Setengah Abad Suzuki Indonesia : 11 Juta Motor, 2,5 Juta Mobil!

by  in  Berita & Merek Mobil & Merek Motor
Setengah Abad Suzuki Indonesia : 11 Juta Motor, 2,5 Juta Mobil!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kami menyebutkan brand Suzuki, maka benda apa yang langsung terbersit di benak kalian? Mobil? Motor? atau Marine? Sebenarnya semuanya sah – sah saja, karena Suzuki Indonesia berkecimpung di tiga pasar itu. Dan ternyata, eksistensi dari Suzuki di Indonesia telah menginjak usia setengah abad. Lantas, dalam 50 tahun eksistensi Suzuki di Tanah Air, apa saja yang sudah ditorehkan oleh merk berlogo S asal Jepang ini? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Memperingati setengah abad perjalanan Suzuki di Tanah Air , Suzuki Indonesia mengadakan perayaan ulang tahun emas yang dikemas secara virtual via Youtube. Dalam kesempatan ini, turut hadir beberapa orang penting di kubu Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan Suzuki Indomobil Motor (SIM), termasuk sang legenda, Bapak Soebronto Laras. “Perayaan ulang tahun emas ini sangat istimewa dan berarti bagi keluarga besar Suzuki Indonesia. Dari dulu sampai sekarang, kami terus berkarya dan berkomitmen memberikan produk-produk dan layanan berkualitas untuk masyarakat, sehingga saat ini Suzuki bisa menjadi salah satu merk otomotif terbaik di Indonesia,” papar Seiji Itayama, President Director PT SIM/SIS.

Kementerian Perindustrian RI yang diwakili Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat transportasi, dan Elektronika (Ilmate), Dr. Ir. Taufik Bawazier M.si, dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii juga ikut ambil bagian dalam perayaan virtual ini. Sedikit kilas balik, Perjalanan Suzuki di Indonesia dimulai di tahun 1970 melalui Suzuki Carry ST20. Kota Manado menjadi saksi penting perjalanan Suzuki ST20 , dimana di kota tersebut-lah mobil ini mengawali penjualannya dengan baik. Dalam 50 tahun eksistensi Suzuki di Indonesia, mereka telah berhasil memproduksi lebih dari 11 juta unit sepeda motor, dan lebih dari 2,5 juta unit mobil.

Suzuki Indonesia juga telah melakukan penyerapan komponen lokal rata – rata untuk produknya di atas 80%. Secara total, ada lebih dari 400 perusahaan komponen yang menjadi vendor lokal untuk Suzuki. uzuki Indonesia juga telah melakukan kegiatan ekspor ke 85 negara dengan total volume lebih dari 1.300.000 unit. Semua kegiatan ini telah menciptakan lebih dari 5.000 lapangan kerja untuk masyarakat. “Kami berterima kasih kepada seluruh pihak, terutama konsumen, yang selalu mendukung Suzuki hingga mampu menginjak usia ke-50 di Indonesia. Saya harap perayaan ini mampu membuat seluruh elemen perusahaan semakin solid agar tetap bisa memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia,” tutup Itayama-san.

Nah, setelah perayaan virtual tersebut, pihak Suzuki menggelar press conference secara virtual, dimana ada beberapa bahasan menarik yang kami dapatkan. Bahasan tersebut akan kami bahas di artikel terpisah. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: