All New Toyota Vios Rilis Minggu Ini, Pakai Platform & Mesin Daihatsu!

by  in  Berita & Daihatsu & Merek Mobil
All New Toyota Vios Rilis Minggu Ini, Pakai Platform & Mesin Daihatsu!
0  komentar

AutonetMagz.com – Walaupun pangsa pasar sedan di Indonesia tidak terlalu besar, namun segmen sedan masih memiliki konsumen setianya sendiri. Apalagi kini pajak yang dibebankan pada sedan sudah tidak ‘dibedakan’ seperti dahulu. Alhasil, kesempatan memiliki sebuah sedan kini lebih mudah. Dan hal ini dipahami oleh pihak Toyota Indonesia yang dalam waktu dekat ini akan menghadirkan sub compact sedan terbaru mereka yaitu All New Toyota Vios. Yuk kita bahas.

Rilis 12 Oktober 2022

Jadi, baru – baru ini pihak Toyota Astra Motor (TAM) mengirimkan undangan resmi pada tim AutonetMagz untuk sesi peluncuran resmi All New Toyota Vios. All New Toyota Vios sendiri akan diluncurkan secara resmi lusa, lebih tepatnya tanggal 12 Oktober 2022 mendatang. Kehadiran All New Toyota Vios sendiri hanya berselang sekitar 2 bulan sejak world premiere-nya sebagai Toyota Yaris Ativ dilakukan di Thailand pada pertengahan bulan Agustus silam. All New Toyota Vios akan berhadapan langsung dengan seteru abadinya yaitu Honda City Sedan yang juga masih berusia cukup muda, serta Mazda2 Sedan yang juga baru saja comeback ke Indonesia bulan Juli silam.

FYI, Toyota Vios di Indonesia sudah dijual sejak tahun 2003 silam, dan kini generasi ketiganya tengah dipasarkan di Indonesia. Generasi ketiga dari Toyota Vios juga sudah mendapatkan facelift pada tahun 2018 silam, jadi sudah 4 tahun sejak sedan kompak ini mendapatkan update terakhir. Segmen sedan memang penjualannya terus menurun dalam 2 dekade terakhir, namun ada momen unik yang melibatkan Toyota Vios di tahun 2021 silam. Yap, apalagi kalau bukan relaksasi PPnBM. Berkat relaksasi PPnBM, nama Toyota Vios kala itu tiba – tiba melejit dan permintaannya pun naik pesat. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya konsumen sedan masih cukup banyak, hanya saja mereka ‘keberatan’ pada skema pajak yang kala itu diterapkan pada sedan.

Platform DNGA, Mesin Daihatsu Xenia

Oke, kita bahas sedikit All New Toyota Vios versi Thailand a.k.a Toyota Yaris Ativ. Mobil ini mengusung kode AC100 yang membuatnya ‘berbeda’ ketimbang generasi – generasi lawas Toyota Vios yang menggunakan kode XP. Tentunya perubahan kode ini terjadi karena adanya perubahan yang mendasar pada All New Toyota Vios yaitu penggunaan platform DNGA-B seperti halnya Toyota Veloz. All New Toyota Vios diproduksi di pabrik Toyota Motor Thailand (TMT) di Chachoengsao, Thailand. Jadi, kemungkinan besar All New Toyota Vios akan berstatus CBU di Indonesia. Untuk mesin, sebenarnya All New Toyota Vios versi Thailand menggunakan mesin 3NR-VE 1.200cc dengan teknologi VVT-iE dan transmisi Super CVT-i.

Mesin yang mirip juga digunakan oleh All New Toyota Vios di Laos, hanya saja output tenaganya berubah. Bagaimana dengan Indonesia? Nampaknya, All New Toyota Vios akan mengandalkan mesin 1.500cc 2NR-VE. Mesin yang sama dengan yang digunakan oleh Toyota Veloz dan Toyota Avanza, namun berbeda dengan Toyota Vios yang sekarang. Lho, bukannya sama? Toyota Vios sekarang menggunakan mesin 2NR-FE yang merupakan produksi Toyota. Sedangkan All New Toyota Vios menggunakan teknologi 2NR-VE yang merupakan produksi dari Daihatsu. Wajar lah ya, kan pakai DNGA-B juga. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: