Toyota Dan Suzuki Resmikan Aliansi Baru, Bakal Saling Beli Saham!

Toyota Dan Suzuki Resmikan Aliansi Baru, Bakal Saling Beli Saham!
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam tempo 2 hingga 3 tahun terakhir ini, hubungan antara pihak Toyota dan Suzuki nampaknya kian harmonis. Bagaimana tidak, kerjasama demi kerjasama terbangun dengan baik diantara keduanya, apalagi jika kita melihat cabang India dan Afrika dari kedua merk ini. Nah, kabar terbaru menunjukkan bahwa keduanya telah sepakat untuk membentuk sebuah aliansi baru. Dan kabar ini disampaikan resmi oleh keduanya baru – baru ini.

Nah, Aliansi baru ini akan berfokus untuk mengembangkan teknologi mobil otonom bersama – sama. Selain itu, keduanya juga bakal berbagi mesin dan sistem pendukung lain. Dalam kesepakatan membentuk aliansi ini, keduanya juga bakal saling membeli saham satu sama lain walaupun persentasenya tergolong kecil. Toyota membeli 4,94% saham dari Suzuki yang bernilai sekitar 920 juta USD. Sedangkan Suzuki juga membeli saham Toyota sebesar 0,2% yang ditakar bernilai sebesar 452 Juta USD. Jadi, secara tak langsung, keduanya akhirnya memiliki ikatan yang lebih kuat dibandingkan sekedar bekerjasama.

Kedua pabrikan ini juga menyatakan bahwa tujuan utama dari aliansi ini adalah untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan dengan mengatasi tantangan baru di sektor otomotif dengan membangun dan memperdalam hubungan kooperatif di bidang – bidang yang baru (Termasuk mobil Otonom), namun secara bersamaan tetap berkompetisi satu sama lain.Jikalau mengacu pada beberapa informasi yang berkembang awal tahun ini, maka Suzuki akan mendapatkan kesempatan untuk menggunakan teknologi mesin bertenaga listrik dari Toyota.

Sedangkan Toyota akan mendapatkan akses pada mesin – mesin Suzuki yang bakal digunakan untuk mengembangkan produk berdimensi mungil. Salah satu yang paling nyata adalah kehadiran Toyota Glanza yang merupakan versi rebadge dari Suzuki Baleno Hatchback. Kedepannya, Suzuki juga akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan rebadge pada Toyota RAV4 dan Toyota Corolla Wagon yang akan dipasarkan di Eropa. Sedangkan Toyota akan mulai memproduksi mesin lansiran Suzuki untuk produk – produknya di pabrik perakitan mereka di Polandia.

Kerjasama antara Suzuki dan Toyota sendiri makin memperlebar jaringan kerjasama yang dibangun oleh pihak Toyota. Seperti yang kita ketahui bersama, Toyota sudah memiliki penuh Daihatsu dan Hino, sedangkan 16% dari Saham Subaru juga sudah dimiliki pabrikan berlogo tiga elips ini. Toyota juga memiliki saham 5% di Mazda. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: