Mitsubishi Buka Peluang Xpander Bermesin 1.300cc

Mitsubishi Buka Peluang Xpander Bermesin 1.300cc
0  komentar

AutonetMagz.com – Perbedaan mesin antara kubikasi 1.300cc dan 1.500cc memang cukup kecil. Bahkan MPV dengan kedua varian mesin ini masuk dalam satu segmen yang sama, yaitu LMPV. Namun fakta memang tak bisa dibohongi, bahwa varian mesin 1.300cc memiliki keunggulan sendiri, dan fakta lain yang kami ungkap yang sempat didebat banyak orang di artikel sebelumnya adalah fakta bahwa wholesales dari Toyota Avanza didominasi oleh varian 1.300cc. Nah, melihat peluang bisnis dengan mesin 1.300cc, pihak Mitsubishi pun tertarik.

Yap, MMKSI selaku APM dari Mitsubishi di Indonesia juga tertarik dengan varian mesin 1.300cc untuk LMPV andalannya, Mitsubishi Xpander. Hal ini disampaikan oleh Head of Sales & Marketing MMKSI, Imam Choeru, seperti yang kami kutip via CNN Indonesia. Nah, Imam menyebutkan bahwa saat ini pihaknya sedang menginformasikan kepada prinsipal di Jepang perihal kondisi pasar di Indonesia, termasuk adanya peluang untuk menggarap pasar dengan mesin 1.300cc. Imam menyebutkan saat ini pihaknya juga tengah melakukan studi mengenai kemungkinan munculnya Mitsubishi Xpander 1.3 di masa yang akan datang.

Namun, walaupun peluang terbuka, Imam juga menyebutkan bahwa semuanya akan ditentukan oleh Prinsipal Mitsubishi. Sejauh ini, belum ada respon dari Prinsipal Mitsubishi terkait mesin 1.300cc untuk Mitsubishi Xpander. Imam juga menyebutkan data bahwa Mitsubishi Xpander sukses membukukan pangsa pasar di segmen LMPV 1.500cc mencapai 45%. Sedangkan pesaingnya, yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia menurut Imam mendapatkan lebih banyak penjualan di segmen mesin 1.300cc-nya. Dan hal ini juga sudah kami ungkap sekitar satu bulan yang lalu. Oiya, kalau mau lihat artikelnya bisa klik disini.

Nah, yang menarik, kala itu cukup banyak yang menyebutkan bahwa kami mendiskreditkan Toyota Avanza dengan membahas capaian mesin 1.300cc yang unggul jauh dari varian 1.500cc-nya. Namun, justru saat ini pihak Mitsubishi jelas – jelas tertarik dengan segmen 1.300cc. Oleh karenanya, kami pun masih berkesimpulan sama, walaupun mesin 1.300cc dan 1.500cc berada dalam satu segmen yang sama, namun keduanya punya karakter pasar, keunggulan dan konsumen yang berbeda. Kalau sama, tentu diferensiasi tidak akan diberikan pada duet LMPV Astra, pun begitu dengan niatan dari Mitsubishi terjun dengan mesin ini.

Akhir kata, kami berharap pihak Mitsubishi bisa memberikan opsi lain dengan varian 1.300cc, jika disetujui oleh prisipalnya. Dan baik Toyota Avanza maupun Mitsubishi Xpander punya keunggulan di segmen yang dihuninya. So, sudahi saja berdebatnya, kawan. Biar yang bersaing para pabrikan saja ya.

Read Prev:
Read Next: