Suzuki Wagon R EV Diprediksikan Rilis Tahun 2020 di India

Suzuki Wagon R EV Diprediksikan Rilis Tahun 2020 di India
0  komentar

AutonetMagz.com – Arus elektrifikasi masih terus berlanjut, dan tak hanya menyentuh produk – produk yang punya kelas yang tinggi seperti mobil – mobil premium, namun juga terjadi pada mobil – mobil murah. Pasca Renault sempat dikabarkan membuat versi EV dari Renault Kwid di China, kini giliran Suzuki yang akan memproduksi Suzuki Wagon R versi EV di India.

Yap, kabar ini memang cukup menarik, apalagi seperti yang kita ketahui, Maruti Suzuki sebagai Agen Pemegang merk Suzuki di India terlihat adem ayem untuk urusan mobil listrik. Mengutip via BusinessLine, kabarnya Maruti Suzuki akan siap meluncurkan Suzuki Wagon R EV sebagai mobil listrik murni pertama rakitan Maruti di tahun 2020 mendatang. Lalu, mengapa Maruti Suzuki memilih untuk mengembangkan mobil listrik dengan basis dari Suzuki Wagon R? Kami sendiri menebak bahwa pihak Maruti ingin melakukan optimasi baik di sisi sumber daya maupun dana. Yap, kita tahu bahwa mengembangkan mobil baru saja butuh dana yang besar, apalagi untuk mengembangkan mobil listrik untuk pertama kali.

Oleh karena itu, nampaknya apa yang dilakukan oleh Maruti Suzuki ini ditujukan untuk mengirit dana, gunakan saja basis dari kendaraan yang sudah ada yaitu Suzuki Wagon R, apalagi penjualan dari mobil ini di India juga cukup bagus. Sebelumnya, pihak Maruti Suzuki telah melakukan survey pada konsumennya pada awal tahun 2018 ini. Survey tersebut dilakukan untuk mengumpulkan data mengenai peluang pihak Maruti untuk merilis sebuah mobil listrik. Dengan kabar mengenai kehadiran dari Suzuki Wagon R EV, maka secara tak langsung kita bisa simpulkan bahwa survey tersebut berakhir dengan hasil yang positif. Lalu bagaimana dengan komponen – komponen pendukung untuk membangun mobil listrik? Termasuk baterai Lithium Ion yang menjadi salah satu komponen utama di mobil listrik.

Pihak Maruti sejatinya sudah tak terlalu pusing dengan hal tersebut, karena jika kalian ingat, pihak Maruti Suzuki sempat membuka pabrik perakitan baterai lithium ion yang berada di fasilitas perakitan mereka di Gujarat. Di Pabrik tersebut pihak Maruti Suzuki menggandeng Toshiba dan Denso untuk mengembangkan produksi baterai Lithium Ion. Nah, berhubung baterai diproduksi di Gujarat, bisa jadi Suzuki Wagon R EV nantinya akan diproduksi di pabrik perakitan yang sama, karena akan meminimalisir biaya distribusi untuk komponen. Tak Asing dengan strategi ini? Yap, karena Wuling Indonesia melakukan hal yang sama di tanah air, dimana para supplier memiliki area khusus di dalam pabrik perakitan Wuling. Nah, dengan hadirnya Suzuki Wagon R EV, maka hal ini juga merujuk pada kerjasama Toyota – Maruti Suzuki.

Maruti Suzuki tak hanya memproduksi mobil listrik untuk dijual dengan emblem mereka saja, melainkan juga untuk Toyota. Menarik? Tentu saja, karena Suzuki Wagon R juga dipasarkan di tanah air dalam diri Suzuki Karimun Wagon R. Nah, Suzuki Wagon R EV sendiri akan dibangun dengan basis Suzuki Wagon R generasi terbaru, yang kabarnya akan rilis di penghujung tahun ini. Kalau menurut kami, lebih baik SIS nantinya membawa masuk Suzuki Wagon R EV daripada membuat Suzuki Karimun Wagon R 7-seater. Mengapa? Karena versi 7 seater dari Suzuki Karimun Wagon R agaknya sudah kehilangan momen. Bagaimana kalau menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: