Maruti Suzuki S-Presso Dirilis di India, City Car Bergaya SUV!

0  komentar

AutonetMagz.com – Ada yang masih ingat dengan Suzuki Future-S Concept? Jika kalian lupa, maka tak usah repot – repot mengingatnya karena versi produksi dari mobil konsep tersebut sudah hadir di India. Yap, inilah sosok Maruti Suzuki S-Presso, sebuah city car baru yang nampaknya akan menjadi suksesor dari Suzuki Alto. Nah, menariknya, Maruti Suzuki S-Presso mengambil rupa bak sebuah SUV tapi berukuran mini. Mari kita bahas.

Jadi, Maruti Suzuki S-Presso baru saja diperkenalkan pihak Maruti Suzuki India. Nah, seperti yang kami singgung diatas, mobil ini adalah sebuah city car namun mengambil tampang bak sebuah SUV, utamanya di bagian eksteriornya. Di sisi depan terlihat jikalau pihak Suzuki ingin menghadirkan kesan tangguh di mobil ini. Penempatan lampu diposisikan cukup tinggi dengan bentuk yang mengotak. Lampunya masih halogen, tapi sudah ada LED DRL di bumper depannya.

Selain itu, tinggi dari kap mesin Maruti Suzuki S-Presso ini juga terbilang agak nyeleneh dibanding city car lainnya, bahkan yang juga berkonsep ala SUV seperti Renault Kwid dan Datsun Redi-Go. Grille dari Maruti Suzuki S-Presso ini dibuat bak bertingkat 3, dimana sisi paling atas mempertontonkan bentuk trapezoidal berwarna silver berjumlah 4 buah. Bagian ini cukup mengingatkan kami pada grille mobil Mahindra. Sedangkan radiator grille-nya ada 2 tingkat yang dipisahkan oleh plat nomor.

Pindah ke sisi samping, Maruti Suzuki S-Presso menggunakan velg 14 inci dengan bentuk yang mirip dengan milik Suzuki Ignis, namun berwarna silver. Sedangkan area fender dibuat memiliki tarikan yang tegas dan sedikit menggelembung. Spionnya biasa saja, dan tanpa lampu sein, karena lampu sein berada di area fender. Untuk antena masih model biasa, dan handle pintu masih model lipat. Dari samping, bentuk mobil ini nampak kurang nyaman dipandang. Dan kalau kalian perhatikan area fender, mobil ini bak ‘kecingkrangan‘.

Pindah ke sisi belakang, lagi – lagi pihak Suzuki menempatkan ampu di posisi yang cukup tinggi. Lampu belakangnya dibuat mengotak, dan seluruhnya masih halogen. Tidak ada wiper belakang ataupun defogger. HMSL masih ada di sisi tengah walaupun tidak ada rear spoiler. Sedangkan pintu bagasinya nampak tidak dibekali tuas, tapi ada lubang kunci. Untuk bumper sendiri dilabur warna hitam doff yang cukup kontras. Cukup dengan eksterior, mari kita mambahas interiornya.

Jika sisi eksterior nampaknya akan memicu perdebatan terkait suka atau tidak, namun sisi interiornya surprisingly sangat menarik. Seluruh layar dan juga panel instrumen dipusatkan di sisi tengah, termasuk speedometer digital dan MID. Sisi tengah dashboard-nya dibuat membulat dengan aksen berwarna orange yang terlihat youthful. Bentuk dashboard dengan center console bulat ini mengingatkan kami pada dashboard milik Mini Cooper. Nah, di bawah panel instrumen terdapat head unit layar sentuh dan tombol hazard.

Menariknya, head unit dari mobil ini sudah mendukung konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Pindah ke sisi bawah lagi, ada kontroler AC manual dan power outlet. Sedangkan setir sendiri common parts dengan milik Suzuki Ignis, hanya tanpa ornamen silver. Ada audio steering switch dan juga bluetooth telephony. Kisi AC di sisi kiri dan kanan dibingkai ornamen berwarna orange, dan sayangnya spion mobil ini masih dioperasikan secara manual. Untuk fitur keamanan, Maruti Suzuki S-Presso sudah dibekali dengan dual Airbag, ABS dan EBD.

Mesin yang digunakan oleh Maruti Suzuki S-Presso adalah mesin K10B berkubikasi 1.000cc 3 silinder segaris dengan tenaga maksimal di angka 68 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal di angka 90 Nm pada 3.500 rpm. Nah, transmisi yang ditawarkan ada 2 macam yaitu 5 percepatan manual dan 5 percepatan AMT. Untuk harga, Maruti Suzuki S-Presso dilepas dengan banderol mulai 369.000 Rupee atau setara 74 jutaan Rupiah hingga 491.000 Rupee atau setara 98,4 juta, dibawah 100 euy. Jadi, bagaimana menurut kalian sosok mobil ini?

Read Prev:
Read Next: