Suzuki SX4 S-Cross Akan Disuntik Mati, Buka Jalan Untuk Vitara?

Suzuki SX4 S-Cross Akan Disuntik Mati, Buka Jalan Untuk Vitara?
0  komentar

AutonetMagz.com – Pangsa pasar SUV di pasar global maupun di Indonesia terus menerus bertumbuh dengan sangat positif. Dan hal ini tentunya tidak bisa dikesampingkan oleh pabrikan mobil, termasuk Suzuki. Saat ini, di Indonesia Suzuki hanya memiliki 2 opsi SUV yang dijual resmi. Pertama adalah Suzuki XL-7, dan kedua adalah Suzuki Jimny. Diantara kedua SUV tersebut, sebenarnya terselip sebuah crossover yang nampaknya sudah jarang jadi bahan perbincangan, yaitu Suzuki SX4 S-Cross.

Akan Digantikan Suzuki Vitara?

Yap, nama Suzuki SX4 S-Cross sebenarnya memang tidak pernah menjadi perbincangan panas, setidaknya seperti Suzuki SX4 generasi pertama yang dahulu sempat menggebrak pasar lokal. Saat ini, Suzuki SX4 S-Cross yang dipasarkan di Indonesia didatangkan utuh dari India dan hanya dijual dalam 1 opsi saja yaitu transmisi otomatis. Berapa harga Suzuki SX4 S-Cross saat ini? Mencapai 340,4 jutaan Rupiah yang mana berada di range yang berdekatan dengan sejumlah sub compact SUV seperti Hyundai Creta tipe tengah ataupun MG ZS walaupun masih di bawah tipe terendah dari Honda HR-V ataupun Mazda CX-3 1.500cc. Namun, proporsi body yang lebih condong ke arah crossover ketimbang SUV tulen membuat Suzuki SX4 S-Cross nampak tersisihkan.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Maruti Suzuki akan menyuntik mati Suzuki SX4 S-Cross dalam waktu dekat, dimana posisinya nanti akan digantikan oleh sebuah SUV baru. SUV ini merujuk pada kembaran Toyota Urban Cruiser Hyryder yang sejauh ini diisukan akan menggunakan nama ‘Vitara’. Yap, ada peluang Suzuki Vitara akan comeback. Lantas, dengan disuntik matinya Suzuki SX4 S-Cross di India, apakah hal yang sama juga akan berpengaruh ke pasar Indonesia? Jawabannya, Pasti. Suzuki SX4 S-Cross generasi kedua hanya diproduksi di India saja, sedangkan generasi ketiga diproduksi di Hungaria. Kecil kemungkinannya pasar Indonesia mendapat unit dari Hungaria karena harga jualnya pasti sangat tinggi. Apalagi, model Suzuki di Indonesia sangat mengikuti pergerakan model di India.

Cuma 80 Unit di Indonesia Tahun Ini

Sebagai gambaran, Suzuki Indomobil Sales (SIS) hanya mengirimkan 80 unit Suzuki SX4 S-Cross sejak awal tahun 2022 ini hingga bulan Mei kemarin. Angka yang sudah sangat minim. Sebagai perbandingan, selama tahun 2021 silam ada 247 unit Suzuki SX4 S-Cross yang terkirim ke diler. Jadi, angka di tahun ini tentu sudah jauh menurun, padahal capaian tahun lalu juga tak mengesankan. Di India pun peforma penjualan Suzuki SX4 S-Cross tidak spesial. Secara rata – rata, penjualan Suzuki SX4 S-Cross per tahunnya hanya di angka 20 ribuan unit. Padahal, segmen yang dihuni mobil ini bisa terjual lebih dari 500 ribu unit dalam setahun. Tentunya kondisi ini membuat Suzuki, terutama Maruti Suzuki, ingin meningkatkan marketshare mereka. Dan produk baru adalah solusi paling masuk akal.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: