First Drive Suzuki Grand Vitara : Mesin Halus, Suspensi Nyaman

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
First Drive Suzuki Grand Vitara : Mesin Halus, Suspensi Nyaman
0  komentar

Surabaya, AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu, tim AutonetMagz diundang oleh Suzuki Indonesia dalam peluncuran New Suzuki XL7 Hybrid yang berlokasi di Cimory Dairyland Prigen. Yap, posisinya ada di luar Surabaya, sehingga tentunya kami harus berkendara keluar kota. Dan saat kami bergerak dari Surabaya ke Prigen, kami menggunakan Suzuki Grand Vitara. Yap, ini pertama kali kami menggukana Suzuki Grand Vitara terbaru, dan rutenya langsung ke luar kota. Lantas, bagaimana impresi pertama kami? Yuk kita bahas.

Sekilas Pandang

Pertama kali masuk ke kabin Suzuki Grand Vitara, nuansa SUV-nya cukup kental walaupun desain dashboard-nya masih mirip dengan Suzuki Baleno. Permainan desain yang bertema ruggeddi interior Suzuki Grand Vitara berhasil menimbulkan kesan SUV yang cukup kental di dalam kabinnya. Posisi duduknya? Jelas commanding sekali, bahkan kami masih bisa melihat kap mesinnya secara hampir menyeluruh di posisi duduk terendah. Kabar baiknya, kursi dan setir mobil ini punya pengaturan yang sangat fleksibel. Jadi, kita tak perlu kesusahan untuk menemukan posisi berkendara yang paling nyaman.

Ada sejumlah fitur yang cukup kami apresiasi kehadirannya di Suzuki Grand Vitara. Pertama adalah head up display yang kami manfaatkan untuk monitoring sejumlah informasi seperti kecepatan, putaran mesin status cruise control bahkan blower AC selama berkendara. Berikutnya adalah auto dimming mirror, diikuti cruise control, paddle shift, wireless charger dan konektivitas Apple CarPlay serta Android Auto. Kami pun menikmati panoramic sunroof-nya yang berukuran besar dan memberikan kesan lega pada kabin. Sayangnya, peforma tolak panas kaca film yang ada di Suzuki Grand Vitara memang tidak sebaik di jajaran mobil Suzuki lainnya.

Suspensi Nyaman, Transmisi Halus

Oke, mulai berkendara dengan Suzuki Grand Vitara, apa yang pertama kali kami rasakan? Yang pertama adalah kekedapan kabinnya yang terbilang bagus. Suara dari luar bisa teredam dengan baik, ditambah dengan audio yang punya kualitas suara yang cukup mengejutkan. Kalau mau dikritik pun, kami hanya merasa sistem audionya butuh sedikit power saja dari versi standarnya. Sisanya, audio di mobil ini bisa dinikmati. Berikutnya, kami juga merasakan bantingan suspensinya yang nyaman. Bahkan jauh lebih nyaman ketimbang New Suzuki XL7 ataupun Suzuki Ertiga. Kenyamana suspensi Suzuki Grand Vitara terasa 1 tingkat di atas keduanya.

Mobil nyaman biasanya limbung kan? Yap, memang ada sedikit gejala limbung saat kami agak ngebut. Namun, saat kami berbelok melingkar di kecepatan 60 km/jam, gejala body roll masih termasuk normal. Mesin yang digunakan di Suzuki Grand Vitara pun masih mirip dengan jajaran mesin SHVS Suzuki lainnya. Bedanya, Suzuki Grand Vitara menggunakan mesin K15C dengan dual injector dan kompresi lebih tinggi. Peforma mesinnya pun kami rasa cukupan saja, lebih cenderung untuk irit bahan bakar. Peforma transmisinya juga cenderung halus, namun karena ada 6 percepatan, maka jarak antar giginya terkesan rapat.

Konsumsi BBM Irit?

Alhasil, saat kami harus menanjak ke arah Pandaan dan Prigen, maka penggunaan paddle shift untuk menahan gigi di posisi yang kami inginkan adalah hal mutlak. Jika tidak, maka transmisi akan mengoper ke gigi yang lebih tinggi dan kita kehilangan torsi. Mesin sendiri memiliki karakter yang mirip dengan New Suzuki XL7 Hybrid. Jikalau berjalan santai, putaran mesin akan dijaga di bawah 2.000 rpm. Namun, saat kita ingin memanfaatkan boost dari ISG-nya, maka kita harus bermain di atas putaran 2.000 rpm. Mekanisme charging dan sensasi ala regenerative braking-nya juga sama dengan saudara-saudaranya yang lain. Btw, saat kami keluar tol, angka di MID masih menunjukkan 22 km/liter. Sayangnya, saat harus menanjak, angka tersebut turun hingga 17,5 km/liter. (Angka 17,3 km/liter di foto setelah parkir cukup lama)

Kesimpulan

Jadi, bagaimana kesimpulannya? Suzuki Grand Vitara adalah SUV yang nampaknya cocok untuk kalian yang suka dengan kenyamanan. Baik nyaman secara suspensi, maupun NVH. Mobil ini cocok dipakai untuk cruising ataupun sekedar penggunaan harian di dalam kota. Bukan tipikal mobil yang cocok untuk kalian pacu peformanya. Dengan fitur seperti panoramic sunroof, HUD, Kamera 360, wireless charger bahkan spion auto dimming, nampak bahwa Suzuki ingin memanjakan pengguna Suzuki Grand Vitara dalam penggunaan kendaraan mereka. So, kalau kalian butuh SUV dengan desain mengotak, nama yang punya history panjang, dan mobil yang user friendly, maka kalian harus coba dulu Suzuki Grand Vitara.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: