Penjualan Daihatsu di Awal 2022 Naik 70,7%, Kok Bisa??

by  in  Berita & Daihatsu & Merek Mobil
Penjualan Daihatsu di Awal 2022 Naik 70,7%, Kok Bisa??
0  komentar

AutonetMagz.com – Harus diakui bahwa tahun 2022 ini kondisi COVID-19 di Indonesia telah jauh membaik dibandingkan tahun – tahun lalu. Walaupun Indonesia baru saja dihantam gelombang ketiga COVID-19, namun nampaknya sektor kesehatan dan perekonomian serta industri sudah tak terlalu terdampak. Dan salah satu buktinya ditunjukkan oleh Daihatsu melalui capaian penjualan mereka di 2 bulan pertama tahun 2022 ini. Seperti apa? Yuk kita bahas.

Baca Juga : Berkat PPnBM DTP, 5 Model Daihatsu Turun Harga!

Daihatsu Alami Pertumbuhan Positif

Seperti judul di atas, Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja mengirimkan rilis resmi pada tim AutonetMagz mengenai capaian penjualan mereka di tahun 2022 ini. Di 2 bulan pertama tahun ini, Daihatsu berhasil mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 70,7% dibanding periode yang sama tahun 2021 silam. Yap, angka yang sangat signifikan. Secara angka, Daihatsu berhasil mengumpulkan penjualan retail sebesar 30.628 unit dalam 2 bulan terakhir. Bandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu yang hanya ada di angka 17.942 unit saja. Untuk penjualan wholesales, Daihatsu Indonesia berhasil menorehkan angka sebesar 33.355 unit selama 2 bulan pertama tahun ini.

Lantas, model apa saja yang berpengaruh besar pada pencapaian ini?? Awalnya kami mengira bahwa Daihatsu GranMax PickUp akan mempertahankan posisinya, namun dugaan kami meleset. Kini, penjualan tertinggi Daihatsu telah diambil alih oleh jagoan LCGC mereka yaitu Daihatsu Sigra. Daihatsu Sigra menempati posisi pertama dalam penjualan retail dan wholesales dengan angka 8.545 unit dan 7.603 unit. Sedangkan Daihatsu GranMax PickUp harus puas di posisi kedua dengan penjualan retail sebanyak 6.838 unit dan wholesales di 6.855 unit. Posisi ketiga diisi oleh Daihatsu Ayla dengan angka wholesales dan retail di 3 ribuan unit lebih.

Baca Juga : Daihatsu Menang Banyak, Awali 2022 dengan Prestasi Manis!

Daihatsu Xenia Mulai Naik, Rocky Stagnan

Lalu, apa kabar jagoan terbaru Daihatsu yaitu All New Daihatsu Xenia? Secara retail, Daihatsu Xenia terbaru harus puas di posisi keempat dengan angka penjualan sebanyak 3.688 unit. Namun, untuk urusan wholesales, All New Daihatsu Xenia malah ada di posisi kedua dengan angka 7.158 unit, mengalahkan Daihatsu GranMax Pickup dan Daihatsu Terios. Oiya, Daihatsu Terios juga memiliki wholesales yang cukup besar, yaitu 4.550 unit, sedangkan retail-nya 2.389 unit. Nampaknya Daihatsu ingin mengamankan stok mereka menjelang Hari Raya Idul Fitri, khususnya untuk mobil – mobil yang selama ini menjadi volume maker mereka.

Yang menarik, Daihatsu Rocky nampaknya masih harus menerima nasib sebagai bottom 3 penjualan Daihatsu di atas Daihatsu Luxio dan Daihatsu Sirion. Ini cukup mengejutkan, karena Daihatsu Rocky sejatinya adalah produk yang memiliki selling value yang menarik. Daihatsu Rocky mencatatkan angka retail di 2.276 unit, dan wholesales hanya 987 unit. “Daihatsu bersyukur, penjualan hingga Februari 2022 mencatat raihan positif. Hal ini tak lepas dari dukungan pemerintah lewat program insentif pajak yang diberikan. Semoga capaian baik ini dapat terus berlangsung,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Baca Juga : Dapat Potongan Pajak, LCGC Daihatsu Sudah Turun Harga!

Oiya, fakta menarik lainnya, bila membandingkan penjualan per-model antara selama YTD Februari 2022 VS YTD Februari 2021, maka kenaikan penjualan tertinggi diraih All New Daihatsu Xenia yang naik sebesar 312%. Bagaimana mendapat kalian?

Read Prev:
Read Next: