Suzuki Baleno Hatchback Mulai Memakan Segmen Suzuki Swift di India

Suzuki Baleno Hatchback Mulai Memakan Segmen Suzuki Swift di India
0  komentar
suzuki-baleno-hatchback-front

AutonetMagz.com – Hal yang dipikirkan rupanya terjadi juga. Saat Suzuki Baleno muncul sebagai hatchback, tadinya kami pikir ia akan ditempatkan di atas Swift, seperti halnya Fiesta-Focus, Yaris-Auris, Polo-Golf, 208-308 dan lain-lain. Akan tetapi, yang ada malah Baleno diberikan pilihan mesin yang sama seperti Swift dan 1 mesin baru, yakni BoosterJet 1.000 cc 3 silinder turbo. Awalnya kami ragu,”Ini bakal ngerebut konsumennya Swift nggak ya?

Ternyata iya, begitulah yang dilaporkan oleh Business Standard. Sebelum Baleno meluncur, Suzuki Swift bisa terjual 18.278 unit pada bulan September 2015, akan tetapi, itu semua berubah setelah Baleno dirilis di bulan September. Bulan-bulan berikutnya, penjualan Swift turun menjadi 17.669 unit (Oktober 2015), 11.859 unit (November 2015) dan 14.548 unit (Desember 2015).

suzuki-swift-gs

Ini pun lebih parah dari penjualan bulan November dan Desember 2014 yang kemarin mencapai 17.900 unit dan 17.410 unit, alias turun 33 persen dan 16,4 persen pada tahun 2015 di bulan yang sama seperti yang disebutkan tadi. Alasan penurunan penjualannya? Ya karena ada Baleno, biarpun harga Baleno lebih mahal dari Swift, fiturnya lebih lengkap dan efisiensinya lebih baik dan menurut konsumen di sana, Baleno lebih bergaya.

Kalau untuk poin yang terakhir, entah mengapa saya sendiri masih melihat Swift itu lebih cakep daripada Baleno, tapi ya sudahlah. Baik Baleno maupun Swift sama-sama memakai mesin K12 1.200 cc bensin dan 1.300 cc DDiS diesel. Berkat platform baru Baleno yang lebih ringan 100 kg dari Swift, Baleno bisa lebih irit BBM. Jika konsumsi BBM Swift adalah 20,4 km/l (bensin) dan 25,2 km/l (diesel), maka Baleno bisa 21,4 km/l (bensin) dan 27,39 km/l (diesel).

suzuki-baleno-dashboard

Selain itu, Swift hanya punya pilihan transmisi manual 5 percepatan, sementara Baleno ada versi CVT. Hm, kelihatannya jelas sekali kenapa Baleno bisa lebih laku dari Swift, tapi ya saling makan segmen dari satu merek mobil juga terjadi kok di sini, seperti Honda HR-V yang memakan segmen Honda Jazz. Apa pendapatmu soal saling makan segmen antara Baleno dan Swift? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • refi

    Bang review suzuki swift donk. Kan blm ada review suzuki swift dari tabloid otomotif di Indo. Palingan adanya yang suzuki swift sport (sebut saja Autob***) wkwk

    • sereal

      nah akhirnya ada yg minta, iya saya setuju swift dong

    • Yopi Andrian

      Saya juga setuju si swift di ulas nih, karena termasuk hatchback dengan harga terjangkau, dengan fitur komplit.
      Komplit menurut saya yah fitur kekinian nya sudah ada (smart entry + start button + tombol audio di stir + lampu projie ) hahaha, meskipun hanya untuk type tertinggi saja.

      Tapi ini harga nya paling murah kan untuk kategori hatchback ? Di banding type tertinggi dari Jazz, Yaris, M2

    • Hillarius Satrio

      ada yang bisa dipinjem gak swiftnya? kalo ada swift sport malah gua mau banget *serius

      • refi

        Swift yang biasa aja bang hillsat, tipe gx mungkin. Buat kami swift harganya lbh ramah dikantong drpd hatchback lainnya. Kalo yg swift sport mah, apa daya. Wkwk

        • sereal

          yang tipe GS dong yg kelasnya ditengah 🙂

      • Zakwan Umarella

        ada tapi punya ortu sih:v *tipe gx

    • Hillarius Satrio

      ada yang swiftnya bersedia dipinjem nggak? kalo ada swift sport malah gw pengen banget *serius

    • Zakwan Umarella

      AKHIRNYA ADA YG MINTA WKWK??

  • Ronny Rasdyantoro

    kayak temen makan temen

    • Always35

      Temen makan temen tapi tetep aja duit masuk ke induknya, jadinya untung wkwk

  • geox

    kacau produsen2 skrng..semua model pake satu basis..baleno pake swift..bodi doank dibedakan..brio jd mobilio lah ..jazz dgn hrv..innova mesin nya pake ke fortuner…makin males berinovasi kyknya..lebih cenderung rubah2 exterior interior doank buat dongkrak penjualan..sbnrya konsumen hrsnya dpt yg beda di setiap beli mobil yg jelas model berbeda dan harga beda…

    • Always35

      Bukannya malas berinovasi, namanya membangun suatu mobil itu enggak gampang, perlu riset yang pastinya butuh waktu dan biaya yang tidak sedikit, sementara itu konsumen pengen mobil yg pastinya kebutuhan setiap orang berbeda terhadap mobil. Makanya suka ada istilah berbagi model atau platform entah platform desain, rangka, mesin atau semuanya. Makanya enggak heran ada mobil yg kelihatan beda namun basisnya sama. Mazda2 lawas aja platformnya masih sama kok dengan Ford Fiesta cuman sama masing2 pabrikan dikembangin lagi biar kelihatan beda. Di kelas commercial car macem Truk atau Bus itu adalah hal yang biasa kok…

      Duhh panjang amat comment gue wkwk

      • Aryo Wicaksono

        kalau buat aku berbagi platform tidak masalah, malah bagus kalau platform yang banyak dipakai memang yang terbaik.

  • ga masalah sih saling makan segmen sodara sendiri.. toh duitnya juga diambil sendiri. kayak saya yang kalo minggu pagi jualan nasi pecel. setelah saya tambah menu baru nasi kuning yang harganya sama, eh pelanggan yg suka nasi pecel jadi sering beli nasi kuning. tapi secara total pembeli dagangan saya jadi meningkat karena ada menu baru 😀

    • Ke_In

      Mantap gan.. wkwkwk

    • Bimo Alexander

      Bagus gan peng-ibaratannya

  • antman

    kayaknya ga masalah kalo saling makan share soale masih satu basis, kalo beda basis baru pusing dah…

  • Ardhie Yoodha

    Biarpun makan segmen saudaranya yang penting tetep laku keras & produsen mobil tetep untung..

  • Aryo Wicaksono

    sayang nih swift jadi korban kanibalisme baleno, padahal swift sudah diakui dunia salah satu mobil terbaik di dunia dan setara dengan mobil-mobil eropa. emang dasar orang india tukang pamer, beli mobil yang dilihat fitur kayak beli telepon pintar. udah gitu semakin banyak chrome semakin bagus lagi buat mereka.

  • Rockmeo

    itu konsumsi dalkot, tol ato kombinasi y min?

    • Aryo Wicaksono

      itu mah kondisi ideal paling irit alias jalan tol, udah gitu kaki mesti disekolahkan dulu juga.

  • Enrile Indro Prasetyo

    Sebenarnya bukan memakan segment, tapi membantu menaikkan penjualan di segment swift dengan adanya pilihan yang berbeda. Kalo pada akhirnya penjualan swift menurun wajar, ada model baru dengan bentuk yang baru dan fitur yang baru juga. Toh konsumen lama-lama bosan juga dengan swift, sehingga ingin mencoba yang lain..

  • jeem

    Bang HillSat temen and ada yg punya swift sport tuh…

  • Indra

    Di india, Suzuki (atau disana namanya Maruti Suzuki) itu kayak Toyota di indonesia, mindset orang sana beli mobil ya suzuki dan hyundai (kalo disini kayak honda), trus penjualan mobil suzuki disana tembus 1 juta unit per tahun, ga salah jika suzuki jadikan india sebagai pasar terbesar sekaligus basis ekspor utama dunia. Mobil suzuki pertama india adalah Maruti 800 tahun 1983.

    Top 4 mobil terlaris di india juga semua mobil suzuki, ada alto, dzire (swift sedan dikasih buntut), swift, dan wagon R (aka karimun wagon), kemudian ciaz dan ertiga juga laris dikelasnya.

    Swift disana diposisikan berbeda dengan baleno kalo dilihat dari lawannya, swift lawannya brio, march, grand i10, etios, dll sedangkan baleno lawannya jazz, grand i20, tata bolt, dll. Mobil suzuki banyak yg pake mesin yg sama: 1.2/1.4 K series bensin sama mesin fiat multijet diesel

  • csgobetmeister

    Gak masuk indo nih?