Suksesor Suzuki Karimun Wagon R Hadir Paling Cepat Tahun 2020

Suksesor Suzuki Karimun Wagon R Hadir Paling Cepat Tahun 2020
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan bocoran dokumen dari Suzuki Indomobil yang kami bahas kemarin? Yap, di dalam dokumen tersebut terlihat bahwa ada beberapa rencana produk dari Suzuki di Indonesia. Perihal All New Suzuki Carry dan SUV baru berbasis Suzuki Ertiga sudah kami kupas di artikel terpisah. Nah, kini giliran suksesor dari Suzuki Karimun Wagon R yang dijual di Indonesia. Kebetulan, di India juga baru saja diluncurkan Suzuki Wagon R generasi terbaru. Apakah mobil ini yang nantinya menjadi suksesor Suzuki Karimun Wagon R? Yuk kita bahas.

Kami tak akan banyak membahas perkara eksterior mobil ini, karena pada dasarnya bentuknya sudah bocor sejak awal bulan Januari 2019 ini. Dari sisi depan, bentuknya masih membawa ciri khas Suzuki Wagon R yang kita kenal dengan nama Karimun, yaitu mengotak, dengan lampu besar yang menjadi ciri khasnya. Ke sisi samping, mobil ini kini terlihat lebih bongsor, tetap dengan atap tinggi, dan aksen ala floating roof di pilar C. Sisi belakang jadi ubahan paling drastis di mobil ini dengan lampu panjang di pilar bak lampu Mitsubishi Pajero Sport namun dibalik. Walau banyak perdebatan di sisi eksterior, di interior, ubahannya tergolong positif.

Dengan skema dualtone, tatanan interior dari Suzuki Wagon R terbaru berubah total. Layar HU-nya baru, dengan layar sentuh yang terkesan lebih wow walaupun housing-nya terlihat menonjol. Kontroler AC basa saja, dan setir menggunakan milik Suzuki Ignis dengan audio steering switch. Yang menarik, posisi tuas persneling dibuat agak tinggi di konsol tengah dan menyatu secara desain dengan dashboard. Desain semacam ini mengingatkan kita pada jajaran mobil Van mevvah ataupun Honda CR-V sejak generasi ketiga. Nah, untuk mesin, ada opsi baru mesin 1.200cc milik Suzuki Ignis dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan AMT dengan jumlah percepatan yang sama.

Lantas, dengan dimunculkannya All New Suzuki Wagon R di India, maka pandangan kita seolah langsung tertuju pada pihak Suzuki Indonesia. Akankah Suzuki Indonesia segera menghadirkan produk ini? Terlepas dari suka atau tidaknya kalian pada mobil ini, ada fakta bahwa pihak Suzuki Indonesia akan menghadirkan suksesor dari Suzuki Karimun Wagon R yang kini penjualannya makin tak menyenangkan. Informasi ini merujuk pada bocoran yang kami singgung di paragraf pertama. Lalu, apakah mobil inilah yang akan dijadikan suksesor dari Suzuki Karimun Wagon R? Bisa iya, namun bisa juga tidak, menurut kami.

Mengacu pada dokumen tersebut, dan juga fakta, ada beberapa opsi yang mungkin terjadi. Opsi 1, Suzuki Wagon R terbaru di India akan menjadi Suzuki Karimun Wagon R terbaru di Indonesia pada 2020 mendatang. Opsi 2, pihak Suzuki memiliki kans untuk menghadirkan Suzuki Alto terbaru versi India yang akan muncul di akhir tahun 2019 ini dengan bentuk ala crossover mini, dan menempatkannya di bawah Suzuki Ignis. Opsi 3, generasi terbaru Suzuki Celerio yang akan hadir di 2020 bisa saja menggeser Suzuki Karimun Wagon R di kelas ini. Yang menarik, pihak Suzuki juga mempertahankan impor Suzuki Ignis, namun dikurangi dari 39 ribu unit menjadi 18 ribu unit. Kenapa ya?

Nah, namun semua kemungkinan masih sangat bisa terjadi, dan semuanya ada di tangan Suzuki Indonesia. Jadi, bagaimana kalau menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: