Zeekr : Merk Mobil Listrik Premium Geely, Penantang Tesla

by  in Berita&Geely&International
Zeekr : Merk Mobil Listrik Premium Geely, Penantang Tesla
0  komentar

AutonetMagz.com – Perkembangan dunia otomotif ke arah elektrifikasi nampak terus memanas. Setelah sebelumnya kami membahas mengenai peluang Wuling untuk mengambil alih posisi Tesla Model 3 dari tahta mobil listrik terlaris, kini ada tantangan baru dari pabrikan China lainnya. Geely, merk asal China yang sudah sangat kita kenal, dan juga terkenal berani dalam berinvestasi yang akan menantang Tesla di segmen EV. Geely baru saja mengumumkan bahwa pihaknya membentuk sebuah brand baru yang akan berfokus di segmen mobil listrik premium. Dan brand tersebut diberi nama Zeekr. Yuk kita bahas.

Zeekr : Fokus awal di China, Lalu mendunia

Pertama kali mendengar nama Zeekr, respon pertama kami adalah, “gini amat namanya”. Entah kalian setuju atau tidak, nama Zeekr agaknya terasa seperti nama karakter di sebuah TV Show ataupun film. Namun, terlepas dari masalah nama itu, Zeekr sendiri memilik tanggung jawab yang besar. Zeekr akan menjadi brand mobil listrik premium di bawah Geely yang akan dipasarkan secara worldwide, bukan hanya di China. Merk Zeekr sendiri kabarnya akan mulai melaksanakan tugasnya di kuartal ketiga tahun 2021 ini. Artinya, tinggal hitungan bulan lagi sebelum Zeekr resmi beroperasi. Nampaknya, Zeekr masih akan menggunakan banyak fasilitas milik Geely, utamanya untuk produksi mobil. Lantas, mobil apa yang akan dipasarkan dengan merk Zeekr? Belum ada informasi yang jelas terkait hal ini.

Namun, berkembang informasi bahwa Zeekr akan menelurkan 1 mobil listrik baru setiap tahunnya dalam tempo 5 tahun ke depan. Untuk sementara, Zeekr akan berfokus dahulu di pasar China sembari memperbesar awareness publik terhadap merk ini. Setelah itu, Zeekr berjanji untuk memenuhi kebutuhan akan pasar mobil listrik premium global yang berkembang. Nah, mobil – mobil Zeekr sendiri nampaknya akan dibangun dengan basis SEA alias Sustainable Experience Architecture yang merupakan platform baru milik Geely. Platform SEA ini sendiri bisa dikatakan sangat fleksibel, dan bisa diaplikasikan pada kendaraan di segmen A hingga segmen E, alias dari segmen kompak hingga mobil bongsor. Selain itu, platform SEA juga bisa mengakomodir sistem gerak roda depan, belakang, hingga AWD.

Diferensiasi Kelas Premium & Standar

Tentunya pihak Geely masih menutup rapat detail terkait Zeekr, namun ada beberapa bocoran yang menarik. Pertama, Zeekr akan memiliki teknologi baterai mereka sendiri, sistem manajemen baterai sendiri dan juga teknologi motor listrik sendiri. Selain itu, mereka juga akan memiliki EV Supply Chain Support mereka sendiri. Artinya, Zeekr akan diberikan kebebasan penuh, dan mereka akan membuat diferensiasi yang kentara antara mobil listrik premium dan mobil listrik biasa. Zeekr juga berjanji akan menghadirkan, “Peforma kendaraan mewah tanpa tanding dalam hal kenyamanan dan peforma”. Itu adalah janji dari Zeekr. Oiya, satu hal lain yang penting, kendaraan Zeekr juga disebutkan akan bisa mendapatkan update secara OTA alias over the air.

Jadi, bagaimana kalau menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: