Suzuki Vitara Rilis di India Minggu Depan, Bakal Masuk Indonesia?

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Suzuki Vitara Rilis di India Minggu Depan, Bakal Masuk Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu yang lalu, kami sempat mengabarkan bahwa masa bakti dari Suzuki SX4 S-Cross di India akan segera berakhir. Nantinya, Suzuki akan mengisi posisi Suzuki SX4 S-Cross dengan produk baru yang merupakan kembaran dari Toyota Urban Cruiser Hyryder yang beberapa waktu lalu telah diluncurkan. Nah, isunya, SUV ini akan menggunakan nama legendaris yaitu Suzuki Vitara. Kapan SUV ini akan diluncurkan dan seberapa besar kansnya untuk diboyong ke Indonesia? Yuk kita bahas.

Suzuki Vitara Rilis di India 20 Juli

Jadi, Maruti Suzuki India akan memperkenalkan Suzuki Vitara di tanggal 20 Juli 2022 mendatang. Mobil dengan kode Suzuki YFG ini akan masuk di segmen yang dihuni oleh Hyundai Creta, KIA Seltos, dan VW Taigun. Mengapa kami yakin Suzuki akan menggunakan nama ‘Vitara’ di SUV ini? Mudah, karena indikasinya telah terlihat. Suzuki beberapa waktu lalu juga meluncurkan SUV kompak mereka yaitu Suzuki Brezza. Ingat, namanya Suzuki Brezza, bukan lagi Suzuki Vitara Brezza. Maruti Suzuki telah menghapus nama ‘Vitara’ dari Suzuki Vitara Brezza, dan ini nampaknya untuk membuka jalan bagi masuknya Suzuki Vitara yang posisinya akan ada di atas Suzuki Brezza.

Suzuki Vitara akan menggunakan opsi mesin yang sama persis dengan Toyota Urban Cruiser Hyryder. Opsi mesin K15C 1.500cc Dualjet dengan teknologi Smart Hybrid akan menjadi pilihan pertama bagi konsumen Suzuki Vitara. Sedangkan opsi kedua adalah mesin dengan teknologi Toyota Hybrid System (THS) yang menggunakan mesin atkinson cycle M15A-FXE yang sama dengan Toyota Yaris Hybrid. Opsi mesin kedua menggunakan sistem paralel hybrid sehingga memungkinkan Suzuki Vitara untuk berjalan dengan mode EV only. Untuk platform, Suzuki Vitara dibangun dengan basis Suzuki Global C Platform yang sama dengan Suzuki Vitara Global ataupun Suzuki Brezza dan Suzuki SX4 S-Cross baru.

Suzuki Vitara Segera Ke Indonesia? GIIAS 2022?

Pertanyaan pentingnya, apakah Suzuki Vitara juga akan masuk ke Indonesia? Kami cukup yakin SUV ini akan menarik di mata Suzuki Indomobil Sales (SIS). Mengapa? Karena Suzuki tidak memiliki satupun SUV di segmen kompak selain Suzuki Jimny yang indennya sudah ‘gelap’ itu. Memasukkan Suzuki Vitara ke Indonesia adalah cara paling mudah untuk ikut menikmati ‘kue’ di segmen sub compact SUV yang kini didominasi oleh Honda HR-V dan Hyundai Creta. Nampaknya, menawarkan opsi bermesin Smart Hybrid bisa memperkuat posisi Suzuki di segmen elektrifikasi yang low budget di Indonesia. Jadi, kita tunggu saja. Namun ada sedikit selentingan bahwa Suzuki akan membawa 3 mobil baru di GIIAS 2022.

Tentunya kita sudah tahu bahwa 2 diantaranya adalah Suzuki S-Presso dan Suzuki Baleno. Namun, apa produk ketiganya? Apakah mungkin Suzuki Vitara? Kita tunggu saja.

Read Prev:
Read Next: