Toyota Vios Facelift Malaysia Dapat VSC, CVT dan Dual VVT-i

Toyota Vios Facelift Malaysia Dapat VSC, CVT dan Dual VVT-i
0  komentar

AutonetMagz.com – Tidak perlu menunggu lama-lama amat rupanya untuk menunggu Toyota Vios facelift meluncur di Malaysia setelah bocorannya muncul kemarin. Sama seperti apa yang dilakukan Toyota kepada Grand New avanza dan Grand New Veloz, ubahannya kali ini cukup menyeluruh, karena mencakup hingga ke mesin, transmisi dan fitur keselamatan. Tumben mereka niatnya tinggi untuk mobil yang statusnya facelift.

Di Malaysia, sekarang Toyota Vios facelift punya tipe GX, tipe baru di atas tipe J, E dan G, namun masih di bawah TRD Sportivo. Tipe GX ini berhak atas body kit baru, smoked projector headlamp (namun tetap bohlam halogen), pelek two tone baru dan kombinasi interior black-tan. Untuk varian TRD Sportivo, trim eksterior diberikan detail werna hitam, desain pelek yang berbeda, body kit spesial, lapisan kulit hitam dengan jahitan merah di interior serta grafis panel instrumen yang beda.

toyota-vios-facelift-gx-front

Justru Toyota Vios facelift menampakkan upgrade di tipe terendah lebih signifikan. Di varian termurah, konsumennya sudah dapat foglamp belakang, keyless entry, start-stop button, head unit double DIN dan 4 bluetooth. Naik sedikit ke tipe E atau G, dapat ekstra foglamp depan, spion elektrik dengan lampu sein, armrest belakang dengan cup holder, jok terpisah 60:40 dan kamera parkir yang kini jadi standar.

toyota-vios-facelift-gx-rear

Mesin Toyota Vios facelift kini berkode 2NR-FE, bukan lagi 1NZ-FE. Meski kapasitasnya sama-sama 1.500 cc 4 silinder, sudah Dual VVT-i pula, tapi pemiliknya nanti harus puas dengan tenaga 107 PS di 6.000 rpm dan torsi 140 Nm di 4.200 rpm, alias turun 2 PS dan 1 Nm dibanding Toyota Vios sebelum facelift. Tidak ada lagi transmisi otomatis 4 percepatan, yang ada hanya CVT yang sepertinya mirip dengan kepunyaan Toyota Sienta.

toyota-vios-facelift-trd-sportivo-rear

Namun ada kemajuan di fitur keselamatan. Tidak, jumlah airbag tidak bertambah, tetap 2 kok. Untung ABS dan EBD juga tetap ada, namun semua varian Toyota Vios facelift sudah punya Vehicle Stability Control (VSC) sebagai standar. Hm, mungkin Toyota melakukan ini supaya memperbesar kemungkinan Vios dapat 5 bintang di Asean NCAP, karena mobil yang tidak punya stability control maksimal hanya dapat 4 bintang saja di sana, tapi bagus sudah ada VSC. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: