Honda Civic 2016 Akhirnya Menyapa Thailand, Ini Dia Spesifikasinya

Honda Civic 2016 Akhirnya Menyapa Thailand, Ini Dia Spesifikasinya
0  komentar
honda civic 2016 thailand

AutonetMagz.com – “Halo, Pasar Asean”, seperti itulah kira-kira saat kami mendengar bahwa Honda Civic 2016 yang sudah bermesin VTEC Turbo diluncurkan di Thailand. Civic versi Thailand merupakan unit rakitan pabrik Honda di Prachinburi, Thailand, dan akan diekspor ke negara lain termasuk Indonesia. Jadi, kalau Civic 2016 jadi masuk sini, pasti dijual secara CBU Thailand. Di sana, Civic ditawarkan dengan 2 pilihan mesin, 1.800 cc non-turbo dan 1.500 cc turbo.

Lah, kok tidak ada yang 2.000 cc? Nah, itu dia, khusus pasar Asean, Civic termurah bukan yang bermesin 2.000 cc seperti di Amerika, melainkan 1.800 cc yang sama seperti Civic FB sekarang yang bertenaga 141 hp dan bertorsi 174 Nm. Civic Thailand punya 4 varian, yakni 1.8 E, 1.8 EL, Turbo dan Turbo RS, tapi semuanya dipasangkan dengan transmisi CVT. Tidak ada informasi soal transmisi manual untuk Civic spek Thailand.

varian honda civic 2016

Padahal saya ingin menikmati mesin 1.500 cc turbonya yang disebut-sebut nikmat sekali, karena tenaganya bisa mencapai 173 hp dan torsinya 220 Nm, apalagi Honda global berjanji akan menyiapkan Civic Turbo dengan transmisi manual 6 percepatan. Ah sudahlah, semoga tenaga dan torsi itu bisa mengobati kekecewaan bagi yang menyayangkan penggunaan transmisi CVT, apalagi konon CVT-nya sudah berteknologi EarthDreams dan bisa dioperasikan manual via paddle shift.

Tidak ada yang berubah secara signifikan antara Civic Amerika dan Civic Thailand secara penampilan. Masih sama cakepnya, meski buat beberapa orang desain belakang ala fastback-nya bakal menuai debat kusir, tapi overall sangat bagus, jauh lebih bagus daripada Civic FB yang sangat standar. Kelengkapan standar Civic 1.8 E adalah lampu rem LED, DRL LED dan pelek 16 inci, tapi kalau naik sedikit ke tipe 1.8 EL, dapat ekstra lampu kabut dan handle pintu chrome.

honda civic 2016 thailand side

Untuk yang varian Turbo, ukuran peleknya naik jadi 17 inci dan diberikan knalpot ganda yang berfungsi dua-duanya, tidak pincang seperti mobil modif ABG yang kekurangan modal di mana ada 2 lubang knalpot, tapi hanya 1 yang berfungsi. Varian termahal Turbo RS kian komplit dengan lampu full LED seperti Honda CR-Z facelift, lampu kabut LED, bumper depan dan gril yang lebih sporty dan spoiler belakang. Terakhir kali kami kenal, sedan sekelasnya yang sudah punya spoiler belakang standar adalah Mitsubishi Lancer EX.

Semua varian Civic sudah punya keyless entry dan tombol start sebagai fasilitas bawaan, diiringi dengan hadirnya AC otomatis, setir dengan banyak tombol, rem parkir elektronik, head unit berlayar sentuh 5 inci dengan Bluetooth dan Remote Engine Start. Teknologi terakhir yang saya sebut juga ada di Accord facelift, bisa untuk menyalakan dan mematikan mobil dari jarak agak jauh. Apa ini teknologi baru tahun ini? Tidak juga sih, sebelum tahun 2000-an teknologi ini sudah ada, hanya saja memang kurang populer.

interior honda civic 2016 thailand

Itu tadi standar untuk varian 1.8 E, tapi kalau naik ke tipe EL bakal ditambah dengan cruise control, headlamp otomatis, walk away auto lock (sistem yang bisa mengunci mobil saat mendeteksi remote kunci mulai menjauh dari mobil tanpa perlu pencet remote), jok pengemudi elektrik 8-way berlapis kulit, panel instrumen TFT LCD, head unit 7 inci yang sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Siri Eyes Free, 8 speaker dan kamera parkir. Lumayan oke juga ya?

Beranjak sedikit ke yang turbo, pemiliknya nanti akan ditambahkan fitur lain berupa wiper otomatis, jok penumpang elektrik 4-way dan AC dengan dual zone climate control. Varian Turbo RS sebagai Civic termahal akan memiliki kelengkapan ekstra berupa paddle shift di setir, spion tengah dengan auto dimming, dan pedal yang lebih sporty. Untuk semua Civic, fitur safety sudah ada 2 airbags, ABS+EBD, stability control, traction control dan hill start assist, tapi hanya Civic Turbo RS yang punya 6 airbags, Honda Lane Watch dan alarm seatbelt penumpang depan.

kabin honda civic 2016 thailand

Oh ya, hampir lupa, material kabin Civic Amerika adalah soft touch di kabin depan, namun di belakang adalah plastik, tapi entah material kabin Civic Thailand juga sama, lebih bagus atau lebih parah. Berikutnya, harga jual Honda Civic 2016 di Thailand dimulai dari 869.000 Baht (321,4 juta Rupiah) untuk tipe termurah hingga 1.199.000 Baht (443,4 juta Rupiah) untuk tipe Turbo RS. Nah, melalui spek Civic Thailand ini, kita jadi bisa membayangkan kira-kira spek Indonesia bakal seperti apa nanti.

Apa opinimu mengenai Honda Civic Turbo spek Thailand ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Dio Puja Altha

    Mudah2an ga mengecewakan nantinya kalau masuk sini. Paling ga ada 6 Airbag dan pakai HU Integrated

    • Chandra W Lukamto

      HU nya menjijikan kalo ngikut HRV dan lainnya

      • reyhan apriathama

        Paling pake head unit indash tapi gabisa apple car play sm Android Auto karena fitur nya buat di Indo emg blom feasible….

        • Adhya Pradipta Jiwa

          Untuk HU Apple Car Play kebetulan saya pasang di mobil yang aftermarket Pioneer punya. Menurut saya sih udah oke jadi bisa navigasi dan mau call gampang pake voice command Siri. Kalo bisa sih dimasukin aja itung-itung orang beli mobil kan buat dipake bertahun-tahun, jadi future proofing deh.

          • reyhan apriathama

            Mau pake Android Auto…. Soalnya carplay ane gapake ipun….

      • Rafi M. P.

        Kalo HUnya gak indash, entar tombol ACnya beda lagi. Soalnya layar ACnya ada di HU. Lihat videonya HondaProJason di YouTube

  • gaps

    Why must CVT? Again? Stay for 3 pedals!

    • Astaga

      namanya juga perubahan jaman bro, lagipula ntar diprediksi tahun 2050 keatas mesin konvensional bakalan gk ada lagi, di eropa diperkirakan mobil”nya udh pake system Fuel Cell Electric / Plug In Electric…indonesia? kyknya belom deh…

      • gaps

        Bukan masalah perkembangan teknologi. Cm Civic ini kan dr dlu terkenal soal fun-to-drivenya. CVT juga bukannya buruk,cm buat diaplikasiin di Civic rasanya kok ga yakin ya..apalagi cm disediain sebagai pilihan tunggal..
        Mungkin kl-pun emg mau nyediain pilihan transmisi matic sebagai opsi satu2nya bs contoh Mazda,dia ngembangin Skyactiv sedemikian rupa. Jd semuanya dapet. Performa bagus,konsumsi BBM irit,fun-to-drive pula..

        • Zakwan Umarella

          nah iya tuh, apalagi kan kalo jarak jauh sebenernya manual bisa lebih nyaman kalo dipake cruising mengingat ini mobil sedan yg imagenya mobil nyaman lagi fun-to-drive

          *p.s : nyaman untuk kategori petrolhead??

    • Always35

      Sayang speknya udah bagus2, ada turbo pula ehhh malah dikasih CVT ?

      Salah apa honda ?

      • Rafi M. P.

        Salahi aja visi Earth Dreams-nya, karena CVT merupakan tujuan utamanya

        • Always35

          Memang dilema sih, disatu sisi civic itu sangat dikenal banget imagenya sebagai mobil anak muda dan cenderung sporty, beda dgn altis. Tapi disisi lain sekarang org mengedepankan efisien dan ramah lingkungan yg sama honda dijawab dengan visi “Earth Dreams” aka mimpi bumi ?? yg mengedepankan kenyamanan dan efisiensi cmiiw.

          Dan CVT bisa dibilang bikin mobil efisien (bikin efisien bbm cmiiw dan murah ongkos produksi) dan nyaman (gak nyentak2 kyk motor matic). Tapi kosekuensinya performa jadi korban ?

          Wahai honda kami tunggu versi 3 pedalsnya ? masa iya ciri khas mobil ini kan performa yg joss tapi apa iya pake CVT? Paddle Shift aja aku rasa belum cukup…

  • hikoukigumo

    Dashboard Honda skrg seragam ya.

    • Aryo Wicaksono

      setir apa lagi, dari yang paling murah sampai yang paling mahal cuma ada dua jenis. CMIIW

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Masa 2 jenis.. Stir brio-mobilio-brv, jazz-HRV-City, CRV, Accord-Odyssey, All new Civic, freed, Civic FB, dll. Terlalu lebay klo cuma 2 jenis

        • Aryo Wicaksono

          oh, begitu, ya. aku cuma ingat hampir semua setir honda punya tombol bulat kiri kanan kecuali brio, mobilio, dan brv.

          • qoqo

            Beda kok, kayak Brio sama CRZ bentuk dasarnya emang sama2 bulet, tapi bentuk keseluruhannya beda kok. Mold buat plastik setir nya pasti beda juga

        • Zakwan Umarella

          fb bukannya yg kaya gini ya?

  • Aryo Wicaksono

    Obat kecewa: ganti transmisi CVT jadi manual di bengkel sendiri.

    • ekkyfir

      Impor transmisi 6 speed mt short shift nya type r, pasti mantep, tp harga nya mantep :v

      • Zakwan Umarella

        emang biasanya ganti transmisi berapaan sih?

        • ekkyfir

          Tergantung transmisi yg mau di ambil, kalau yg udh sport biasa nya 20 jt keatas mungking

  • [email protected]

    hmm ….
    kenapa yg tipe biasa 1,8 E dan EL ngga ada paddle shift ? dah harga 400 jtan lho…moso barang gitu aja di sunat.

    overall sih ok lah dibanding yg tipe civic skg……

    cuma efek psikologis harga nih kalo masuk indo berapaan yah bedanya dng thailand.
    Ada orang2 yang jago ngitung disini hehehe.. pajak dll ketika masuk indo ( rata2 beda berapa puluh juta sih dng harga Thailand ?? )

    dan ada bocoran bro hilsat kapan masuk indonya ? hehe… IIMS kah ( which is april nti )

    taratangkeyu….

    • ekkyfir

      Spek amerika jg ga ada bro seinget ane
      CMIIW

      • Ags Widodo

        Biasanya masuk indo jdi ada paddle shift nya. Kayak jaman FD dlu. Yg pny paddle shift cuma yg 2.0 utk spek thailand, malaysia. Bgitu masuk indo dapet jg deh yg 1.8.

        • ekkyfir

          Kalau fd iya ane tau sempet punya jg yg 1.8, kalau fb udh ga ada paddle shift yg 1.8, tp semoga aja ada kaya fd

    • Hillarius Satrio

      bocoran? nggak ada sih, tapi gua curiganya pas GIIAS muncul

      • Armann

        Mungkin sistem pemasarannya mirip kyk yg udah2 kali ya. Diperkenalkan pada giias tahun ini dan mulai dijual awal tahun depan

    • Ismail Fikri

      ada yg bilang katanya kalo gak agustus ya september (bukan sotoy, dari seles hondo)

  • Rafi M. P.

    Honda Thailand udah punya pabrik baru? Bukannya pabriknya di Ayuthayya ya?

  • ekkyfir

    Mantap!! Tinggal tunggu buat pasar indo, semoga ga mengecewakan dan bisa jd obat penawar atas kesalahan FB, walaupun agak kecewa dgn parking brake nya sih udh pake tombol, jd ga bisa ngepot2 unyu lg
    Tp kok paddle shift cmn ada di rs ya… Seharus nya di 1.5 turbo biasa ada jg

  • Mawar

    inget,

    suka bukan berarti mampu beli.

    dan inget,

    baru bisa pake apansa retalan bukan berarti sudah mengerti mobil.

    😀

    • Astaga

      dan inget! fanboy mercy bukan berarti harus punya mercy..wkwkwk

      • Always35

        Yaelah ane yg fanboy scania aja cuman bisa menikmati jadi penumpang aja, gak kesampean jadi driver apalagi punya wkwkwk *just kidding*

      • Mawar

        ane kan ngingetin bro.. bener doong..
        😀

  • panameraboy

    hmm mungkin crv next-gen bakal pake mesin turbo juga kali ya

  • Ismail Fikri

    yah marilah semua kita panjatkan doa supaya jonpis dan tomiki uchida gak kalap mantri sunatnya aamiin… :V

  • nusantara nusantara

    klo gak salah ada yang type S bisa 200 dk y, bener gak tuh

  • reyhan apriathama

    Better than civic FB but still FD is the best….. Kecuali kalo liat yg RS emg sportnya berasa karena sebenernya civic itu dibuat elegan tapi tetep berjiwa muda. . ga kayak fb yang terkesan melunak…

    • qoqo

      Setuju, ane yakin Civic FD bakal jadi future classic kayak Genio/Estillo

      • reyhan apriathama

        Kantor bokap ane dulu pake Civic FD 2.0 buat fleet dan puas banget karena mesin nya kenceng dan irit terlebih lagi enak buat nyetir sendiri

  • Brabusbus

    Sampai Indonesia bukan nggak mungkin bakal mendekati Rp 500 juta. Kalau bener seigut, konsumen bisa lari ke SUV atau large sedan. Tapi memang perlu diakui pasar mid sedan kecil sih disini.

  • rs

    Keren pisan yang rs….tapi sayangnya cvt…..gak apa-apa sih….altis juga begitu…..benar benar civic terbaik selain civic fd dan civic generasi ke 5 yang ada versi estilonya (tahun 1990 an)….rasa sportinya abis (bukan rada sporti)…gak kayak civic fb…bagus sih, tapi desain civic fb itu mengarah ke elegan…tidak sesuai sama karakter civic yang sporti…mesinnya juga…kami suka turbo…..

  • Shark Owner

    Di Indo mestinya yg 1.5T bisa mepet harga 1.8, karena yg 1.5T ikut pajak mobil kecil dibawah 1500cc

    • Rafi M. P.

      Tapi pajak induksi paksanya…. Ah, gak ngaruh banget

    • Always35

      Palingan sih kena di pajak mesin berturbo (forced induction) tapi kurang tau bisa lebih murah atau enggak dari yg 1.8~

  • Always35

    Semoga image mobil “anak muda” di civic bisa kembali macem civic tahun 90an itu sama FD… enggak kayak FB yg kayak mobil orang tua #ups

    Dan juga sunatan fiturnya jangan keterlaluan aja, tolong ya om jonpis wkwkwk

    • Mawar

      anak muda gimana om?

      maksudnya, anak muda yang dikasi duit ama bonyoknya gitu ya?

      • Always35

        Mungkin image “anak muda”nya itu dari modelnya, dan biasana kan anak2 umur segini mah doyan bawa kenceng dan civic salah satu yg mereka idamkan (kecuali FB yahh) tohh di beberapa kampus juga yg punya nih mobil populasinya juga lumayan meskipun agak bergeser ke hatchback/crossover yg harganya hampir mirip2

        • Aryo Wicaksono

          model anak muda, harga paruh baya. :v

          • Always35

            Udah kemahalan lebih tepatnya hahaha :v

  • Za

    Goodbye Multiplex Panel Meter yang udah jadi ciri khas di dashboard Civic

  • Mark Buana

    semoga di jual di indonesia
    ga disunat
    ditunggu review di youtube nya

  • Andi

    Antara ini dengan civic fd…… Bingung mau pilih yg mana

  • Cak Dri

    Pasti ada manualnya deh… kayak CRV pake 6 speed tapi belum tentu dipasang di versi turbo nya… 🙂 Kita tunggu kehadirannya… ngiler dikit

  • Zakwan Umarella

    selama jon pissed me off (jonpis) masih berkuasa, kemungkinannya cuma 2 :
    1. masukin semua fitur tanpa sunat ke indo dgn harga yg menjulang seperti burj khalifa

    atau..

    2. sunatan masal di semua fitur, pasang mesin fb, ilangin soft touch sm remote start biar harganya lebih ‘sensible’ tapi gamasuk akal sunatannya

    • Naufal Hilmy

      ga selebay itu juga kali?

      • Zakwan Umarella

        yaudahlahya mending bales line lu ah wkwk

  • 4×4

    ane berharap sih nyampe sini ad sunroof nya kaya versi amrik..

  • asd

    kalo yang 1.5 turbo wajib pertamax kali ya …

  • Levy Pillar

    Ini sama corolla altis bagusan mana klo dari fiturnya?

  • jokondo

    kalo gue liat gini mah mending ambil all new ngaltis…bruo Lev

    ngaltis V thn 2015 aj beli second 340 jtan dapet skg..
    beda 150 jt buat jalan2 ke eropa whahahahaha

    Lha wong CIPIC ini keluarnya di INDO cuman 1 tipe.. yang tipe 1.5 Turbo harganya 480 – 500 an jt kira2.

    hehdeh….. entah kenape yg 1,8 ngga keluar disini……