Toyota Supra Berpotensi Pakai Mesin M4?

by  in Berita&BMW&Toyota
Toyota Supra Berpotensi Pakai Mesin M4?
0  komentar

Autonetmagz.com – Seperti yang telah diketahui, Toyota Supra seri A90 saat ini memang dibangun dari hasil kerjasama pabrikan asal Jepang tersebut dengan raksasa otomotif Bavarian, BMW. Memiliki platform BMW Cluster Architecture (CLAR) yang juga terdapat pada Z4 (G29), lalu mesin Inline-4 (B48) dan Inline-6 (B58) yang asli dari Jerman juga, membuat mobil ini memiliki cita rasa kolaborasi yang cukup unik. Memang kelihatannya Toyota Supra sekarang tidaklah murni sebuah mobil Jepang seperti dulu kala. Namun lebih baik ada daripada tidak sama sekali bukan?

Paragraf di atas juga cukup membuktikan bahwa betapa besar pengaruh BMW dalam proyek mobil ikonik milik Toyota. Struktur, mesin, hingga desain interior serta entertainment-nya sealiran dengan pabrikan Bavarian tersebut. Apakah kolaborasi dari dua dunia yang dulunya berbeda jauh ini bisa menghasilkan suatu karya yang lebihkeren? Jawabannya bisa, dan itu berasal dari mulut Markus Flasch yang sekarang menjabat sebagai BMW M Division President.

Dirinya mengatakan kepada autocar uk bahwa mereka sangat terbuka jika mesin BMW M terbaru yaitu S58 yang nantinya ada dalam M4 terbaru, akan dipasangkan pada proyek Toyota Gazoo Racing (GR) Supra mendatang. Tapi menurut pengakuannya, Flasch memang belum membuat penawaran kepada Toyota akan hal ini, dari pihak Toyota sendiri untuk sekarang juga tidak meminta apa-apa dari BMW. “Tapi itu ide yang menarik, jika tidak mungkin untuk saat ini. Mungkin banyak yang bisa kita berikan, Anda bisa bilang. Tapi saya tidak akan mengatakan tidak pernah,” ungkap pria pemimpin divisi performance BMW itu.

Sejumput informasi dari mesin baru berkode S58 yang sedang dibicarakan, saat ini mesin tersebut sudah diletakkan pada X3 M dan X4 M. Dengan konfigurasi Inline-6 karena memang S58 adalah versi gahar dari mesin Supra sekarang, output yang dihasilkan oleh mesin baru itu mencapai 510 hp dengan torsi 600 Nm! Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, S58 ini juga akan menjadi dapur pacu dari seri M2 Coupé, M3 dan tentunya M4.

Jadi bagaimana menurutmu jikalau GR Supra benar memakai mesin S58 kepunyaan BMW M Division, apakah kalian suka dengan Supra berjantung M4, atau lebih memilih Supra berjantung Gazoo Racing? Beritahukan pendapatmu pada kolom komentar di bawah!

Read Prev:
Read Next: