Lexus IS 2021, Kulit Baru dengan Jeroan Lama

Lexus IS 2021, Kulit Baru dengan Jeroan Lama
0  komentar

AutonetMagz.com – Merek premium Jerman saat ini adalah raja di kelas sedan premium, namun tantangan terus berdatangan. Korea menantang dengan Genesis, Jepang sudah lebih dulu dengan adanya Lexus, Acura dan Infiniti. Sadar bahwa merek Jepang kesulitan di kelas sedan compact, beberapa pihak berbenah diri. Acura sudah memperkenalkan TLX baru dan kini giliran Lexus memperkenalkan IS generasi baru.

Sejatinya, Lexus – lebih tepatnya Toyota – sedang fokus mengembangkan mesin twin turbo baru di samping pengembangan teknologi mobil listrik dan hidrogen. Mereka juga sadar bahwa jika tak mengembangkan sedan, gengsi di segmen premium juga bakal susah. Untuk itulah mereka harus mendesain ulang Lexus IS untuk menemani portfolio sedan Lexus lainnya, seperti ES dan LS. Lalu, apa yang baru di mobil ini?

Sejatinya, jeroan Lexus IS 2021 masih mirip dengan versi lamanya. Tidak ada mesin baru, mesinnya masih sama seperti yang lama. Ada pilihan mesin 2.000 cc turbo bertenaga 241 hp dan torsi 350 Nm di Lexus IS300 yang RWD, sementara untuk Lexus IS300 AWD, mesinnya naik jadi 3.500 cc V6 non turbo 260 hp dan 320 Nm (Iya, torsinya lebih kecil dari yang 2.000 cc turbo). Varian termahal, yakni Lexus IS350 yang tersedia dalam RWD atau AWD pakai mesin V6 yang sama dengan 311 hp dan 380 Nm.

Untuk model RWD dapat transmisi 8 percepatan, sementara yang AWD 6 percepatan. Akselerasi 0-100 untuk IS350 RWD diklaim 5,6 detik, sementara yang AWD 5,7 detik. Mesinnya saja masih mesin lama, apalagi sasisnya, masih pakai sasis lama, namun setidaknya insinyur Lexus mengubah setelan suspensinya menjadi lebih sporty daripada sebelumnya. Koil Lexus IS baru 20 persen lebih ringan, lengan suspensinya 18 persen lebih ringan dan stabilizer bar-nya 17 persen lebih ringan.

Secara penampilan, kita mendapatkan perubahan yang positif dibandingkan Lexus IS generasi sebelumnya. Oke, gril besar khas Lexus masih ada, tapi entah kenapa proporsinya pas. Lampu depannya yang sebelumnya terpisah antara LED DRL dan lampu utama, kini menyatu dan posisi LED DRL-nya pindah ke atas, masih berbentuk checklist. Lexus cukup teguh untuk tidak tergoda mengikuti tren desain atap rendah ala coupe, atapnya masih seperti sedan normal.

Sekarang sudah tidak ada lagi IS300 F Sport, sebab Lexus IS350 kini jadi satu-satunya tipe yang hadir dengan trim F Sport. Khusus trim F Sport, aksen-aksen seperti gril dan ventilasinya dihitamkan, sementara trim lain diberi chrome. Proporsi mobil ini masih menerapkan desain sedan RWD sejati dengan pilar C yang persis berada di atas roda belakang, tidak lebih maju atau lebih mundur. Pada bagian samping juga ada garis-garis bodi yang terlihat tegas.

Tampak belakang Lexus IS 2021 kini mempersembahkan light bar LED yang melebar dari kiri ke kanan. Masuk ke dalamnya, sebenarnya tidak banyak-banyak amat yang berubah, dan warna interior merah plus takometer ala Lexus LFA khusus untuk varian F Sport. Layar tengahnya kini bisa dipakai dengan sentuhan alias touch screen dan ia sudah hadir dengan Apple CarPlay. Kontrol touchpad yang menyebalkan ala Lexus masih ada, tapi berkat touch screen jadi bisa ada pilihan kendali.

Lexus juga menyematkan sistem keselamatan “Lexus Safety Sense+ 2.5” yang mencakup rem otomatis dan pre-collision warning. Fitur keselamatan lain seperti adaptive cruise control yang bisa dipakai macet-macetan, pembaca rambu jalan dan lane departure alert hadir sebagai opsional ekstra. Apa opinimu mengenai Lexus IS 2021 ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: