Setelah Indonesia, Tesla Berencana Investasi Besar Di India?

by  in Berita&Hi-Tech&International
Setelah Indonesia, Tesla Berencana Investasi Besar Di India?
0  komentar

Autonetmagz.com – Tak bisa dipungkiri kalau India merupakan salah satu negara dengan industri IT terbesar di dunia. Jadi bukan sebuah kejutan kalau ada kabar bahwa Tesla, salah satu manufaktur mobil EV terbesar di dunia berencana untuk berinvestasi di India. Yap, ada kabar bahwa pabrikan asal Amerika Serikat tersebut berencana untuk membangun fasilitas R & D(Research and Development). Penasaran untuk tahu perkembangannya kan? Yuk kita bahas lebih dalam lagi.

Nah, jadi Menteri Pariwisata India, Aaditya Thackeray dan Menteri Perindustrian, Subash Desai telah melakukan video conference bersama Tesla untuk membicarakan potensi pabrikan Amerika Serikat tersebut dalam membangun fasilitas di India. Mereka berharap dengan keberadaan Tesla di India akan mendorong pemerintah India untuk berkomitmen terhadap mobil-mobil tenaga listrik. Tesla berencana untuk membangun fasilitas mereka di kota Bengaluru pada provinsi Karnataka. Elon Musk selaku CEO Tesla menyatakan dalam sebuah Tweet bahwa ia sudah terbuka terhadap ekspansi di India.

Musk pun berharap bisa menjual mobil-mobil Tesla di India pada awal 2021. Masuknya Tesla di India bakal membantu keadaan ekonomi nasional karena sejak pandemi COVID-19, India mulai mengurangi ketergantungan terhadap China. Hal ini membuat beberapa provinsi seperti Tamil Nadu, Karnataka, Andhra Pradesh, Telangana serta Maharashtra kekurangan kapital dan memerlukan injeksi dana dari investasi luar. Investasi industri otomotif menjadi salah satu prioritas pemerintah India, lebih spesifiknya mereka ingin fokus terhadap perkembangan mobil listrik.

Kalau nantinya Tesla memang membangun fasilitas R & D mereka, bangunan tersebut akan menjadi salah satu dari dua fasilitas Tesla diluar Amerika Serikat. Ini pun bakal menjadi sebuah pencapaian besar untuk India. Bengaluru bisa dibilang seperti Silicon Valley-nya India dikarenakan banyak perusahaan IT berbasis disana, lantas pemerintah lokal disana berencana untuk mengumpulkan dana sebesar Rs. 31.000 crore dalam memproduksi fasilitas R & D. Fasilitas-fasilitas ini akan fokus terhadap pengembangan kendaraan nol emisi dan India berharap Tesla bakal membantu mereka dalam melakukan ini.

Kehadiran Tesla juga akan berimbas positif pada pasar mobil listrik di Negeri Bollywood. India sendiri memang gencar mengurangi penggunaan mobil konvensional karena angka polusi di sana sudah terlalu tinggi. Jadi, Bagaimana opini kalian? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: