Begini Pertimbangan Memilih SUV Yang Ideal Menurut Suzuki!

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Begini Pertimbangan Memilih SUV Yang Ideal Menurut Suzuki!
0  komentar

AutonetMagz.com – Mobil jenis SUV sebenarnya sudah lama menjadi salah satu jenis mobil yang paling laris di Indonesia. Alasannya jelas, karena memiliki ground clerance yang tinggi, sehingga membuat pemiliknya memmpunyai peace of mind saat melewati jalan yang rusak atau menembus banjir bila perlu. Berdasarkan data Gaikindo selama tahun 2022, medium SUV mampu memberikan kontribusi sebesar 20% terhadap total penjualan mobil di Indonesia.

Dimensi & Mesin

Berikut ini adalah hal yang patut dipertimbangkan ketika hendak memilih SUV. Yang pertama ialah dimensi. SUV terdiri dari kategori 2 atau 3 baris tempat duduk, selain itu secara dimensi SUV memiliki rentang yang cukup banyak seperti compact, small, medium dan large. Pemilihan dimensi SUV disesuaikan dengan beberapa faktor seperti design, kapasitas penumpang, luas bagasi, kenyamanan, dll. Yang paling penting, ukurlah luas garasi sebelum membeli mobil, karena tentu tidak lucu ketika kita membeli mobil namun tidak bisa masuk ke garasi rumah kita sendiri.

Kemudian yang kedua adalah mesin. Memang, dulunya SUV dikenal sebagai kendaraan yang bermesin besar dan boros BBM. Seiring perkembangan jaman, para engineer mengembangkan mesin yang yang kompak dan berfokus pada efisiensi bahan bakar. Termasuk dengan menyamatkan turbo agar tetap bertenaga namun tetap irit bahan bakar. Sesuaikan dengan kebutuhan mengenai berapa torsi dan tenaganya. Mesin besar juga tidak selamanya boros selama perbandingan power to weight ratio yang diusungnya pas.

Safety & Reputasi

Teknologi keamanan dan keselamatan juga penting disini. Rancang bangun sebuah SUV yang baik akan
mementingkan kekuatan konstruksi yang memadukan perangkat keselamatan untuk memberikan perlindungan. Selain itu pemanfaatan teknologi untuk kestabilan berkendara juga menjadi perhatian penting. Karena memiliki ground clerance yang tinggi, adanya fitur stability assist sangatlah penting untuk mencegah mobil kehilangan kendali.

Yang terakhir adalah reputasi brand. Di luar dari keunggulan teknis mobil, hal yang tidak kalah penting adalah nama besar dan reputasi sebuah brand. Suzuki pada model SUV memberikan reputasi positif dan kepercayaan dari pelanggan. Dari mulai Suzuki Jimny sejak 1970-an hingga yang saat ini dijual seperti Suzuki Jimny, Suzuki SX4 S-cross, dll. Reputasi brand juga penting untuk memberikan peace of mind dalam memilikinya seperti lebih tenang untuk layanan purna jual hingga harga jual kembali.

Read Prev:
Read Next: