Suzuki Ertiga 1.5 Diesel Resmi Diluncurkan, Mulai 203 Jutaan

Suzuki Ertiga 1.5 Diesel Resmi Diluncurkan, Mulai 203 Jutaan
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, setelah ribuan purnama pihak Suzuki mengandalkan mesin diesel multijet milik Fiat untuk mengisi dapur pacu kendaraan yang mereka jual, kini akhirnya pihak Suzuki sudah memiliki mesin Diesel produksi mereka sendiri. Dan debut dari mesin diesel baru Suzuki ini dilakukan di All New Suzuki Ertiga yang dijual di India. Nah, lantas seperti apa spesifikasi dan juga harga yang ditawarkan oleh pihak Suzuki pada All New Suzuki Ertiga 1.5 Diesel ini? Mari kita bahas.

Jadi, gosip mengenai kemunculan Suzuki Ertiga 1.5 Diesel sendiri sudah menjadi rahasia umum, dan sebelumnya kami sudah menyebutkan di awal bulan lalu bahwa peluncuran dari varian baru ini sudah tinggal menunggu waktu. Nah, kini Suzuki Ertiga 1.5 Diesel sudah resmi hadir dengan mesin E15A yang memiliki figur tenaga 95 PS pada 4.000 rpm dan juga torsi maksimal di angka 225 Nm pada 1.500 hingga 2.500 rpm. Angka ini jelas mendapatkan peningkatan dibandingkan dengan mesin 1.300cc milik Fiat yang sebelumnya digunakan. Tenaga maksimalnya naik hingga 6 PS pada putaran mesin yang sama, pun begitu dengan torsinya.

Torsi di mobil ini meningkat hingga 25 Nm, namun bisa dikail dari putaran mesin 1.500 rpm saja, bandingkan dengan mesin lawas yang menyentuh torsi puncak 200 Nm pada 1.750 rpm. Untuk transmisi, kini Suzuki Ertiga 1.5 Diesel mendapatkan transmisi manual dengan 6 percepatan, naik satu percepatan dibandingkan dengan versi lawas. Nah, walaupun perubahan yang diusung di mesin baru ini semuanya positif, namun ada satu hal yang justru hilang di Suzuki Ertiga 1.5 Diesel ini. Yap, yang hilang adalah sistem mild hybrid ala Suzuki yang kita kenal dengan nama SHVS. Sistem SHVS sendiri tidak ditanamkan di mobil ini karena dianggap tidak perlu.

Pihak Maruti Suzuki sudah menanamkan Dual Mass Flywheel (DMFS) dan juga melakukan optimasi pada rasio kompresi yang membuat mesin bisa beroperasi di kondisi prima dengan konsumsi bahan bakar yang juga efisien. Pihak Maruti Suzuki juga sudah menggunakan high efficiency turbocharger pada mobil ini sehingga torsi puncaknya bisa diraih di putaran mesin yang lebih rendah. Lantas, bagaimana dengan harga dari mobil ini? Untuk varian termurah yaitu VDi dilepas dengan banderol 9,86 lakh atau setara 203 jutaan Rupiah. Sedangkan varian ZDi dilepas dengan harga 10,60 lakh atau setara 218 jutaan Rupiah.

Nah, FYI, varian ZDi inilah yang dulu sempat dimasukkan ke Indonesia sebagai Suzuki Ertiga Diesel GX. Jadi, kalau pihak Suzuki Indonesia berencana memasukkan Suzuki Ertiga 1.5 Diesel, bisa jadi varian ini yang bakal diboyong lagi, dan kalian bisa perkirakan berapa harganya. Oiya, diatas varian ini masih ada varian Zdi+ yang dibanderol 11,20 lakh atau setara 231 jutaan Rupiah. Sayangnya, hingga saat ini belum ada informasi terkait kemunculan transmisi otomatis untuk Suzuki Ertiga 1.5 Diesel, namun peluangnya kali ini jelas lebih terbuka karena mesin yang digunakan mobil ini adalah mesin milik Suzuki sendiri, jadi nggak rugi kan kalau develop transmisi otomatis untuk mesin mereka sendiri.

Jadi, bagaimana menurut kalian terkait sosok Suzuki Ertiga 1.5 Diesel ini?? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: