Tesla Model S 2022, Jadi Semakin Futuristis?

by  in  Mobil Baru & Tesla
Tesla Model S 2022, Jadi Semakin Futuristis?
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika menurut kalian electric vehicle (EV) fenomenal satu ini sudah cukup futuristis, lihat lagi upgrade yang dilakukan oleh Tesla sekarang. Memang jika dilihat dari luar, ubahan eksteriornya cukup minim seperti halnya facelift biasa. Namun jika melihat ke dalam interior serta spesifikasinya sekarang, Model S telah mendapatkan major upgrade.

Melihat bagian eksteriornya, ubahan signifikan yang terjadi ada pada bagian bemper depan, velg 19 hingga 20-inci, penambahan ducktail spoiler, serta bentuk diffuser belakang yang membesar. Namun untuk interiornya, rombak total terjadi pada bagian dashboard hingga ke barisan penumpang! Apa saja ubahannya mari kita bongkar upgrade tersebut.

Seamless nan Futuristis

Hal yang paling mencolok saat memasuki bagian interior dari sisi pengemudi adalah bentuk setir dan orientasi head unit-nya. Pertama dari bagian setir yang sudah mengadopsi bentuk ala mobil KITT dalam program Knight Rider, untuk tuas wiper serta lampu-nya digantikan dengan tombol disekitar trackball. Tapi coba lihat secara detail, tuas transmisi pun dihilangkan. Apa berarti sang pengendara tidak bisa mengoperasikan mobil ini layaknya, ya sebuah mobil pada umumnya? Sayang untuk detail yang satu ini Tesla masih belum menjelaskan secara rinci.

Anehnya Tesla malah memberikan rincian perihal head unit baru pada Model S ini, bukan malah memberitahukan cara mengoperasikan mobilnya. Spesifikasi dari layar berukuran 17-inci ini memiliki resolusi hingga 2200×1300 ditambah artikulasi tilt ke sisi kiri dan kanan agar memudahkan pengendara maupun penumpang depan dalam mengoperasikan infotainment display tersebut. Terlebih layar tersebut bukanlah sekadar head unit display (HUD) biasa karena sudah memiliki kemampuan processing hingga 10 teraflops. Lewat gambar resmi yang menampilkan game The Witcher 3, basically pemilik Model S membawa sebuah gaming computer di dalam mobilnya.

Pindah ke kursi belakang, kita langsung disambut dengan layar berukuran 8-inci yang fungsinya sama dengan HUD bagian depan dengan tambahan fitur yang memungkinkan layar di belakang ini terkoneksi dengan gaming controllers. Sisa ubahan di interior adalah hadirnya 3-zone climate control, multiple wireless charging pad, kapasitas center console yang bertambah, sistem audio dengan 22 buah speaker, heated seats untuk seluruh penumpang serta ventilated seats untuk kursi depan saja, ambient lighting, dan penambahan bahan kayu serta carbon fiber untuk beberapa panel.

Trim Berubah, Range Makin Jauh

Tesla Model S kini memiliki tiga trim yang berbeda yaitu Long Range, Plaid, dan Plaid+. Trim Long Range dengan harga $ 79.990 (Rp 1,1 M) memiliki dual motors all-wheel drive (AWD) dengan top speed hingga 250 km/h, 0-100 km/h dalam 3,1 detik, dan memiliki range hingga 663 km. Lalu trim Plaid dengan harga $ 119.900 (Rp 1,7 M) memiliki triple motors AWD dilengkapi carbon-sleeved rotors dan torque vectoring yang mencatatkan top speed hingga 321 km/h, 0-100 km/h dalam 2 detik, serta range yang lebih kecil yaitu 627 km.

Trim tertingginya yaitu Plaid+ menjadi trim termahal Model S untuk saat ini dengan harga $ 139.990 (Rp 2 M). Memiliki motor listrik yang persis dengan Plaid namun di-setting lagi agar mampu mengeluarkan output sebesar 1.100 hp dan mencatatkan waktu 0-100 km/h di bawah 2 detik, top speed 321 km/h, serta range hingga 836 km! Semua trim masih memiliki color palette yang sama dengan Model S sebelumnya dan mendapatkan opsi pilihan warna interior putih, hitam, dan beige. Tesla Autopilot and Full Self-Driving juga tersedia namun dengan penambahan $ 10.000 (Rp 141 jtaan).

Tesla Model S 2022 ini sudah bisa dipesan untuk publik dan untuk trim Long Range serta Plaid akan dikirimkan mulai Maret 2021 kepada konsumen. Untuk konsumen yang memesan Plaid+ harap bersabar dikarenakan pengiriman trim tertinggi itu baru akan dimulai pada akhir 2021. Jadi bagaimana menurutmu dengan upgrade yang dilakukan kepada Tesla untuk super-sedan mereka? Apakah semakin menjauhi definisi dari sebuah mobil pada umumnya, atau menurut kalian inilah masa depan kendaraan roda empat? Berikan komentar terbaik kalian pada kolom di bawah.

Read Prev:
Read Next: