Cegah Ban Motormu Bocor Halus, Ini Tips Jitunya!

by  in  Berita & Merek Motor & Nasional
Cegah Ban Motormu Bocor Halus, Ini Tips Jitunya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Ban adalah komponen yang penting bagi sebuah kendaraan, dan akan sangat berbahaya jikalau ban kendaraanmu bermasalah. Termasuk juga pada ban sepeda motor. Dan salah satu masalah yang cukup membuat pengguna motor kesal adalah bocor halus pada ban motor. Kali ini, tim AutonetMagz akan merangkum sejumlah tips penting yang diberikan oleh Yamaha Jatim untuk mengatasi kasus ban bocor halus. Cekidot.

Baca Juga : Yamaha Jatim Gelar bLU cRU Community Fun Riding Experience, Pakai WR155R!

Biasanya Tak Sadar Ban Bocor Halus

Seringkali, bocor halus pada ban motor tidak disadari oleh pengguna karena tak terdeteksi secara langsung. Biasanya, efeknya akan terlihat setelah beberapa hari dimana ban mengalami kebocoran dan butuh segera ditambal. Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part Yamaha STSJ menyebutkan, “Karena ban itu jadi komponen pertama yang menyentuh aspal, jadi kondisi ban memang harus dalam keadaan prima. Biasanya ada beberapa faktor yang jadi pemicu ban kendaraan bisa bocor seperti kondisi ban yang semakin menipis, bahkan celah ban yang dipenuhi dengan kerikil bisa juga jadi faktor penyebab kebocoran pada ban“.

Baca Juga : Sering Lewat Jalan Rusak? Ini Tips Penting Versi Yamaha Jatim

Nah, PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) selaku main dealer Yamaha di Jawa Timur membagikan sejumlah tips penting untuk menjaga ban motor kalian dari bocor halus, antara lain adalah :

1. Selalu cek kondisi ban sebelum bepergian

Bocor halus kerap tidak terdeteksi oleh pengendara, oleh karena itu selalu periksa kondisi ban kendaraan anda. Umumnya, bocor halus terjadi karena kondisi ban yang sudah aus. Bila ban kendaraan sudah tipis, segera ganti dengan ban yang baru.

2. Saat berkendara, hindari jalanan berlubang

Ketika melewati medan jalan yang bergeronjal, risiko kebocoran pada ban akan semakin tinggi. Hal ini dikarenakan kerikil atau bebatuan yang tajam bisa jadi menusuk ke dalam ban, dan menembus ke dalam ban. Hindari medan jalan tersebut, untuk mencegah bocor halus pada kendaraan. 

3. Perhatikan kondisi velg kendaraan

Kondisi velg yang tidak sempurna juga bisa menjadi penyebab kebocoran pada ban. Velg yang bengkok atau penyok jadi tidak merekat sempurna ke ban sehingga memicu adanya rongga kosong untuk angin keluar atau terus berkurang dari dalam ban. 

4. Cek kondisi pentil ban

Seringkali pemilik kendaraan tidak menyadari bocor halus bisa disebabkan oleh kondisi pentil yang kendor atau tidak kokoh. Posisi pentil yang tidak terpasang sempurna akan membuat celah udara di dalam ban keluar sedikit demi sedikit.

Baca Juga : 7 Kiat Jaga Aki Motormu Tetap Awet Versi Yamaha Jatim

Lalu, bagaimana jikalau ban motor kalian sudah terlanjur bocor halus? Tenang, jika ban kendaraan anda sudah terlanjur mengalami bocor halus, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pengendara seperti menggunakan cairan anti bocor. Nantinya, cairan ini akan menutupi lubang pada ban kendaraan anda. Tapi, metode ini hanya dapat digunakan untuk ban tubeless. Intinya, mencegah tetap lebih baik daripada harus memperbaiki. Bagaimana kalau menurut kalian? Ada tips jitu lainnya?

Read Prev:
Read Next: