Toyota Rakit Lokal Baterai Yaris Cross di Indonesia, TKDN Tembus 80%

by  in  Berita & Merek Mobil & Mobil Baru
Toyota Rakit Lokal Baterai Yaris Cross di Indonesia, TKDN Tembus 80%
0  komentar

AutonetMagz.com – Hadirnya Toyota Yaris Cross di Indonesia merupakan sebuah milestone yang penting bagi Toyota, baik Toyota Astra Motor (TAM) dan terlebih lagi bagi Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Toyota Yaris Cross adalah produk hybrid kedua yang diproduksi oleh TMMIN, dan kali ini SUV bertenaga setrum ini memiliki TKDN yang angkanya cukup tinggi, yaitu mencapai 80%. Lho, kok bisa TKDN Toyota Yaris Cross mencapai angka setinggi itu? Apakah baterai mobil ini juga dirakit lokal? Dan jawabannya adalah, iya. Yuk kita bahas.

Rakit Lokal Baterai & Mesin Hybrid

Jadi, produksi Toyota Yaris Cross adalah momen penting bagi Toyota, dimana capaian ini merupakan buah dari investasi senilai 2,5 triliun yang telah mereka tanamkan di Indonesia. Dan di mobil elektrifikasi kedua rakitan lokal ini, Toyota telah memproduksi lokal baterai di Indonesia. Secara terpisah, Toyota memproduksi baterai Toyota Yaris Cross di pabrik TMMIN Karawang 2, sedangkan mesin Toyota Yaris Cross diproduksi di pabrik TMMIN Karawang 3. Ini juga sekaligus bukti bahwa Toyota telah mampu memproduksi 2 komponen krusial dari kendaraan Hybrid secara lokal di Indonesia, yang mana belum bisa dilakukan brand lain di Tanah Air.

Produksi lokal Yaris Cross, termasuk baterai dan mesin, menjadi bentuk kontribusi kami untuk terus meningkatkan kedalaman industri dalam negeri khususnya dalam meningkatkan jumlah rantai pasok lokal yang terlibat. Dengan memproduksi Yaris Cross, kami menambah hingga 12 supplier baru sehingga total 116 supplier turut menyumbangkan nilai kandungan lokal hingga 80%“, ujar Bob Azam, Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN. Capaian TKDN 80% sendiri bukanlah hal yang sepele, karena bahkan banyak mobil rakitan lokal non hybrid yang belum mencapai angka tersebut. Sehingga, nampak jelas bahwa Toyota Indonesia sangat serius dengan Toyota Yaris Cross.

Tak Kalah Dengan Thailand

Dengan diproduksinya Toyota Yaris Cross bermesin hybrid di Indonesia, maka TMMIN mengukuhkan Indonesia sebagai basis penting Toyota di bidang elektrifikasi. Selama ini, memang Thailand yang selalu dianggap menjadi basis elektrifikasi yang penting bagi Toyota. Namun, kini Indonesia bisa berkata lebih dengan capaian TMMIN. Selain Toyota Yaris Cross Hybrid, TMMIN juga telah merakit lokal Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang menggunakan teknologi Toyota Hybrid System generasi terbaru. Dengan pembuktian 2 produk hybrid ini, nampaknya kami yakin ke depannya Toyota Indonesia akan lebih banyak bermain di segmen elektrifikasi. Kita tunggu saja Toyota Veloz Hybrid, kalau jadi.

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: