Spesifikasi All New Suzuki Jimny & Jimny Sierra Terkuak!

Spesifikasi All New Suzuki Jimny & Jimny Sierra Terkuak!
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah beberapa bocoran gambar dari All New Suzuki Jimny terkuak beberapa waktu lalu, serta sejumlah detil mengenai tanggal peluncurannya, maka kini malah gambar resmi dan juga detil spesifikasi dari All New Suzuki Jimny yang terkuak ke publik. All New Suzuki Jimny sendiri akan hadir dalam dua varian, yaitu varian Jimny dan juga Jimny Sierra di Jepang, let’s check it out.

Pertama, kita akan bahas sisi eksteriornya. Eksterior dari All New Suzuki Jimny dan Jimny Sierra sendiri memang sudah banyak kita ketahui dari banyaknya gambar dan foto yang bocor ke publik. Mobil ini kini lebih boxy dan tough dengan tekukan dan garis body yang tegas dan mengotak. Mulai dari bonnet, atap, garis kaca, grille, hingga bumper depan dan belakangnya bernuansa mengotak, menguatkan kesan tangguh yang seolah hilang sejak generasi Suzuki Jimny JB. Nah, baik All New Suzuki Jimny dan Jimny Sierra juga masih mengandalkan ban cadangan model konde di sisi belakang dengan cover di sisi tengah saja. Untuk Varian Jimny Sierra, pihak Suzuki memberikan beberapa ubahan di sisi bumper depan dan belakang yang lebih terlihat tangguh, dan juga over fender yang lebih tebal dengan nuansa warna hitam.

Selain itu, Jimny Sierra juga mendapatkan ban yang lebih lebar dengan velg yang sedikit berbeda. Kabarnya, untuk pasar di luar Jepang pihak Suzuki akan mengandalkan varian Suzuki Jimny Sierra. Mengapa? Karena ada perbedaan mendasar antara All New Suzuki Jimny dengan Jimny Sierra, yaitu pada sektor mesin. Yap, All New Suzuki Jimny masih masuk dengan standar kei car di Jepang, dan alhasil mobil ini mengandalkan mesin 660cc dengan opsi transmisi 4 percepatan otomatis dan 5 percepatan manual yang dipadukan dengan sistem gerak AWD. Sedangkan untuk Jimny Sierra akan mengandalkan mesin 1.500cc dengan pilihan sistem gerak dan opsi transmisi yang sama. Spesifikasi teknis yang lebih lengkap masih belum diumbar oleh pihak Suzuki, termasuk mesin 1.500cc berkode apa yang digunakan oleh Jimny Sierra. Namun ada detil menarik dari sisi teknis, yaitu penggunaan rangka ladder frame dengan 3-link rigid axle suspension dan part-time 4WD dengan low range transfer gear.

Berganti ke sisi fitur, All New Suzuki Jimny akan dibedakan dalam tiga trim antara lain adalah XG sebagai tipe terendah, XL, dan XC, sedangkan versi Sierra ada dua trim yaitu JL dan JC. Yuk kita bedah. Untuk All New Suzuki Jimny XG akan mendapatka banyak Airbag, dua di sisi depan lalu curtain airbag dan side airbag,lalu juga lampunya masih halogen, dan hanya ada 2 speaker plus velg kaleng 16 inci. Naik ke trim XL, ada penambahan dengan Auto AC, keyless start stop system, dan electric retracable mirror. Nah, untuk versi XC mendapatkan Dual Sensor Brake Support, lampu LED, headlamp washercruise control, lampu sein LED di Spion, dan velg alloy 16 inci. Untuk tipe Sierra, selain ubahan di sisi eksterior seperti yang kami sebutkan sebelumnya, untuk tipe JL sendiri setara dengan tipe XL di varian Jimny, pun begitu dengan varian JC yang setara dengan varian XC di Jimny.

All New Suzuki Jimny sendiri akan dijual dalam beberapa skema warna yang terbagi dalam dua kategori, satu warna dan dual tone. Untuk varian satu warna ada warna Jungle Green, Bluish Black Pearl 3, Medium Gray, Silky Silver Metallic, dan Superior White. Sedangkan varian dual tone meliputi Kinetic Yellow, Brisk Blue Metallic, dan Chiffon Ivory Metallic yang warna keduanya adalah warna atap yang dilabur warna hitam. Detail dari All New Suzuki Jimny dan Jimny Sierra sendiri nampaknya baru akan terkuak saat mobil ini menjalani debut pada tanggal 5 juli mendatang. Mobil ini akan dijual terlebih dahulu di Jepang, dan pasar lainnya akan menyusul di penghujung 2018 ataupun malah 2019. Jadi bagaimana? Layak diboyong ke Indonesia? Siapa tahu pakai mesin K15B punya Ertiga.

Read Prev:
Read Next: