Toyota : Untuk Jangka Panjang, Investasi Sedan Sudah Tepat

Toyota : Untuk Jangka Panjang, Investasi Sedan Sudah Tepat
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak beberapa tahun silam, kami sudah berkali – kali mengabarkan kabar buruk mengenai matinya line up sedan dan hatchback di beberapa merk populer karena kalah bersaing dengan SUV dan crossover. Memang begitulah pasar, disaat SUV dan crossover jadi primadona, maka harus ada produk bertipe lain yang jadi korban. Perlahan namun pasti, kita sudah bisa melihat sejumlah pabrikan lebih memberi perhatian pada segmen SUV, dan seolah ogah – ogahan mengurus line up sedan mereka. Nah, hal yang berbeda dilakukan oleh Toyota. Secara resmi, mereka menyatakan bahwa sedan adalah investasi jangka panjang yang tepat. Yuk kita bahas.

Konsumen Sedan Selalu Ada, Walau Berkurang

Kalau kita perhatikan, sebenarnya Toyota adalah salah satu pabrikan yang gencar menambah model di line up SUV mereka. Beberapa model yang dahulu dikenal sebagai model non SUV kini mulai memiliki varian SUV. Sebut saja Toyota Yaris Cross, Toyota Corolla Cross, hingga Toyota Crown yang disulap menjadi sebuah SUV. Walaupun begitu, segmen sedan masih mendapat tempat tersendiri di hati Toyota. Dalam diskusi yang dilakukan oleh Toyota Motor Amerika Utara di Texas, pihak Toyota menegaskan komitmen mereka untuk terus menggarap segmen sedan. Toyota menyebutkan bahwa langkah mereka dengan berinvestasi di segmen sedan adalah pilihan yang baik secara jangka panjang. Mereka menyatakan bahwa pangsa pasar sedan tidak akan hilang, dan akan terus ada di masa depan. Tentunya ada alasan dibalik pernyataan yang menarik dari Toyota ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, pasar sedan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Peralihan selera konsumen dari sedan ke SUV atau crossover ditengarai menjadi salah satu faktor kuat. Walaupun pasar sedan terjun bebas, namun Toyota nampak bisa menyeimbangkan penjualan sedan mereka dengan segmen lain, walau tak banyak. Toyota Amerika Utara sendiri menyatakan bahwa mereka mungkin akan mengubah porfolio sedan mereka, namun belum ada keputusan yang pasti model apa saja yang akan dipensiunkan. Mereka memandang bahwa konsumen sedan ada 2 jenis. Pertama, memang mereka yang menyukai sedan, dan kedua adalah mereka yang tidak tertarik sama sekali dengan model SUV ataupun crossover. Mungkin konsumen bertipe ini tidak sebanyak mereka yang menyukai SUV ataupun crossover, tetapi tetap saja ada.

Sedan = Lebih Murah

Toyota ingin memberikan pendekatan kepada konsumen bertipe tersebut dengan menawarkan sedan – sedan mereka. Salah satu kekuatan dari sedan yang nampaknya bisa dimanfaatkan oleh Toyota adalah harganya yang terjangkau. Eits, tapi bukan di Indonesia yang memposisikan sedan lebih mewah daripada mobil bertipe minibus dan sejenisnya. Selain memanfaatkan keunggulan tersebut, Toyota nampaknya juga akan memanfaatkan kondisi yang ada di Amerika saat ini, yaitu matinya sejumlah sedan dari merk pesaing. Dengan begitu, Toyota bisa menjadi pemain tunggal yang mendominasi segmen sedan. FYI, sejumlah sedan beken sudah menyatakan pensiun di sana, sebut saja Mazda6, Ford Focus Sedan, Chevy Cruze hingga Chevy Impala. Pada akhirnya, Toyota bisa mencolok karena mereka masih rela bertahan di segmen ini dibanding merk lain.

Jadi, bagaimana kalau menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: