganti wiper aja disebut facelift..tambah monitor pun facelift..mesin tdk pernah ada perubahan..ya facelift2 dijadikan ajang naikin harga

      • wowkeren

        eh gue pernah punya toyota innova 2011. Oke, kualitas ya samalah sama honda. Tapi servisnya itu yang ngeselin. Waktu itu servis 10ribu km. Udah booking aja disepelein. Selese servis tibatiba suruh bayar mahal banget. Gue tanya apa aja nih yang dibikin ke mobil sampe mahal, dijawabnya servis aja. Gue ngotot minta detilnya. Mana pelit bonus, dealer jorok, salesnya tuh kayak ngejelekin merek lain, persis kaya video komparasi bikinan toyota tuh yang di youtube. Akhirnya innova gue jual karna waktu itu harga jual lagi tinggi. Ganti honda freed facelift 2014. Oke kualitas sama. Tapi servisnya honda lebih baik tuh. Waktu itu spion mobil gabisa dibuka lipetannya. Gue minta servis. Langsung direspon gapake lama. Servisnya juga cepet tapi ga buru buru. Gue tanya jadi berapa, dia jawab sekian. Gue tanya apa aja yang diganti, dijawab detail pake harga pake apa aja. Ya mahal sih, tapi kan lebih dipercaya karna gue tau apa aja treatment ke mobilnya

        • irsyad abrori

          Teman ane punya toyota servisnya fine fine aja, nggak ada yang aneh.

        • beko

          Betul2 service toyota maksa..kyk saya pernah alami..masa mobil saya baru 3000 km mesti service besar..tune up spooring dsbnya..mobil sy hanya pakai kota jrng jalan jauh lah..kalau menurut pembelian sih rata2 hrsnya uda 10000 km..cuma kan sy bilang ke sales ya ganti oli aja filter oli dan bersihkan filter udara uda cukup..ngapain hrs service besar..
          Sy bw bengkel2 luar semua bilang gitu..apa nya yg mau di spooring balance..msh dikit jalanya

    • gendeng

      Klo suru pilih H atau T, saya pilih MZ..sunatnya MZ ga parah2 banget..tp MZ ga masuk dalam list ya..mudah2an KIA, hyundai dan ford trus menyalip si T.klo VW mah layak

      • gasp

        Mz tuh masih jauh lagi perjalananya..rajin2 aja sekolah giat belajar biar mz naik kelas

  • Jose FR

    Semua fitur sunatan kan dari indonesia gimana sih, sih toyota mau menjual mobil contoh fortuner, fortuner di indonesia fiturnya tidak kaya dengan luar negeri karena apa? Karena kalau toyota menambahkan fitur banyak begitu pasti pajaknya akan tinggi lihat aja land cruiser fitur cangih 1m lebih kalau di luar negeri mah ga nyampe 1 m dengan fitur sebagus itu

    • Rafi M. P.

      Mungkin orang Indonesia menganggap mobil mahal itu bagus kualitasnya.

  • joe

    Angka penjualan bagus ya tentu didukung produk yang bagus juga kan??
    Produk seadanya mau dijual mahal?! Ya orang juga pasti mikir lahh… Ga semua orang itu di otaknya cuma brand yg dipikirin, secara value for money juga pasti jadi pertimbangan mereka.. Ingat aja konsumen sekarang tuh dah melek internet, mereka pasti akan membandingkan produk yang akan mereka beli, agar sesuai dengan pengeluaran yg akan mereka lakukan. Buat apa beli merk tapi secara value for money ga worth it.

    • My name

      Orang cari mobil iti bukan dari kualitas tapi dari quatintas

  • ciyeeeee

    fans “HONDA” detected..perasaan maw honda maw toyota sama aja sunatannya..baru” aje honda ngasi fitur agak pas”an,kalo maw yg lengkap jga bayar lebih mahal dgn harga overprice+diskon minim.. liat lg tuh ntong honda worth to buy..drmn, sama aja ntuh kedua merk..org indo gampang d bodohi

    • putra

      Mau yang lengkap banget fitur dan nyaman ambil aja mercy ya gan, resikonya ya mahal! Si wowkeren kan sales honda :p

      • wowkeren

        Sorry bro gue bukan sales. Gue cuma ngomong aja, servis toyota emang ngeselin. Kita minta servis mobil dianggepnya kaya kita tuh mau gangguin mereka. Pake bonus dealer jorok, pelit bonus, dan sales yang sangat pintar…pintar ngejelekin merek orang. Dan itu berbeda 180 derajat sama honda, walopun kualitas mobil sama. Sebenernya gue juga gaterlalu suka honda sama toyota dari kualitas. Tapi kalo disini cuma ada h sama t, mending h.

        • tyt

          Waktu itu liat2 HRV di dealer, salesnya nyuekin dan kayak ga niat ngeladenin konsumennya. Yo wis pulang lagi

          • Tukul Arwana

            tampang ente kere bin ndeso kali bro kaya ane, hehe

          • wowkeren

            Ga juga ah. Waktu belom beli freed MMC, gue juga awalnya mau liatbliat aja. Gue dateng ke dealernya, terus disapa sama salesnya. Ditanya mau mobil yang kayak gimana, terus dijelasin fiturnya, speknya, dll. Terus ditawarin test drive. Salesnya semua ramah banget. Sampe akhirnya gue mutusin beli GB3 facelift. Udah make 2,5 bulan seneng banget. Sampe waktu itu pernah gabisa dibuka kaca spionnya, gue bawa ke bengkel. Masih garansi jadi gratis. Terus cepet pula. Gue sambil nunggu ditawarin teh sama kopi gratis. Sambil mobilnya diperbaiki, gue sambil test drive HR-V sama sales gue.
            Dan salesnya juga sangat generous soal bonus. Gue minta sensor parkir, jok kulit, talang air, sama pelapis lantai kulit. gratis semua. Terus biar tetep dapet garansi, gue pesen headrest monitor sama DRL tapi bayar sih 

  • deathstalker

    Artikel ngomongin penjualan secara global kok ya jadi ngomongin sunatan masal di indo. Klo ngomongin di indo vw malah anjlok penjualannya

  • mrnobody

    hyundai-kia’s very impressive, nice

    • anonim as always

      Sama, saya lebih tertarik komentarin hyundai kia alliance, cumaa punya 2 merk, line up sedikit, tapi penjualannya bisa nomer 4. Bandingin sama vw grup (vw, audi, porsche, seat, lambo, skoda, bugatti), toyota grup (toyota, lexus, scion, daihatsu) sama GM (banyak banget).

      Padahal gua yakin line up kia sama hyundai kalau digabung g sampe 60 unit global, mereka g ada dcab, g ada mpv low end, g ada light crossover (baru 2015 ini di negara tertentu)

      Kalau mereka mau ekspansi, pasti bisa lebih gede lagi, apalagi market di negara berkembang selain india belum digarap serius

      Btw mitsubishi, bmw, mercy g masuk ya?

      • yup, ketiga mobil itu nggak masuk, tapi penjualanya okay kok

  • Hillarius Satrio

    ini kok malah ada yang ribut dah

    • tioz

      Biasalah..bumbu2 manis pedas rubrik automagz..bung hil yg rajin post article yg kontroversial fenomenal ya..jgn yg biasa2 aja..

  • amar

    klo mau yg gk disunat ya mobil eropa sob,tapi harga lebih mahal dari brand Jepang. Data diatas kan penjualan seluruh dunia,bukan cuman di Indonesia.maklum aja Honda cuman segitu penjulannya

  • Joni

    Klo mau membasmi LETOYota seakar-akarnya, harusnya SKODA masuk ke Indon, dijamin bubar jalan tu jago kandang dengan kaleng krupuknya

  • bimz11

    vw bisa laku karena salesnya suka ngadain dangdutan dan nyebarin brosur2 dijalan. kredit tanpa DP, syarat KTP sama KK doang. hihihihi

    • tim

      Udh dikasih kredit tnp DP masih gabisa beli bro, makanya komen kaya gini? Wkwkwk

  • tim

    Walah” jadi ribut toyota vs honda nih hehe.. kalo dari segi sunat menyunat sih keduanya sama aja ya, utk pelayanan bengkel jg saya rasa sama, pengalaman saya pernah pake altis selama 10 thn emg bandel bener tu mobil, cuma ya dulu pas awal” beli ada mslh di power window pengemudi, sampe saya tulis di milis toyota baru diganti, kalo ngga ya kaga diganti. Skrg sya pake nissan, menurut saya sama sajalah pelayanan bengkelnya sama toyota, biasa saja. Dari segi sales, ya tergantung. Saya pas beli altis kebetulan ketemu sales yg baik, pas beli nissan yg pertama oke, kedua sama ketiga ampas. Tapi paling bagus pelayanannya itu daihatsu. Itu luar biasa saya bilang pelayanannya, paling baik diantara semua merk mobil yg prnh saya punya. Cuma pelayanan yg baik ga diimbangin sama kualitas mobil yg baik hehe.. kalo honda saya ga berani ngomong dari segi servis karena emg saya blum prnh pny mobilnya, tpi dari segi sales saya rasa lumayan jg honda, saya prn ke showroom honda bbrp kali, kebetulan salesnya berbeda terus tiap saya kesana. Saya rasa semuanya baik, pas saya tanya” soal spek mobil jg saya rasa pengetahuan mereka cukup khas sales, dan yg saya suka dari showroom honda tempat saya dari brio sampe accord semua ada testdrivenya. Cuma ya saya gasuka mobilnya emg, karena sunatan khas jonpis hehe