Di Tengah Pandemi, Suzuki Berhasil Tingkatkan Pangsa Pasar!

Di Tengah Pandemi, Suzuki Berhasil Tingkatkan Pangsa Pasar!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau mau mengingat bagaimana perjalanan otomotif di Indonesia dalam 1 tahun terakhir, maka sebenarnya hanya 1 kata yang bisa menggambarkan, yaitu Suram. Yap, pandemi COVID-19 telah membuat industri otomotif terjun bebas, dan harus berjuang untuk bisa survive. Namun, semesta ternyata tidak hanya memberikan hal buruk saja di tengah pandemi, karena ada sejumlah hasil positif lain yang bisa diraih dalam masa sulit. Salah satunya adalah capaian yang berhasil diraih oleh Suzuki Indonesia.

Pangsa Pasar Justru Naik

Jadi, sepanjang tahun 2020 silam, Suzuki berhasil mencatatkan penjualan secara wholesales di angka 66.130 unit. Angka ini memang jauh dibandingkan capaian Suzuki di tahun 2019 silam, namun secara marketshare, capaian ini berbicara beda. Secara wholesales nasional, Suzuki berhasil meraih marketshare di angka 12,4%. Angka ini ternyata naik 2,7% kalau dibandingkan di tahun 2019. Sedangkan penjualan secara retail mencapai 72.389 unit, atau secara marketshare ada di angka 12,5%. Kali ini, penjualan retail Suzuki juga mengalami kenaikan sebesar 2,66% secara marketshare. Artinya, konsumen Suzuki bertambah di masa pandemi ini.

Oiya, sepanjang 2020 silam, produk Suzuki yang laris adalah unit yang dirakit di dalam negeri. Contohnya adalah Suzuki Ertiga, Suzuki XL7, dan Suzuki Carry PU. Dari seluruh penjualan, sektor komersial masih menjadi tulang punggung Suzuki. Suzuki Carry PickUpmencatatkan penjualan sebesar 40.697 unit secara retail. Capaian ini membuat Suzuki Carry menguasai 61% pangsa pasar low pickup di Indonesia. Setelahnya, ada Suzuki XL7 yang notabene adalah produk baru Suzuki sebelum pandemi. Suzuki XL7 berhasil menyumbang 12,1% dari total retail sales, dan diikuti oleh Suzuki Ertiga dengan sumbangsih 10,6% dalam hal retail sales.

Kado 50 Anniversary

“Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari semua pihak selama tahun 2020 lalu sehingga kami dapat mempertahankan performa meski industri otomotif mengalami kontraksi. Peningkatan pangsa pasar mobil Suzuki tahun lalu juga menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan Suzuki yang tinggi. Kami akan terus menghadirkan produk-produk berkualitas dan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” ujar Dony Saputra, 4w Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Capaian ini menjadi penyemangat di kala susah selama pandemi, sekaligus menjadi sebuah kado spesial bagi Suzuki. Tentu kalian ingat bahwa tahun lalu adalah ulang tahun ke 50 Suzuki di Indonesia.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: