Perang Segmen Small Hatchback, Suzuki Baleno Salip Toyota Yaris

by  in Berita&Honda&Hyundai
Perang Segmen Small Hatchback, Suzuki Baleno Salip Toyota Yaris
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah sebelumnya kita membahas segmen LMPV yang punya persaingan sangat ketat, kita beralih ke segmen yang juga tak kalah seru, yaitu segmen small hatchback. Seperti yang kita tahu, salah satu kontestannya yaitu Suzuki Swift sudah terdiskualifikasi sementara dari segmen ini, dan digantikan oleh Suzuki Baleno.

Berdasarkan data wholesales dari Gaikindo selama Bulan November kemarin, terlihat bahwa persaingan di segmen ini  memang masih menyertakan tiga merk besar asal Jepang, yaitu Honda, Toyota, dan juga Suzuki. Kontestan lain seperti Mazda, KIA, VW dan Hyundai pun masih turut berpartisipasi, namun secara angka penjualan tak mencolok seperti tiga pabrikan yang kami sebutkan di awal. Oke, langsung saja, pemuncak dari segmen small hatchback adalah Honda Jazz GK5. Sebenarnya hal ini sudah bisa ditebak, karena sejak kemunculannya di pasar Indonesia lebih dari sedekade lalu, Honda Jazz langsung menjelma menjadi figur small hatchback yang disukai konsumen Indonesia.

Beralih ke posisi kedua, mungkin ada yang masih yakin bahwa Toyota Yaris ada di posisi ini, karena memang Yaris adalah seteru abadi dari Honda Jazz. Namun kenyataan berkata lain, karena sekarang Suzuki Baleno hatchback-lah yang menempati posisi runner up. Yap, Suzuki Baleno hatchback menggeser Toyota Yaris dengan perolehan angka 659 unit, sedangkan Toyota Yaris bercokol di peringkat ketiga dengan angka 616 unit. Keduanya masih kesusahan mengejar perolehan angka Honda Jazz yang ada di angka 1.069 unit. Posisi selanjutnya jatuh pada Mazda 2 yang notabene menjadi salah satu small hatchback termahal saat ini, dengan angka penjualan mencapai 103 unit.

Jelas, sisanya adalah KIA Rio, VW Polo, dan Hyundai i20. KIA dengan KIA Rio generasi terbarunya berhasil mencatatkan angka 30 unit saja di bulan November 2017 ini, namun masih kalah dengan Volkswagen yang berhasil membuat VW Polo mencatatkan angka 34 unit. Untuk posisi akhir adalah Hyundai i20 yang hanya mencatatkan angka penjualan wholesales di angka 10 unit saja di bulan lalu. Tentunya fakta bahwa Toyota Yaris sudah mulai diancam oleh eksistensi Suzuki Baleno membuktikan bahwa keyakinan pihak SIS akan jagoan barunya yang ekonomis ini bisa dikatakan benar, lalu bagaimana dengan nasib Suzuki Swift? Makin tak jelas.

Oiya, diantara penjualan small hatchback, ada beberap data mengenai medium hatchback yang dijual di Indonesia, dimana Honda Civic Turbo bisa mencatatkan angka 204 unit di bulan November lalu, dan Mini Cooper dengan 43 unit. Jadi, bagaimana menurut kalian peta persaingan small hatchback di Indonesia? Sampaikan pendapat kalian ya kawan.

Read Prev:
Read Next: