New Toyota Avanza Facelift 2015 Akan Dibekali Mesin Baru?

by  in Mobil Baru&Nasional&Toyota
New Toyota Avanza Facelift 2015 Akan Dibekali Mesin Baru?
0  komentar

render-toyota-avanza-facelift-belakangJakarta, AutonetMagz – Mobil yang menjadi ujung tombak dari penjualan Toyota di Indonesia ini selain akan berbenah dari segi tampilan, ia juga akan memiliki mesin baru yang lebih bertenaga dari model yang ada saat ini di pasaran. Menurut sumber yang lebih terpercaya dibanding mantan, mesin baru tersebut merupakan mesin NR series yang sudah ada di model Toyota sebelumnya.

Mesin tipe NR sebenarnya bukan mesin baru, mesin seri ini sudah lama hadir sejak tahun 2008 silam di Eropa dengan nama 1NR-FE pada Toyota Auris dan Yaris. Mesin tersebut merupakan mesin 4 silinder yang terbuat dari blok alumunium dan mendukung teknologi start & stop seperti halnya Mazda2 SkyActiv dengan i-stop (tapi jangan harap Avanza dapet fitur semacam ini ya).

Mesin-Avanza-Baru-NRMesin 1NR-FE

Mesin NR merupakan mesin yang lebih advanced, karena Toyota membuat intake channel mesin ini lebih dinamis dengan permukaan yang lebih halus dan membulat agar aliran udara lebih lancar. Ubahan paling signifikan dibandingkan dengan mesin NZ atau KR ada pada desain pistonnya yang kini lebih ringan dibandingkan dengan kedua varian mesin lawas tersebut. Tidak hanya itu, untuk mengurangi gesekan, Toyota juga menggunakan material carbon ceramide pada bodi piston dan silindernya untuk mengurangi gesekan agar mesin menjadi lebih efisien.

Mesin NR sendiri terdiri dari banyak seri mulai dari 1NR-FE hingga 8NR-FTS yang memiliki turbo dengan atkinson cycle engine,  umumnya mesin 1 NR memiliki kapasitas silinder 1,2 liter, 1.3 liter atau 1.5 liter dengan total 9 varian mesin hingga saat ini. Tetapi tidak semua mesin berkode NR memiliki performa dan tenaga yang bagus, contohnya mesin 2NR-FE dengan kapasitas silinder 1.500 cc yang diperkenalkan Toyota pada Toyota Etios Liva 5 tahun silam, mesin tersebut tidak memiliki VVT-i dan hanya bertenaga 98 PS dan torsi 132 Nm saja, padahal 1.500 cc loh! Mesin ini juga sudah ada di Indonesia sebagai mesin Toyota Liva atau yang kita kenal dengan Etios Taxi, jadi sebenarnya mesin NR ini bukan mesin baru di Indonesia.

Toyota_Etios_TaksiBaca Juga: Toyota Etios Facelift 2015 Hadir di India

Varian paling mutakhir ada pada mesin 8NR-FTS yang memiliki kapasitas 1.200 cc yang menggunakan Otto Cycle dan Atikinson Cycle. Karena berbekal turbo, mesin ini mampu meletupkan tenaga hingga 114 Ps dan torsi sebesar 190 Nm, mesin ini merupakan mesin baru yang diperkenalkan di tahun 2015 dan dipasang di Toyota Auris Facelift. Namun sekali lagi, tidak mungkin New Toyota Avanza Facelift 2015 yang hadir di Indonesia akan dibekali dengan mesin turbo, kalau iya mungkin saya jadi orang yang pertama kali inden, kapan lagi punya MPV turbo bro…? 😀

Baca juga: Toyota Auris Facelift Mendapatkan Mesin Turbo!

Toyota-Auris-facelift-KuningNah untuk basis mesin yang akan hadir di New Toyota Avanza Facelift 2015 sepertinya bukan mesin tipe NR yang kita kenal, kenapa? karena mesin NR yang selama ini kita kenal memiliki penggerak roda depan semua sejak pertama kali diluncurkan, sehingga Toyota harus meriset kembali mesin NR agar bisa memiliki penggerak roda belakang.

Namun sebagai acuan, kemungkinan besar Toyota Avanza akan menggunakan mesin yang familiar dengan model Toyota Vios dan Yaris L yang ada di China (btw di China memang namanya Yaris L, bukan saya yang mengada-ada biar identik dengan “Lele” loh 😀 ). Di China, Vios menggunakan mesin 4 NR-FE dan 5NR-FE, sedangkan Yaris L mengunakan mesin 6 NR-FE dan 7 NR-FE, masing-masing memiliki isi silinder 1.3 dan 1.5 Liter.

Toyota Yaris L LeleNah, di China cukup unik karena mesin Vios dan Yaris L memiliki kode yang berbeda, padahal dari spesifikasi keduanya sama-sama menggunakan Dual VVT-i, sama-sama menggunakan transmisi 4 speed i-Super AT, sama-sama bertenaga 99 PS dan 107 PS untuk versi 1.3 liter dan 1.5 liter, sama-sama memiliki torsi 123 Nm dan 140 Nm untuk versi 1.3 liter dan 1.5 liter dan masih memiliki kompresi yang sama dengan angka 11.5:1, juga claim keiritan bahan bakar yang sama. Nah terus pertanyaannya, dengan spesifikasi mesin yang sama, kok kodenya bisa beda gitu? Yah mungkin saja di dalamnya ada perbedaan sedikit part atau desain yang tidak berpengaruh terhadap tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Yang pasti, New Toyota Avanza Facelift 2015 terbaru akan menggunakan mesin yang mirip-mirip dengan mesin duo lele dari china, saat ini mesin Avanza 1.3 dan 1.5 sebenarnya sudah lebih dari cukup, tenaganya cukup, torsinya cukup, cukup bandel, cukup irit, spare part banyak dan tidak ada keluhan serius dari penggunanya sejak tahun 2004. Memang sih di atas kertas hanya bertenaga 92 Ps dan 104 Ps doang! Semoga saja mesin Toyota Avanza baru bisa memberikan performa yang lebih baik dibandingkan pendahulunya ditambah turbo.

Read Prev:
Read Next: