Serangan Balik Toyota Dimulai : Yaris Hot Hatch dan Supra Sedang Digodok, 86 Facelift Bakal Naik Tenaganya!

Serangan Balik Toyota Dimulai : Yaris Hot Hatch dan Supra Sedang Digodok, 86 Facelift Bakal Naik Tenaganya!
0  komentar
Toyota-Corolla-WRC-dan-Toyota-Yaris-WRC

AutonetMagz.com – Jika tidak menghitung Toyota 86, Toyota sekarang nyaris tak pernah punya line-up mobil-mobil kencang yang mereka jual sekarang. Bisa dimengerti, karena sekarang mereka sedang punya Mirai yang bakal jadi masa depan mereka dan sibuk memperkenalkan Prius baru yang bentuknya unik itu (kalau tidak mau dibilang aneh). Tapi sekarang Toyota sepertinya siap menyerang total segmen mobil kencang dengan 3 model baru.

Model yang pertama, diklaim sebagai versi kencang dari Toyota Yaris alias Yaris hot hatch. Mumpung Toyota bakal kembali ke WRC dengan menggunakan Yaris WRC, mereka rasa tidak ada salahnya jika konsumen mereka diberikan mobil spesial yang dibumbui hasil kerja tim WRC Toyota, apalagi sekarang sang legenda reli, Tommi Makinen adalah kepala timnya.

Toyota-Yaris-tes-reli

Target utamanya adalah melawan VW Polo GTI dan Ford Fiesta ST. Resepnya simpel, mesin bensin yang dikasih turbo besar dan tetap mengandalkan penggerak FWD.”Untuk sekarang belum butuh lah penggerak AWD,” kata Tetsuya Tada, kepala engineer divisi manajemen mobil sport dan salah satu penggagas Toyota 86. Bisa dimaklumi, karena hot hatch sekelasnya jarang yang pakai AWD, mau itu Peugeot 208 GTI, Renault Clio RS atau Suzuki Swift Sport.

Ngomong-ngomong Toyota 86, ada kabar lagi mengenai mobil sport kembaran Subaru BRZ ini. Masih menurut orang yang sama, Toyota 86 bakal mendapat tenaga tambahan tapi tidak memakai doping instan dari turbo.”Pakai turbo sih kegampangan, dan saya melihat metode engine downsizing plus turbo itu sudah membosankan, kami ingin mencoba sesuatu yang lebih menantang,” kata Tetsuya Tada.

Toyota-86-Yellow-Limited-Aero-Package-FT

Tada juga bilang kalau suara mesin 2.000 cc boxer milik 86 akan ditingkatkan lagi biar lebih menebar sensasi pada pengemudinya. Sisanya, Toyota 86 facelift bakal mendapat opsional baru berupa atap berbahan carbon fiber. Sementara adik Toyota 86, yakni S-FR yang kemarin tampil di Tokyo Motor Show masih belum siap dijual.

Sepertinya kita harus mengingat kembali calon kakak Toyota 86, yakni Toyota Supra baru. Kita semua sudah tahu kalau Toyota bekerja sama dengan BMW untuk melahirkan kembali nama Supra. Mesinnya dipastikan sudah pakai turbo plus bantuan motor listrik, tapi jangan terlalu berharap tenaga yang fantastis seperti Pagani Huayra atau McLaren P1, karena Tada bilang benchmark Supra baru adalah Porsche 911.

wallpaper-toyota-ft-1

Sekarang mobil sport high-end di dunia jumlahnya sudah banyak, jadi tenaga 700 atau 800 hp sekarang sudah tidak begitu spesial lagi,” kata Tada. Karena baru siap tahun depan, ia bakal berhadapan langsung dengan Honda NSX yang masih hangat, tapi pada tahun 2020 juga harus siap-siap karena Mazda RX-Vision versi produksi mungkin akan siap bertarung juga.

Wah, mulai geram rupanya Toyota. Jika kamu punya dana cukup dan harus memilih satu di antara semuanya, mana yang mau kamu miliki? Supra, 86 facelift, Yaris Hot Hatch atau S-FR? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Komengtator

    Kalau pakai mobil lain terus di rebrand itusih kegampangan,kata saya