Maruti Suzuki Gandeng Toyota, Rilis Mobil Listrik di 2020

Maruti Suzuki Gandeng Toyota, Rilis Mobil Listrik di 2020
0  komentar

AutonetMagz.com – Perkembangan pasar yang kian hari kian pasti ke arah mobil bertenaga listrik memang mau tak mau membuat tiap pabrikan harus melakukan studi terkait mobil bertenaga listrik. Dan tentunya pabrikan besar tak mau ketinggalan untuk terjun di segmen ini, salah satunya adalah Suzuki. Memang pabrikan berlogo ‘S’ ini bukan raksasa di Indonesia, namun lain cerita jika di India tentunya.

Yap, Maruti Suzuki adalah raksasa di negeri Bollywood tersebut. Dan melihat pergerakan pabrikan lain, terutama pabrikan lokal seperti Tata dan Mahindra yang sudah serius di segmen mobil listrik, maka tentunya Maruti Suzuki tak mau hanya duduk diam dan melihat rivalnya selangkah lebih maju. Pihak Maruti Suzuki dikabarkan telah bergerak dengan menggandeng salah satu partner mereka yaitu Toyota. Pihak Maruti Suzuki dan Toyota sendiri akan bahu membahu mengembangkan mobil listrik untuk pasar India, dimana jadwal peluncuran pertamanya adalah pada tahun 2020 mendatang.

Suzuki Swift Range Extender Hybrid

Dikutip dari Drivespark, petinggi Maruti Suzuki yaitu RC Bhargava mengkonfirmasi bahwa mobil listrik yang akan diperkenalkan untuk pasar India adalah hasil produksi Suzuki dan Toyota. Pergerakan dari Maruti Suzuki ini juga merupakan respon terkait penetapan oleh pemerintah India bahwa negara mereka akan bergeser ke kendaraan listrik pada tahun 2030 mendatang. Kedepannya Maruti Suzuki tak hanya menjual saja, namun juga akan memproduksi mobil listrik di India. Namun memang kendala mereka adalah kenyataan bahwa Maruti Suzuki tak punya teknologi apapun dalam hal mobil listrik.

Oleh karena itu, mereka meminjam teknologi dari kerjasama Suzuki-Toyota. Saat dikonfirmasi ulang mengenai mobil apa yang akan menjadi mobil listrik pertama Maruti Suzuki di India, Brargava mengatakan bahwa hal tersebut masih terlalu dini. Namun pihaknya meyakinkan bahwa mobil listrik yang akan dibangun dan dijual oleh Maruti Suzuki adalah mobil yang ‘masuk akal’ untuk dibeli, alias reasonable. Selain itu, pihak Maruti Suzuki masih menunggu hasil survey yang baru rampung pada bulan Februari 2018 mendatang. Survey tersebut akan menentukan bagaimana respon masyarakat terhadap mobil listrik, dan jenis mobil listrik seperti apa yang akan meluncur di 2020.

Suzuki Swift Range Extender Hybrid

Langkah yang diusung oleh Maruti Suzuki ini sendiri merupakan sinyal positif, namun memang pihak pabrikan Jepang ini masih kalah start dibandingkan dengan Mahindra yang sudah menjual mobil listrik, dan Tata yang sudah menyiapkan fasilitas produksi Tata Tigor EV. Bagaimana kalau menurut kalian? Mungkin kalau murah, bisa saja nanti mobil listrik buatan Maruti Suzuki masuk ke Indonesia.

Read Prev:
Read Next: