Toyota bZ4X Versus Hyundai IONIQ5 : Mending Beli Yang Mana??

by  in  Berita & Hyundai & Komparasi
Toyota bZ4X Versus Hyundai IONIQ5 : Mending Beli Yang Mana??
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar mobil listrik di Indonesia memang sedang cukup bergairah, dan ini terbukti dengan banyaknya pabrikan mobil yang merilis mobil listrik mereka di Tanah Air. Jikalau dahulu hanya brand non Jepang saja yang berkecimpun di segmen ini, kini Toyota juga telah ambil bagian. Dan munculnya Toyota bZ4X BEV pun memberikan lawan yang cukup sepadan untuk Hyundai IONIQ5 BEV yang sudah dijual di Indonesia. Lantas, mending beli yang mana? Yuk kita bahas.

baca juga : Dukung G20, Toyota Serahkan 143 Unit bZ4X dan Lexus UX300e Pada Pemerintah

Kalau kalian sedang mempertimbangkan untuk membeli sebuah SUV bertenaga listrik murni dan harus punya range di atas 300 kilometer, maka dua mobil ini memang layak kalian coba. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan saling mengisi satu sama lain. Nah, kali ini tim AutonetMagz akan membahas keunggulan setiap model jikalau dibandingkan rivalnya. Tentunya keunggulan di satu tipe otomatis akan menjadi kekurangan dari model yang lainnya. So, enjoy the comparison.

baca juga : Genesis Electrified G80 dan Hyundai Ioniq 5 Sah Jadi Kendaraan Resmi G20 Summit!

Toyota bZ4X Lebih Baik, Karena…

Oke, kita mulai dulu dengan Toyota bZ4X, dimana mobil ini kami rasa lebih masuk akal untuk dipilih karena beberapa hal. Pertama, nama besar Toyota dengan jaringan dan juga layanan aftersales yang sudah tersebar luas menjadi sebuah keunggulan tersendiri. Selain itu, status Toyota bZ4X sebagai mobil CBU juga tentunya memiliki build quality yang berbeda ketimbang Hyundai IONIQ5 yang berstatus CKD (Bukan Cat Kurang Diperhatiin). Selain itu, ada beberapa kelengkapan yang menarik di Toyota bZ4X versi Indonesia.

baca juga : Toyota bZ4X Resmi Dijual di Indonesia, Harga 1,19 Miliar Rupiah!

Seperti ban dan velg 18 inci yang memang tak cantik secara estetika tapi berpengaruh positif terhadap range berkendara. Berikutnya, klaim range Toyota bZ4X lebih jauh, bahkan hingga 567 kilometer berdasarkan WLTC. Toyota bZ4X juga menggunakan sistem gerak roda depan yang lebih lincah di perkotaan. Tenaganya cukupan, masih lebih besar ketimbang Hyundai IONIQ5 Standar Range. Interiornya berkesan futuristis dengan setir unik dan panel instrumen ala cockpit pesawat. Head unit-nya juga cukup besar dan terlihat mendominasi. Ada fitur advance parking sehingga mobil bisa parkir sendiri dan juga TSS serta T-inTouch.

baca juga : Bedah Fitur Toyota bZ4X BEV : Komplit atau Pelit?

Hyundai IONIQ5 Lebih Baik, Karena…

Oke, cukup dengan Toyota bZ4X, kita geser ke Hyundai IONIQ5. Walaupun diluncurkan lebih dahulu, bukan berarti Hyundai IONIQ5 lebih buruk ketimbang Toyota bZ4X. Malahan, ada cukup banyak keunggulan mobil ini yang noticable. Pertama, harga jualnya yang lebih murah, yaitu antara 748 hingga 659 jutaan Rupiah. Yap, tak sampai 1M. Selain itu, Hyundai IONIQ5 juga punya 2 tipe baterai dan 2 trim yang membuatnya lebih fleksibel untuk dipilih. Bandingkan dengan Toyota yang cuma ada 1 tipe saja. Selain itu, Hyundai IONIQ5 statusnya CKD, bangga dong pakai mobil rakitan lokal.

baca juga : Hampir 1.000 Unit Hyundai IONIQ 5 Terkirim, Masalah Makin Banyak?

Untuk urusan motor listrik, Hyundai IONIQ5 juga unggul ketimbang Toyota bZ4X. Tenaga Hyundai IONIQ5 versi Long Range mencapai 217 PS dengan torsi 300 Nm. Tenaga dan torsinya lebih dominan ketimbang lawannya dari Jepang. Selain itu, Hyundai IONIQ5 juga punya beberapa fitur seperti vehicle to load, velg 20 inci yang jauh lebih keren, flush door handle, dan interior bergaya minimalis modern yang fungsional. Untuk fitur keselamatan, Hyundai IONIQ5 juga dibekali Hyundai Smartsense dengan 12 fitur utama. Hadirnya drive mode, surround view camera, dan vision roof juga memanjakan pengguna mobil ini.

baca juga : Teknologi V2L Hyundai IONIQ 5 Bisa Jadi Genset, Begini Caranya…

Jadi, dengan seluruh keunggulan kedua mobil listrik ini, mana yang akan kalian pilih? Yuk sampaikan pendapat kalian, kawan.

Read Prev:
Read Next: