Dorna Sports Resmikan FIM MotoE World Cup!

Dorna Sports Resmikan FIM MotoE World Cup!
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam industri otomotif, peralihan mesin berbahan bakar ke mesin bertenaga listrik kini sedang ramai diperbincangkan, dan tak hanya itu, beberapa pabrikan sudah menyusun strategi mereka untuk beradaptasi pada tenaga masa depan tersebut. Nah, tak hanya di industri otomotif saja, di arena balap pun elektrivikasi juga terjadi, salah satunya di ajang balap roda dua.

Dorna Sports yang menjadi promotor untuk FIM MotoGP pada hari Selasa 6 Februari 2018 lalu akhirnya meresmikan FIM MotoE World Cup sebagai ajang balap motor listrik di bawah naungannya. Acara peluncuran yang mengambil lokasi di Roma, Italia ini sendiri juga mengumumkan sponsor utama dari FIM MotoE yaitu Perusahaan Energi Enel. Ajang balam FIM MotoE sendiri belum akan dimulai tahun 2018 ini, melainkan tahun depan. Nah, tentunya kalian penasaran kan unit motor apa yang akan digunakan di FIM MotoE, motor tersebut adalah Energica Ego. FIM MotoE sendiri akan diikuti oleh 18 peserta yang terdiri dalam 11 tim di paddock grand prix.

Yap, kalian akan melihat tim – tim kelas kakap yang sudah ada di FIM MotoGP juga berpartisipasi di gelaran FIM MotoE ini. Tim – tim tersebut antara lain adalah Tech3, LCR, Marc VDS, Pramac, Avintia, Angel Nieto, dan juga Gresini. Masing – masing dari tim tersebut akan menurunkan dua motor, sementara itu masih akan ada empat tim lain yang masing – masing akan diambil dari kelas Moto2 dan juga Moto3. Tim yang berasal dari Moto2 dan Moto3 sendiri masing – masing akan menjalankan satu motor saja.

Dikutip dari Motorsport Indonesia, CEO Dorna Sports yaitu Carmelo Ezpeleta mengungkapkan bahwa pihak Dorna Sports bersama dengan FIM sangat senang bisa melangkah maju ke dunia mobilitas bertenaga listrik. Menurutnya, hal ini adalah sebuah opsi yang dianggap sebagai jalan paralel untuk beradaptasi dengan masa depan. Jadwal balapan dari FIM MotoE sendiri masih belum bisa dikonfirmasi, namun yang pasti akan ada lima seri balapan yang diadakan di benua Eropa. Dan yang jelas, persaingan di arena balap tentunya akan semakin seru, karena selain menggunakan motor yang sama, kita juga tahu bahwa motor listrik punya potensi yang luar biasa.

Yap, motor listrik punya karakter torsi yang liner dari putaran 0 rpm, jadi torsi puncak bisa didapatkan langsung saat pembalap memutar pedal gas. Menarik? Yap, jelas, kita akan melihat bagaimana kencangnya motor – motor listrik diadu dengan desingan suara khas motor listrik dan tanpa suara yang memekakan telinga. Bagaimana kalau menurut kalian?

Sumber Foto : Motorsport

Read Prev:
Read Next: