Toyota Kembali ke Ajang Reli Dunia dengan Yaris WRC

Toyota Kembali ke Ajang Reli Dunia dengan Yaris WRC
0  komentar
Toyota-Yaris-WRC

AutonetMagz.com – Good news! Setelah hengkang dari kejuaraan reli dunia WRC selama bertahun-tahun, kini Toyota mengumumkan bahwa mereka sudah siap untuk kembali menyerang lintasan event WRC lagi pada tahun 2017 mendatang. Jika dulu Toyota terkenal dengan Celica GT4 dan Corolla WRC di dunia reli, sekarang mereka mengandalkan Toyota Yaris untuk melawan kandidat lain seperti Ford Fiesta, VW Polo, Hyundai i20 dan Peugeot 208.

Tunggu dulu, Yaris yang dimaksud bukanlah Yaris lele yang beredar di Asean dan China, melainkan Yaris versi Eropa yang sudah mendapatkan ubahan dengan menu reli ala Toyota Motorsport GmbH (TMG). Mobil ini dirancang dan diuji oleh teknisi TMG melalui medan aspal dan tanah di Cologne, Jerman.

Toyota-Yaris-spek-reli-dunia

Kerennya, Akio Toyoda selaku presiden Toyota sempat menguji coba mobil ini seminggu sebelum peluncuran resmi mobil dan livery tim Toyota WRC. Toyoda-san sepertinya ingin membuktikan kalau beliau masih tetap CEO yang paling berjiwa muda dengan menggeber Yaris WRC di Tahara, Jepang.

Untuk detailnya, Yaris WRC sekarang punya mesin 1.600 cc 4 silinder direct injection turbo dengan tenaga mencapai 300 hp dan torsi 420 Nm, sesuai dengan regulasi WRC. Sasis Yaris WRC juga sudah dibuat lebih rigid dengan metode simulasi komputer, teknik produksi dan tentu saja uji lapangan di lintasan reli.

Toyota-Yaris-WRC-backfire

Toyota menunjuk Eric Camilli sebagai anggota pertama skema pembibitan pembalap juniornya. Camili akan bergabung dengan Stéphane Sarrazin dan Sebastian Lindholm. Skema ini diharapkan bisa meningkatkan potensi pembalap melalui beberapa event WRC Eropa. Karena masih program pengembangan, wajar kalau Toyota belum memberikan daftar pereli resmi mereka yang akan berlaga bersama Yaris WRC.

Meski Yaris WRC benar-benar berbeda total dengan Yaris yang kita punya di Indonesia, para pengguna Yaris disini tak perlu risau. Kita masih bisa memakai livery Yaris WRC yang keren sebagai sumber inspirasi modifikasi Yaris.

Toyota-Corolla-WRC-dan-Toyota-Yaris-WRC

Atau kalau mau serius juga, membangun Yaris lele menjadi spek reli juga tak diharamkan kok. Pasti keren! Bagaimana menurut anda tentang kembalinya Toyota ke WRC? Sampaikan saja pendapat anda di kolom komentar.

Yuk, kita tonton bagaimana gesitnya Yaris WRC melahap lintasan reli.

Read Prev:
Read Next:
  • ojon

    Lebih bagus dr yaris lele…kurang suka jg sm yaris lele, lebih enak liat yaris lama…tim desain toyota indonesia gagal ah…

    • PHEV

      Malah mnurut saya lbih bagus yaris versi ini lbih kren dripada yaris lele, cmn gagal di bagian interior.. tapi klo soal fitur gak usah di raguiin

  • tioz

    Emng toyota bisa diajak balap?? Toyota mobil komersil bukan spesialist utk ralky dsbnya

    • Asep

      waah coba Akio Toyoda denger ini,,pasti ngamuk

    • charles

      Jangan disamain mobil komersial sama mobil spek rally

    • rizki

      Tahun 80/90-an Toyota ikut Rally pake Corolla, Celica, Supra saingan ma Lancer en Impreza