GIIAS 2019 : Toyota Indonesia Masih Pertimbangan Corolla Hatchback, Takut Kemahalan!

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
GIIAS 2019 : Toyota Indonesia Masih Pertimbangan Corolla Hatchback, Takut Kemahalan!
0  komentar

Tangerang, AutonetMagz.com – Keberanian yang dipertontonkan pihak Mazda Indonesia yang memboyong Mazda3 terbaru baik versi hatchback maupun sedan ke Indonesia memantik pertanyaan dari beberapa penggemar otomotif di Indonesia, “Apakah Toyota Juga akan mempertimbangkan Toyota Corolla Hatchback untuk Pasar Indonesia?” Dan nampaknya cukup wajar mempertanyakan hal ini, utamanya bagi kalian yang menggemari merk berlogo 3 elips ini. Dan kami pun mendapatkan jawaban official-nya dalam press conference yang dihelat siang ini.

Jadi, Marketing Director dari Toyota Astra Motor (TAM) yaitu Bapak Anton Jimmy memberikan penjelasan terkait kehadiran Toyota Corolla Hatchback di Indonesia. “Untuk Toyota Corolla Hatchback, kami masih mempelajari potensinya. Toyota Corolla hatchback basis produksinya tidak ada di ASEAN, sehingga menjadi sedikit susah jika ingin didatangkan ke Indonesia. Hatchback lain sekelas Corolla mungkin ada yang CBU Thailand dan ada yang CBU Jepang, tapi kami rasa harga Corolla hatchback dan Corolla sedan jika ada di sini mungkin tak akan terlalu beda, jadi kami masih pikirkan dulu kemungkinannya”, ujar Anton.

Nah, penjelasan dari Anton sendiri sejatinya sudah cukup menggambarkan bahwa pihak Toyota nampaknya mempertimbangkan perkara harga jual dari Toyota Corolla Hatchback, jikalau nantinya dijual di Indonesia. FYI, Toyota Corolla Hatchback sendiri saat ini memang sudah dijual di Eropa dan Jepang. Jika berkaca pada pesaing terdekatnya seperti Honda Civic dan Mazda3, keduanya memang sudah cukup berani memasok baik model hatchback maupun model sedan dari produk mereka tersebut. Namun perlu kita ingat lagi, assembly plant dari kedua rival tersebut ada di kawasan Asia, bahkan ASEAN.

Kondisi yang terbalik malah terjadi pada Volkswagen yang menawarkan VW Golf namun tidak menjual VW Jetta di Indonesia. Nah, sebenarnya peluang dari Toyota Corolla Hatchback untuk masuk ke Indonesia tidaklah langsung tertutup, namun memang ada konsekuensi yang harus dibayar jikalau pihak Toyota nekat memasukkan Toyota Corolla Hatchback dengan status CBU dari luar Asia. Katakanlah pihak TAM menghadirkan Toyota Corolla Hatchback dari pabrik di Inggris, maka tentu harga jual dari mobil ini bakal melambung. Kalian tentu ingat dengan harga Honda Civic Type R yang tembus 1 milyar kan?

Jadi, kita berharap saja bakal ada salah satu pabrik perakitan Toyota di kawasan Asia maupun ASEAN yang sudi memproduksi Toyota Corolla Hatchback, sehingga pihak TAM bisa mendatangkan mobil ini dengan skema harga yang masih masuk akal. Kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: