Sinyal Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Hybrid Mencuat!

Sinyal Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Hybrid Mencuat!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pertama kali meluncur di Jepang, duet Toyota Raize dan Daihatsu Rocky langsung mencuri perhatian kami saat berkunjung ke Tokyo Motor Show 2019. Kami pikir dua mobil kembar ini sangat cocok untuk pasar Indonesia. Benar saja, saat Daihatsu Rocky dan Toyota Raize resmi meluncur di Indonesia, peminatnya banyak sekali. Keringanan pajak pun membuat daya pikat keduanya jauh lebih kuat lagi.

Saat ini, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky muncul dengan pilihan mesin 1.000 cc 3 silinder turbo, dan varian bermesin 1.200 cc 3 silinder berkode WA-VE akan menyusul di kemudian hari. Nah, rupanya nanti pilihan mesin Rocky dan Raize tidak terbatas hanya pada mesin turbo atau non turbo, namun akan ditambah varian hybrid. Betul sekali, dua mini SUV ini akan mendapat mesin hybrid dan akan meluncur dalam waktu dekat.

Pakai Mesin 1.000 cc Ditambah Motor Listrik

Menurut warta yang berasal dari MagX Jepang, Toyota dan Daihatsu sudah mendaftarkan paten nama sistem hybrid untuk Rocky dan Raize. Nama sistem hybrid yang dibahas ini adalah e-Smart, didaftarkan oleh Daihatsu pada 25 September 2020 dan nampaknya akan dipakai dalam waktu dekat. Berhubung Toyota sudah punya paten Hybrid Synergy Drive, nampaknya e-Smart ini memang buatan Daihatsu.

Belum diketahui bagaimana spek mesin hybrid untuk Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Tenaga, torsi, bahkan konsumsi bensinnya belum diketahui. Kemungkinan besar Daihatsu Rocky hybrid dan Toyota Raize hybrid akan mengawinkan mesin 1.000 cc 3 silinder non turbo dengan pasangan baterai dan motor listrik, lalu dikawinkan dengan transmisi CVT. Sistem hybrid ini kemungkinan mirip dengan Toyota Corolla Cross hybrid, jadi tidak perlu dicolok ke listrik PLN.

Sekalian Minor Change Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Selain peluncuran varian hybrid baru yang akan fokus ke konsumsi bensin yang lebih irit, nampaknya Toyota dan Daihatsu juga sekalian ingin sedikit menyegarkan produk mereka. Masih menurut sumber yang sama, akan ada sedikit perubahan di bodi serta interior Raize dan Rocky saat varian hybrid diperkenalkan. Padahal kedua mobil ini masih relatif hangat dari oven, sudah mau minor change saja ya…

Prediksi jadwal produksi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky hybrid adalah sekitar tanggal 18 Oktober 2021, sementara peluncuran resminya dilakukan tanggal 1 November 2021. Jika memang sudah meluncur, maka keduanya akan jadi mobil pertama dan kedua di kelasnya yang memakai sistem hybrid. Bagaimana konsumen Indonesia? Mobil hybrid punya keunggulan di konsumsi bensin yang irit, jadi apakah tertarik jika ada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bermesin hybrid di Indonesia? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: