Toyota : Supra Baru Kebanyakan Dirancang di Jepang, Harga Tidak Murah

by  in International&Toyota
Toyota : Supra Baru Kebanyakan Dirancang di Jepang, Harga Tidak Murah
0  komentar

AutonetMagz.com – Sedikit demi sedikit, potongan-potongan puzzle soal Toyota Supra yang sudah lama dinanti-nanti. Orang dari Toyota kembali buka suara sedikit mengenai Supra, namun kali ini bukan Tetsuya Tada yang jadi kepala proyek Supra dan 86, melainkan Wakil Presiden Penelitian dan Pengembangan Toyota, Gerald Killman kepada AutoRAI. Tentu semuanya sudah tahu kan Toyota Supra dirancang oleh Toyota dan BMW?

Tapi mungkin belum banyak yang tahu kalau Toyota Supra 2019 lebih banyak dirancang dan diuji coba di Jepang. Ya, di Jepang, meskipun ada input minor dari tim RnD Toyota Eropa. Killman juga bilang kalau Supra nanti akan ada versi balapnya, tapi kalau itu sih sudah tahu. Kan ada Toyota GR Supra yang balap banget, dan memang bakal turun balap nanti. Menurut informasinya, Toyota Supra bakal pakai mesin 6 silinder turbo dari BMW, tapi entah mesin yang mana.

Mesin 6 silinder turbo itu bisa berarti mesin single turbo seperti milik M235i atau M2, atau bisa juga 6 silinder twin turbo milik M3 dan M4, tapi ya itu, belum jelas mesin yang mana. Kenapa bisa yakin mesin BMW? Jawabannya gampang, saat ini Toyota tidak punya mesin 6 silinder segaris, yang ada hanya V6. Killman juga meyakinkan kalau tidak akan ada Supra hybrid, dan transmisi satu-satunya adalah kopling ganda.

Mengenai harga, Killman bilang kalau Toyota Supra 2019 tidak akan memiliki banderol yang murah. Menurutnya, bakal ada beda kontras antara harga Supra dan 86, supaya Toyota 86 tetap bisa duduk dan terlihat sebagai mobil sport terjangkau dari Toyota (dan Subaru). Toyota Supra akan didaulat sebagai mobil sport performa tinggi Toyota dengan tenaga, torsi, level engineering dan harga yang berada di puncak hierarki Toyota. Lexus tidak dihitung ya.

Kalau soal mahal sih kami sudah menduganya dari awal. Tidak mungkin mobil yang jadi “Ultimate Toyota” bakal dijual dengan harga ecek-ecek. Toyota Supra akan memakai kulit dan jeroan yang beda dibandingan dengan saudara Jermannya, BMW Z4 meski keduanya pakai platform yang sama. Dengan detail seperti itu, mari harap saja jadwal peluncuran Toyota Supra 2019 pada akhir tahun ini tidak mundur. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: