Suzuki Swift Stop Distribusi, Siapkan Kedatangan Baleno?

by  in Berita&International
Suzuki Swift Stop Distribusi, Siapkan Kedatangan Baleno?
0  komentar

AutonetMagz.com – Segmen small hatchback memang adalah kelas yang cukup menarik, walau secara penjualan tak fantastis seperti segmen LCGC dan LMPV, namun persaingan di kelas ini cukup ketat karena hampir semua merk bermain di kelas ini. Dan sejauh ini juara satu dan dua memang masih di dominasi Honda Jazz dan Toyota Yaris, namun produk pabrikan lain masih punya kans mengganggu mereka berdua.

Salah satu yang cukup memiliki kans sebenarnya adalah Suzuki Swift. Mobil yang pertama diluncurkan pada 2012 lalu ini memiliki beberapa kelebihan di sisi fitur seperti smart key, AC Digital, dan beberapa fitur lainnya. Pengendaraan mobil ini pun lumayan baik walau memang bukan yang terbaik di kelasnya, dan sesungguhnya yang cukup menarik adalah varian Suzuki Swift Sport yang sayangnya hanya bertahan sebentar di tanah air. Nah, bicara Suzuki Swift, mobil ini sudah berumur 5 tahun, dan generasi terbarunya sudah dirilis secara global. Tentu sudah saatnya mobil ini berganti model.

Senada dengan hal tersebut, ternyata distribusi Suzuki Swift sudah dihentikan oleh pihak PT Suzuki Indomobil Sales sejak bulan April 2017 lalu. Dan praktis, setelah saat itu berarti Suzuki Swift yang dijual merupakan sisa stok yang ada di gudang maupun di masing – masing dealer Suzuki. Namun jikaanda berharap bahwa Suzuki Swift generasi terbaru akan segera dirilis, sepertinya anda perlu bersabar lagi. Memang kemungkinan tersebut jelas ada, namun pergerakan ke arah sana belum termonitor dalam waktu dekat. Atau setidaknya hingga akhir tahun maupun awal tahun 2018 mendatang.

Nah, kalau bukan masalah rilis Suzuki Swift generasi terbaru, lalu mengapa Suzuki Swift generasi yang ada saat ini dihentikan distribusinya? Jawabannya ada di dalam diri Suzuki Baleno Hatchback. Suzuki Swift dan Suzuki Baleno Hatchback berada di segmen yang sama sehingga bisa dipastikan bahwa konsumen tentu akan bingung jika harus memilih satu diantara dua produk ini. Bisa jadi dihentikannya distribusi Suzuki Swift adalah menyambut kehadiran dari Suzuki Baleno Hatchback yang unitnya sudah termonitor ada di Tanjung Priok dan bahkan sudah diangkut truk.

Tentu kehadiran Suzuki Baleno Hatchback seolah menjadi angin segar dan tentunya tantangan baru pada para pesaingnya di kelash small hatchback. Suzuki Swift sendiri sebenarnya masih belum mampu bersaing dengan Toyota Yaris dan juga Honda Jazz, karena secara penjualan, Suzuki Swift agak keteteran. Suzuki Swift hanya mencatat penjualan sebanyak 47 unit di Bulan Januari 2017, lalu 4 unit di Februari 2017, dan 41 unit saja di Maret 2017. Sedangkan tahun lalu secara total Suzuki Swift sendiri hanya mencatat 844 unit yang laku, kalah jauh dengan Honda Jazz yang mencapai 8.300-an unit dan juga Toyota Yaris yang mencapai 7.500-an unit.

Tentu opsi memberikan Suzuki Baleno Hatchback kesempatan untuk melawan kedua pesaing tersebut cukup layak dilakukan. Bagaimana menurut kalian? Sampaikan komentar kalian ya.

Read Prev:
Read Next: