Suzuki Resmi Hentikan Produksi Ertiga Diesel 1.3L di India

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Suzuki Resmi Hentikan Produksi Ertiga Diesel 1.3L di India
0  komentar

AutonetMagz.com – Publik di tanah air tentu tidak asing dengan sosok Suzuki Ertiga Diesel yang sempat dijual di Indonesia beberapa tahun lalu. Mobil tersebut hadir untuk mengisi segmen kosong yang ditinggalkan oleh Chevrolet Spin Diesel yang sempat memberi warna pasar LMPV di Indonesia. Nah, di generasi terbaru dari Suzuki Ertiga, pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak menjual lagi varian ini, namun Maruti Suzuki India tetap memasarkan varian berbahan bakar solar ini.

Nah, walaupun Maruti Suzuki masih menjual All New Suzuki Ertiga dengan mesin Diesel 1.300cc di India, namun eksistensi dari mobil ini akan segera berakhir. Informasi ini sendiri disampaikan resmi oleh pihak Maruti Suzuki yang memutuskan untuk menghentikan produksi All New Suzuki Ertiga diesel dengan mesin 1.300cc. FYI, mesin 1.300cc DDiS Multijet Diesel ini sejatinya sudah akrab dengan Suzuki Ertiga sejak tahun 2012 silam. Mesin milik Fiat ini memiliki dua varian tenaga, yaitu 75 hp dengan torsi 190 Nm dan juga 90 hp dengan torsi 200 Nm. Varian mesin kedua inilah yang sempat ditawarkan ke publik Indonesia.

Pihak Maruti Suzuki sendiri juga sempat menawarkan varian mild hybrid yang dikenal dengan nama SHVS alias Smart Hybrid Vehicle by Suzuki yang menggunakan basis mesin 1.300cc Diesel ini. Salah satu alasan kuat mengapa akhirnya Maruti Suzuki menyudahi eksistensi All New Suzuki Ertiga Diesel 1.3L ini karena regulasi emisi di India yang makin hari makin ketat. Per tanggal 1 April 2020 mendatang, seluruh mesin diesel yang dijual di India harus memenuhi standar BS-VI (Bharat Stage VI) yang setara dengan standar Euro 6. Dan tentunya butuh biaya besar untuk membuat mesin lawas seperti mesin 1.3 Diesel Ertiga ini untuk bisa memenuhi regulasi tersebut.

Oleh karenanya, Maruti Suzuki lebih memilih untuk menghentikan produksi varian ini. Nah, bagi konsumen yang ingin memiliki All New Suzuki Ertiga bermesin diesel, masih ada varian mesin 1.500cc Diesel E15A yang merupakan mesin hasil pengembangan Suzuki sendiri. Namun, varian mesin ini juga tidak akan bertahan lama. Karena Maruti Suzuki juga berencana menghentikan produksi mesin E15A untuk All New Suzuki Ertiga mendekati tanggal 1 April 2020 mendatang. Namun, mesin E15A masih akan ditawarkan di beberapa model Suzuki lainnya seperti Suzuki Vitara Brezza dan Suzuki SX-4 S-Cross.

Jadi, kedepannya tidak akan ada lagi All New Suzuki Ertiga bermesin diesel, mau 1.300cc ataupun 1.500cc. Tapi itu di India ya, tidak menutup kemungkinan varian mesin ini akan hidup di Indonesia yang regulasinya masih memungkinkan untuk mesin Diesel Suzuki tersebut. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Sumber : Gaadi Waadi

Read Prev:
Read Next: