Suzuki SX4 S-Cross PHEV Akan Hadir di Generasi Berikutnya

Suzuki SX4 S-Cross PHEV Akan Hadir di Generasi Berikutnya
0  komentar

AutonetMagz.com – Suzuki SX4 S-Cross terhitung dari mulai diperkenalkan hingga sekarang masih memiliki dua jenis mesin yang belum berubah sejak kelahirannya di 2013. CUV milik pabrikan Jepang berlogo S ini pun tersedia dalam dua jenis, yaitu mesin bensin dan mesin diesel dengan sistem mild-hybrid(SHVS) yang dimana untuk seri selanjutnya, seri plug-in hybrid (PHEV) akan segera hadir di Suzuki S-Cross tersebut dikutip dari laporan Auto Express.

Meskipun kini Suzuki SX4 S-Cross sudah memiliki system hibrida ringan, nampaknya belum cukup. Yap, kalian tahu tentunya bagaimana kinerja sistem mild hybrid dari Suzuki yang bernama SHVS tersebut, karena sama persis dengan milik Suzuki Ertiga Diesel yang dijual di Indonesia kapan hari. Selain itu, beberapa produsen kendaraan besar juga akan berfokus pada kendaraan listrik yang disebutkan bak sebuah cawan berisi air penuh yang akan tumpah pada akhirnya, yang artinya sebuah inovasi yang pasti akan terjadi. Bila sekarang kita melihat lebih luas mengenai produsen – produsen lain, fokus mereka sudah berpindah jalur dari sekedar menghasilkan kendaraan yang dicintai oleh masyarakat. Sekarang beberapa produsen Jepang sudah pindah jalur dan meng-“elektrikkan” kendaraan mereka.

Meskipun perubahan yang dilakukan tidak terang-terangan dan cukup cepat namun mobil listrik adalah hal yang pasti terjadi. Menurut Wyatt, Dale Wyatt, Managing Director Suzuki UK, nantinya semua kendaraan dari Suzuki juga akan mengikuti arus perubahan tersebut bahkan pihaknya sekarang sudah bisa menyebutkan kapasitas pada kendaraan mereka kedepannya, yaitu, 12 volt untuk sistem hibrida ringan untuk kendaraan kecil dan juga 48 volt hibrida ringan untuk kendaraan besar yang akan terus diterapkan sampai 2022 dan kembali melihat tren yang ada. Jika diamati, langkah yang biasa terjadi pada produsen mobil adalah beberapa memulai dari hibrida ringan menuju hibrida penuh, kemudian ada juga yang dari plug-in hybrid dan berubah menjadi perlistrikan murni.

Alur semacam inilah yang biasa dilakukan oleh para pemain otomotif. Saat ditanyai mengenai produknya yang akan di-“listrikkan” nampaknya pihak Suzuki  cukup yakin untuk melistrikkan Suzuki SX4 S-Cross dan juga Suzuki Vitara-nya, Sedangkan Swift memang sudah ada versi Hybridnya, serta Suzuki Celerio belum terpikirkan. Mesin diesel yang hilang peminatnya kini tidak lagi akan diproduksi oleh pihak Suzuki pada Suzuki SX4 S-Cross, bahkan Suzuki SX4 S-Cross generasi selanjutnya sudah akan bermesin bensin, hybrid dan plug-inhybrid (PHEV). Namun berbeda bila kita menengok ke India dimana Suzuki Maruti masih tetap ditawarkan mesin diesel 1,5L E15A yang sedang dikembangkan ke bensin K15B 1.5L. Karena menurutnya diesel terus memiliki tarikan dimana diaplikasikan pada mesin-mesin SUV. Sedangkan bila dibandigkan dengan PHEV harganya cukup menjadi pertimbangan disana.

Pada intinya Suzuki SX4 S-Cross nantinya yang paling cepat akan menghilangkan mesin dieselnya dan hanya memproduksi bensin saja, setidaknya jikalau kita tak menghitung penghapusan mesin diesel Suzuki Ignis di India karena tak laku. Suzuki SX4 S-Cross generasi selanjutnya sendiri akan mulai diperkenalkan pada tahun 2020. Bagaimana kawan? Layakkah langkah ini dicoba Suzuki? Yuk berkomentar.

Read Prev:
Read Next: