Toyota Corolla Axio dan Corolla Fielder Sudah Diberikan Facelift di Jepang

Toyota Corolla Axio dan Corolla Fielder Sudah Diberikan Facelift di Jepang
0  komentar
Toyota-Corolla-Axio-dan-Corolla-Fielder

AutonetMagz.com – Kalau di Indonesia kita hanya mengenal sedan Corolla Altis, sementara di Jepang yang dikenal adalah sedan Corolla Axio dan estate Corolla Fielder. Setelah muncul sekian lama, Toyota Jepang akhirnya memberikan facelift untuk Corolla Axio dan Fielder berupa tampilan, kabin, fitur keselamatan dan efisiensi yang lebih baik.

toyota-corolla-axio-jdm

Dari luar, mukanya mengalami perubahan di sektor headlight dan tailllight yang dibentuk ulang dengan aksen cahaya lampu yang baru. Sementara lampunya menyipit, gril trapezoidalnya malah membesar, dan ini membuat Corolla Axio kelihatan seperti Toyota Vios yang diperbesar atau dijadikan station wagon bagi Corolla Fielder.

toyota-corolla-axio-dan-corolla-fielder-khusus-kaum-difabel

Selain eksterior, ada varian dan warna baru untuk kedua mobil ini. Varian untuk mengakomodasi kaum difabel di Axio dan Fielder pun juga disediakan untuk memfasilitasi saudara-saudara kita dengan kursi bermekanisme khusus, seperti yang kita temukan di Toyota Alphard Welcab. Tipe hybrid pun juga hadir melengkapi pilihan.

toyota-corolla-fielder-orange

Itu tadi varian barunya, kalau warna barunya kini ada Orange Metallic dan Cool Bordeaux Glass Flake untuk Corolla Fielder, sementara untuk Corolla Axio kini ada tambahan pilihan warna Vintage Brown Pearl Crystal Shine. Khusus Corolla Fielder, ada tipe WxB special edition yang warna mobilnya adalah hitam-putih saja, alias White and Black.

interior-corolla-axio-hitam

Masuk ke kabinnya, perbaikan yang ada hanya ubahan minor saja, alias tak begitu mencolok. Lihat saja, yang diubah hanya desain kisi AC, setir dan tuas transmisi yang kini dilapis kulit serta housing dan bezel tuas transmisi yang kini dilabur warna piano black.

kamera-toyota-corolla-axio

Meski ubahan luar dan dalamnya sedikit, tapi fitur keselamatannya kini jauh membaik. Baik Axio atau Fielder sudah mendapatkan teknologi safety terbaru bernama Toyota Safety Sense C yang mencakup Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA) dan Automatic High Beam (AHB). Salah satu indikasi kehadiran fitur ini adalah hadirnya kamera dan sensor yang bersembunyi di balik spion tengah.

mesin-toyota-corolla-axio

Mesin Corolla Axio dan Fielder berspesifikasi 1.500 cc 4 silinder, tapi tentu saja ini bukan mesin 1NZ-FE yang sejak tahun 2002 tak ada ubahan berarti. Kodenya lain, yaitu 2NR-FKE, dan meski Toyota tak mengungkapkan berapa tenaga dan torsinya, figur konsumsi BBM-nya masih bisa kita simak.

Toyota-corolla-axio-hybrid

Versi non-hybrid dari Corolla Axio CVT penggerak FWD bisa menorehkan konsumsi BBM terbaik di angka 23,4 km/liter. Sangat irit bukan, namun versi hybrid bisa lebih irit lagi dengan figur konsumsi BBM hingga 33,8 km/liter. Corolla Fielder tentu sedikit lebih boros karena ia lebih berat, tapi sepertinya selisihnya tak akan begitu jauh.

Per tanggal 1 April ini, Corolla Axio dan Fielder sudah bisa dibeli di Jepang seharga 1,464 juta Yen atau sekitar 159 juta Rupiah untuk varian termurah. Bagaimana menurut anda, apakah mobil ini cukup bagus di mata anda? Kalau kami sih melihatnya secara tampilan masih lebih keren Corolla Altis spek Indonesia, soalnya Corolla Axio ini mirip Vios yang diperbesar sehingga tak kelihatan beda dan eksklusif, tapi secara fitur keselamatan dan mesin sih, jelas kami ngiler.

Kalau anda bagaimana? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Entah kenapa corolla axio desainnya kayak mobil awal2 2000an. Sampingnya itu lo, gak banget

    • Rafi M.P

      Iya, soalnya desainnya gak diikuti dengan ukuran mobilnya. Karena mobil ini mengikuti peraturan pajak berdasarkan ukuran mobil di Jepang, karena itulah mobil ini kecil dari versi Globalnya (Altis) sehingga dianggap Small-size dan pajaknya lebih sedikit daripada Altis yang tergolong Normal-size yang memiliki pajak tertinggi. Baca ini biar ngerti: en.wikipedia.org/wiki/Vehicle_size_class#Japan 🙂

  • juu

    sederhana banged, bagusan altis disini..

  • Seharus’a mobil ini lebih cocok di pake taksi utk indonesia ktimbang vios….

    • Hillarius Satrio

      entar kalo ini jadi taksi, image Corolla yang berkurang

  • Jelek bgt. Bahkan sm Vios sekalipun,masih jauh lebih bagus Vios dr segi desainnua

  • Pake brand corolla kejauhan. Seharusnya pake brand Vios aja.
    Tapi Fieldler bica kali masuk indo buat lawan mobilio. Please astra..

    • Rafi M.P

      Ingat gan, mobil ini khusus pasar Jepang ya… 🙂

  • EP82

    Dashboardnya mengingatkan saya dengan dashboard corolla 73, siluetnya persis.