Suzuki Hidupkan Kembali Smash FI

Suzuki Hidupkan Kembali Smash FI
0  komentar

AutonetMagz.com – Berkaca ke beberapa tahun silam, saat kita berbicara tentang motor bebek yang murah, dan bandel, maka kita akan menemukan tiga seteru abadi. Pertama tentu Honda dengan Revo andalannya, lalu Yamaha dengan Vega, serta Suzuki dengan Smash. Namun beberapa waktu silam, persaingan menyisakan revo yang berjaya dengan penjualan yang masif, serta disusul Yamaha yang mengandalkan tipe Vega Force, Suzuki Smash? Hilang entah kemana, alias discontinue.

Namun tahun ini adalah tahun kebangkitan divisi Roda dua Suzuki, begitu menurut prinsipal Suzuki. Hal tersebut bukanlah sekedar omong kosong menurut kami, karena Suzuki memberikan langkah riil guna membangkitkan kembali gairah penjualannya di tanah air tercinta. Terbukti varian GSX-R150 dan kompatriotnya GSX-S150 telah sukses dilepas ke pasar dengan impresi yang baik dari publik tanah air. Hal ini terbukti dengan peningkatan marketshare Suzuki dari angka 0,8% menjadi 1,3%. Belum fantastis memang, namun cukup untuk menandai kembalinya pabrikan berlogo S ini di pasar tanah air.

Dan sekarang, salah satu produk yang sudah antri di daftar tunggu rilis Suzuki telah tiba gilirannya. Tak lain, dan tak bukan, inilah Smash FI yang dihidupkan kembali. Motor bebek kecil yang dulu memiliki tagline “Si Gesit Irit” ini resmi kembali ke pasaran, dan siap bersaing dengan seteru abadinya Honda Revo serta Yamaha Vega Force. Kini sang bebek pede dengan tagline baru, ‘Tarikannya Dahsyat!’.

Smash FI hadir dengan tampilan yang sebenarnya tak banyak berubah dibanding dengan model sebelumnya. Perubahan ada di bagian headlamp dan tentunya livery baru. Smash FI mengusung teknologi LEaP yang merupakan singkatan dari Light, Efficient and Powerful. Generasi terbarunya ini diklaim minim gesekan dan tak sebising pendahulunya. Seperti namanya, pengabut bahan bakarnya sudah menggunakan injeksi yang dikontrol oleh ECM (Electronic Control Module).

Mesin Smash Injeksi ini berkubikasi 113cc dengan pendingin udara. Mesin ini ditunjang tangki bensin sebesar 3,7 liter. Kaki – kaki motor bebek ini tentu tak besar, masih ala – ala motor bebek lainnya dengan ukuran79/90 di depan dan juga 80/90 di belakang. Dilengkapi dengan rem cakram di depan untuk tipe SR, sedangkan untuk tipe R hanya tromol. Untuk pengereman belakang dipercayakan pada tipe tromol untuk semua varian.

Varian SR tampil lebih modis sedikit dengan penggunaan cast wheel yang membuat bobotnya naik 1KG dibanding varian R yang memakai velg jari – jari. Smash FI memiliki bagasi di bawah jok sebesar 8 liter, tak terlalu besar memang tetapi cukup untuk menyimpan beberapa perlengkapan dalam berkendara. Smash FI dijual dengan harga yang menarik, yaitu Rp. 12,85 juta untuk varian R, sedangkan varian SR dijual dengan harga Rp 13,65 juta on the road JakartaPT SIS tak mematok target muluk – muluk untuk motor satu ini, hanya sebanyak 500 unit per bulan yang menjadi target mereka, dan itu dalam skala nasional ya.

Distribusi sendiri telah dilakukan sejak petengahan maret kemarin, dan siap dijula ke para calon pembelinya. Smash FI memang ditujukan bagi anda yang butuh fungsi mobilitas tanpa memperhitungkan fitur advance lainnya, mesin irit dan bandel serta durable. Jadi, apakah anda tertarik dengan motor ini? Sampaikan komentarmu ya.

Read Prev:
Read Next: