TMS 2019 : Daihatsu Pajang SUV Kompak Baru, Inikah Daihatsu Rocky?

TMS 2019 : Daihatsu Pajang SUV Kompak Baru, Inikah Daihatsu Rocky?
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih terus mengabarkan dari arena Tokyo Big Sight dimana gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2019 tengah berlangsung. Kali ini giliran anak perusahaan dari Toyota, yaitu Daihatsu yang unjuk gigi dengan produk terbaru mereka. Nah, ada sebuah SUV yang masih unname alias belum punya nama yang dipajang oleh Daihatsu di booth mereka selama TMS 2019 berlangsung. Dan menariknya, inilah SUV yang dibangun dari basis Daihatsu DN Trec Concept.

Oke, sebelumnya kita sama – sama tahu bahwa pihak Daihatsu berusaha memboyong Daihatsu DN Trec dari sebuah konsep menuju produksi massal. Dan benar saja, SUV berkelir merah ini pun muncul. Namun, secara umum cukup banyak bagian dari body SUV Daihatsu ini yang cukup berbeda dibandingkan dengan Daihatsu DN Trec, utamanya wajah depannya. Di sisi depan, SUV Daihatsu ini menggunakan lampu depan LED dengan model reflektor yang secara shape malah lebih mirip lampu Mitsubishi Outlander Sport ataupun lampu beberapa produk Honda.

Sedangkan grille-nya berubah total dari Daihatsu DN Trec, dimana mobil ini menggunakan desain grille heksagonal yang lebih mirip milik Datsun, dengan5 bilah horisontal berwarna hitam glossy. Bumpernya jauh lebih atraktif daripada Daihatsu DN Trec dengan LED DRL vertikal dan lampu kabut yang berada dalam satu housing yang sama berwarna hitam plastik. Sedang ujung bawah bumper depannya memiliki semacam lip spoiler yang berwarna hitam. Pindah ke samping, Disinilah baru terlihat garis desain dari Daihatsu DN Trec, apalagi kalau kalian melihat bentuk pilar A, serta lekukan jendela di sekitar pilar C.

Kesan ala floating roof dihadirkan dengan memberikan laburan warna hitam pada spion, pilar A dan pilar B serta atap. Untuk pintu, jelas pintu suicide ala Daihatsu DN Trec tidak diterapkan di versi produksi, sedangkan velg menggunakan model twinspoke palang 5 dengan laburan dua warna. Pindah ke sisi belakang, SUV Daihatsu ini menggunakan lampu belakang mengotak dengan LED Bar. Ada rear spoiler berwarna hitam yang memiliki semacam side support, dan logo Daihatsu dikelilingi oleh ornamen berwarna hitam glossy yang menghubungkan kedua lampu belakangnya.

Bumper belakangnya tak terlalu spesial, terlihat agak mengotak dan memiliki aksen berwarna hitam serta reflektor kecil di sisi bawahnya. Masuk ke Interior, kejutan baru ternyata muncul. Walau setir yang digunakan masih mirip – mirip dengan milik Daihatsu Terios, namun tombol yang dimiliki mobil ini terbilang komplit. Ada audio steering switch, pengatur MID / panel instrumen, dan juga cruise control. Oiya, lampu depannya juga sudah auto. Panel intrumen dari SUV Daihatsu ini juga menarik karena sudah full TFT LCD. Sedang layar sistem infotainmentnya juga sudah mendukung touchscreen, berposisi ala floating, dan sedikit terasa driver oriented.

Untuk AC sudah digital, dimana kontrolernya berbeda dengan milik Daihatsu – Daihatsu lain yang kita kenal di Indonesia. Di sisi bawahnya masih ada lagi USB dan power outlet, serta tuas transmisi dan rem parkir mekanikal. SUV yang isunya akan diberi nama Daihatsu Rocky ini akan menggunakan mesin 1000cc Turbo dengan tenaga maksimal 98 PS dan torsi 140 Nm. Transmisi CVT dan sistem gerak roda depan akan mendukung kinerja dari mesin tersebut. Mobil ini dikembangkan dengan basis DNGA, memiliki panjang 3,9 meter, lebar 1,6 meter, tinggi 1,6 meter serta jarak sumbu roda 2,5 meter. Untuk bobot, mobil ini tergolong ringan dengan 998 kg saja.

Nah, ada isu bahwa mobil ini akan dijual juga di Indonesia suatu hari nanti. Kalau memang benar, seberapa tinggi harapan kalian akan mobil ini? Mari sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: