Sejumlah Agenda Yang Tertunda Karena Covid19 : MotoGP & Sejumlah Motor Show

by  in Berita&International&MotoGP
Sejumlah Agenda Yang Tertunda Karena Covid19 : MotoGP & Sejumlah Motor Show
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya kami sudah mengabarkan bahwa pihak penyelenggara gelaran akbar Geneva International Motor Show 2020 dengan berat hati harus membatalkan acara tahunan tersebut. Alasannya sudah tertebak, karena Pemerintah Swiss melarang pertemuan dengan jumlah masif karena adanya resiko penyebaran virus Corona. Nah, ternyata Geneva International Motor Show bukanlah satu – satunya gelaran yang harus mundur pasca adanya resiko penyebaran Virus Corona (Covid19). Ada sejumlah acara yang batal atau diundur karena resiko ini.

Yang pertama adalah seri pertama dari MotoGP 2020 yang sedianya akan digelar di Losail Circuit, Qatar. Awalnya, seri pertama dan pembuka dari MotoGP musim 2020 ini akan digelar pada akhir pekan ini, namun Dorna dan FIM selaku penyelenggara MotoGP menyebutkan bahwa pihaknya akan mengatur ulang jadwal penyelenggaraan MotoGP, Moto2, dan Moto3. Selain GP Qatar, seri MotoGP di Buriram, Thailand juga harus ditunda. Seri ini sedianya akan digelar pada tanggal 20 hingga 21 Maret 2020 mendatang. Keputusan ini disampaikan langsung oleh wakil menteri kesehatan publik Thailand, Anutin Charnvirakul. Jadwal MotoGP di Buriram sendiri cukup dengan dengan pelaksanaan Bangkok International Motor Show 2020.

Beijing Motor Show

Namun, untuk penyelenggara Bangkok International Motor Show sendiri masih belum memberikan pernyataan mengenai kepastian berlangsungnya acara ini. Jika mengacu pada jadwal, BIMS 2020 akan menggelar press conference pada tanggal 5 Maret 2020 mendatang. Ajang lain yang terkena dampak penundaan adalah Beijing Motor Show 2020. Ajang ini awalnya akan dihelat pada tanggal 21 hingga 30 April 2020 mendatang. China Council Promotion of International Trade (CCPIT AUTO) selaku penyelenggara gelaran ini menyebutkan bahwa pihaknya akan segera menentukan tanggal pelaksanaan baru dari ajang ini. Beijing Motor Show sendiri merupakan salah satu gelaran penting di industri otomotif China.

Tanggal Baru Malaysia Autoshow 2020

Selain Beijing Motor Show 2020 dan Geneva International Motor Show 2020, ajang otomotif lain yang juga terdampak resiko penyebaran Covid19 adalah Malaysia Autoshow 2020 yang sedianya digelar pada tanggal 9 April 2020 hingga 12 April 2020 di Malaysia Agro Exposition Park. Gelaran ini harus ditunda hingga bulan Juli 2020 mendatang demi menghindari resiko yang sama. Di Indonesia sendiri, khususnya di Jakarta dimana ditemukan 2 penderita Covid19, akan ada 2 gelaran besar dalam tempo 1 – 2 bulan ke depan. Pertama adalah GIICOMVEC 2020 yang akan dihelat weekend ini, dan IIMS 2020 di bulan April.

Gubernur Jakarta, Anies Baswedan menyebutkan pihaknya tidak akan mengeluarkan izin keramaian baru untuk acara dengan jumlah peserta besar. Anies juga menyatakan akan me-review izin yang sudah diterbitkan. Sayangnya belum ada informasi hingga kapan kebijakan ini akan berlaku. Jadi, bagaimana kalau menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: