Total 140 Ribuan Mobil Daihatsu Terjual Tahun Ini, Sigra Tetap Terlaris!

by  in  Berita & Daihatsu & Merek Mobil
Total 140 Ribuan Mobil Daihatsu Terjual Tahun Ini, Sigra Tetap Terlaris!
0  komentar

AutonetMagz.com – Tak terasa, kita sudah memasuki kuartal terakhir di tahun 2022 ini, padahal rasanya tahun 2022 baru saja dimulai. Sejumlah pabrikan otomotif pun telah merampungkan laporan penjualan di kuartal ketiga tahun ini, dan ada kabar gembira dari Daihatsu. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku APM dari Daihatsu di Indonesia mencatatkan pertumbuhan penjualan yang sangat positif ketimbang periode yang sama tahun lalu. Bahkan, angkanya mencapai 36% lho. Yuk kita bahas lebih detail.

Baca Juga : Daihatsu Ajak Pelanggan Setia Bersilaturahmi di Kumpul Sahabat Jabar 2022

Lebihi Capaian Nasional

Sebelum lebih dalam membahas penjualan Daihatsu di Indonesia, ada baiknya kita melihat sebentar rapor penjualan mobil secara nasional dari seluruh merk. Sepanjang bulan Januari hingga September 2022 ini, penjualan mobil di Indonesia tercatat berada di angka 732 ribu unit. FYI, angka ini tumbuh sangat positif mencapai 32% dari tahun lalu yang hanya di angka 600 ribuan unit saja.Padahal, tahun ini tidak ada relaksasi PPnBM seperti tahun lalu. Jadi, bisa dikatakan industri otomotif di Indonesia telah berada di jalan yang benar untuk kembali ke peforma sebelum pandemi.

Baca Juga : All New Toyota Vios Rilis Minggu Ini, Pakai Platform & Mesin Daihatsu!

Nah, untuk Daihatsu sendiri, kami sempat menyinggung di awal bahwa peningkatan penjualan mereka mencapai 36%. Artinya, pertumbuhan penjualan Daihatsu melebihi capaian penjualan nasional secara umum. Tahun ini, Daihatsu telah berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 140.894 unit. Bandingkan dengan tahun lalu yang hanya ada di angka 103.788 unit saja. Angka tersebut merupakan penjualan secara ritel atau dari diler ke konsumen. Berkat peforma penjualan ini, Daihatsu kini memiliki marketshare yang lebih baik yaitu sebesar 19,2% alias naik 1,9% ketimbang tahun lalu yang hanya ada di 17,3% saja.

Baca Juga : Daihatsu Berkolaborasi dengan Pemerintah Dukung Pendidikan Vokasi

Sigra Berjaya, Gran Max Konsisten

Lantas, model apa yang paling laris? Tentu saja, jagoan LCGC dari Daihatsu yaitu Daihatsu Sigra. Daihatsu Sigra masih mendominasi penjualan Daihatsu secara ritel maupun wholesales. Penjualan ritel Daihatsu Sigra mencapai angka 35.200 unit sejauh ini, diikuti oleh Daihatsu Gran Max PU dengan angka 33.360 unit. Sedangkan Daihatsu Xenia ada di posisi ketiga dengan selisih angka yang sangat jauh yaitu 18.651 unit, diikuti Daihatsu Ayla dengan 16.283 unit dan Daihatsu Terios dengan 15.404 unit. Berikutnya, ada Daihatsu Gran Max MB dengan 11.707 unit dan Daihatsu Rocky dengan capaian 7.930 unit.

Baca Juga : Prediksi Peluang Toyota – Daihatsu Menjual Sub Compact SUV : HR-V Terancam?

Sisanya adalah Daihatsu Luxio dan Daihatsu Sirion yang secara gabungan mencatatkan penjualan sebesar 2.359 unit saja. Total wholesales Daihatsu sendiri ada di angka 140.398 unit, sedikit di bawah ritelnya. “Daihatsu bersyukur dapat meraih hasil penjualan dengan capaian positif. Raihan hingga Kuartal III ini bahkan telah melebihi capaian Daihatsu pada periode yang sama tahun 2019 lalu ketika sebelum pandemi Covid-19 terjadi. Semoga raihan positif ini dapat terus berlanjut, dan lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: