Intip Rivalitas Yaris & Jazz di Jepang : Jazz Dikeroyok Yaris!

by  in Berita&Honda&International
Intip Rivalitas Yaris & Jazz di Jepang : Jazz Dikeroyok Yaris!
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam 1 minggu terakhir, banyak sekali perbincangan dan bahasan mengenai sub compact hatchback. Apalagi pasca Honda memperkenalkan Honda City Hatchback yang notabene akamn menggeser pasar dari Honda Jazz di kawasan Asia Tenggara. Kali ini, kami akan kembali membahas segmen ini, namun bukan berkaca pada pasar ASEAN, melainkan pasar Jepang. Dan menariknya, di Negeri Sakura ini Toyota Yaris sukses membabat habis penjualan di posisi 1, dan meninggalkan Honda Jazz/Fit di bawahnya.

Mengacu pada data penjualan sub compact hatchback di Jepang yang dihimpun oleh JADA, Toyota bisa tersenyum lebar dengan capaian dari Toyota Yaris di tahun pandemi ini. Bagaimana tidak, dari total penjualan paruh pertama 2020 ini, Toyota Yaris berhasil unggul telak di segmennya dengan capaian 79.400 unit. Sedangkan Honda Jazz/Fit hanya ada di posisi ke-4 dengan capaian 50.521 unit saja. Ada gap sebesar hampir 30.000 unit antara dua mobil ini, bukan angka yang kecil tentunya. Nah, kalau kita tracking dalam beberapa bulan terakhir, toyota Yaris juga konsisten berada di puncak. Bulan Oktober lalu, Toyota Yaris mencatatkan 18.592 unit, sedangkan 22.066 unit di September.

Dan untuk bulan Agustus, Toyota Yaris berhasil mencatatkan 11.856 unit, sedangkan di bulan Juli mencapai 14.004 unit. Berbeda dengan Toyota Yaris, penjualan Honda Jazz/Fit di Jepang cukup fluktuatif. Di bulan Oktober silam, Honda Jazz/Fit hanya menempati posisi ke 7 dengan capaian 9.001 unit. Sedangkan Bulan September ada di posisi ke 6 dengan 8.922 unit. Bulan Agustus, Honda Jazz/Fit berada di posisi ke 4 dengan 7.158 unit, dan di bulan Juli hanya di posisi ke 5 dengan 9.213 unit. Nah, dari angka – angka itu, apakah kalian melihat ada sedikit kejanggalan? Kalau kalian perhatikan, penjualan Honda Jazz/Fit cukup konstan, walaupun posisinya berubah – ubah.

Namun, penjualan Yaris malah melesat di bulan September 2020 hingga 2 kali lipat. Rahasianya, Toyota Yaris bisa dikatakan bermain ‘keroyokan’ karena angka penjualan Toyota Yaris di Jepang tak hanya merujuk pada versi hatchback semata. Penjualan Toyota Yaris di Jepang meliputi penjualan Toyota Yaris Cross dan Toyota GR Yaris. Nah, disini nampaknya pihak Honda harus memutar otak lagi supaya mereka bisa mengikuti jejak Toyota dengan menambah line up dari Honda Jazz/Fit. Kabarnya, Honda Fit Shuttle alias Jazz Wagon akan dihidupkan kembali untuk membantu menyokong penjualan dari Jazz/Fit. Nah, lalu bagaimana dengan kiprah keduanya di Indonesia? Kita akan bahas di kesempatan yang lain.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: