Maruti Suzuki Berniat Hadirkann Mobil Listrik Berbasis Suzuki Ertiga

Maruti Suzuki Berniat Hadirkann Mobil Listrik Berbasis Suzuki Ertiga
0  komentar

AutonetMagz.com – Berkembangnya era elektrifikasi di dunia otomotif jaman now memang membuat beberapa pabrikan berlomba untuk mengembangkan mobil listrik mereka masing – masing. Nah, salah satu pabrikan yang baru – baru ini dikabarkan serius untuk terjun di segmen mobil listrik adalah Suzuki, namun melalui salah satu cabang terbesarnya yaitu Maruti Suzuki India. Dan menariknya, produk yang akan dibuat menjadi mobil listrik ternyata menggunakan basis dari mobil yang cukup akrab dengan kita.

Mengutip dari laman Livemint, pihak Maruti Suzuki kabarnya tertarik untuk membuat sebuah mobil listrik dengan basis Suzuki Ertiga. Nah, mobil listrik ini sendiri akan menjadi mobil listrik murni, jadi bukan PHEV apalagi Hybrid. Patut kalian garis bawahi, mobil ini tidak akan serta merta menjadi sebuah Suzuki Ertiga versi EV, karena mobil ini hanya memanfaatkan basis dari Suzuki Ertiga. Jadi, bisa saja pihak Maruti bakal memberikan perbedaan signifikan secara desain pada mobil ini nantinya. Hal ini juga sangat masuk akal untuk memberikan diferensiasi pada produk ini sehingga mudah dikenali di jalan.

Apalagi, pihak Suzuki sendiri sejatinya sudah memiliki cukup modal untuk membangun produk ini. Kok bisa? Pertama, Suzuki sudah berpartner dengan Toyota untuk mengembangkan mobil listrik murah di India yang juga akan dijual secara internasional. Kedua, pihak Maruti Suzuki juga sudah bersepakat bersama dengan Toshiba dan Denso untuk memproduksi baterai lithium ion di Gujarat. Jadi, secara tak langsung, sejatinya pihak Suzuki sudah cukup ‘well prepared’ untuk membangun mobil listrik di pasar India.

Nah, jikalau mobil listrik berbasis Suzuki Ertiga ini diproduksi. bukannya tidak mungkin produk tersebut juga akan dibawa ke Indonesia, asalkan regulasi LCEV di sini sudah kelar. Apalagi, di tanah air juga terpantau adanya pergerakan dari pabrikan otomotif untuk berlomba menjadi yang nomor 1 dalam hal elektrifikasi kendaraan bermotor. Toyota Sienta Hybrid, dan MPV Konsep Hybrid dari Daihatsu menjadi kabar terhangat yang siap meramaikan publik di tanah air. Jadi, kita tunggu saja bagaimana nanti eksekusi dari Maruti Suzuki terhadap mobil listrik berbasis Suzuki Ertiga ini.

Kalau menurut kalian bagaimana? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: