Road to MINI Fest 2018, Uji Kemampuan Line Up MINI

by  in Berita&Mini
Road to MINI Fest 2018, Uji Kemampuan Line Up MINI
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah berhasil menggaet konsumen Tanah Air kita, MINI telah melakukan langkah besar dengan menyematkan status completely knock down (CKD) pada salah satu modelnya yaitu Cooper Countryman. Hal tersebut dilakukan karena Cooper Countryman adalah mobil terlaris MINI di Indonesia saat ini. Tidak berhenti sampai di situ, setelahnya manufaktur yang sudah dibawah naungan BMW Group sejak 1994 ini terus mendekatkan diri pada konsumennya. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah meneruskan acara tahunan MINI Fest, dan juga Road to MINI Fest.

Apa sih MINI Fest itu? Jadi acara tersebut adalah sebuah pameran tahunan yang menampilkan lini model terbaru dari MINI untuk anda coba semua, jadi pameran ini dibuat khusus untuk para calon konsumen maupun penggemar brand Inggris ini. Lalu kalau Road to MINI Fest itu apa? Nah kalau yang ini adalah kegiatan test drive pra-pameran yang dikhususkan untuk awak media. Bertempat di kantor BMW Indonesia Training Centre, Tangerang, pada Selasa (13/11) lalu, Road to MINI Fest menjadi appetizer untuk main course rangkaian acara MINI pekan ini.

Dibuka oleh kata sambutan dan sejarah berdirinya MINI oleh Jodie O’tania selaku Vice President of Corporate Communication BMW Group Indonesia, Road to MINI Fest resmi dilaksanakan. Namun sebelum kami masuk ke dalam sesi test drive, MINI mengadakan quiz trivia dan penjelasan unit test terlebih dahulu untuk media yang telah hadir. Adapun model yang tersedia untuk dicoba adalah versi terbaru dari Cooper 3-door, Cooper S 3-door, Cooper S Cabriolet, dan dua Cooper Countryman CKD. Sayang banget varian Cooper 5-door dan John Cooper Works (JCW) tidak hadir karena unit yang belum available dan sudah sold out, H-1 lagi terjualnya huft.

Kami pun memilih Cooper S Cabriolet sebagai tunggangan untuk menemani sesi test drive kali ini. Bagian eksteriornya persis seperti Cooper S 3-door terbaru yang mengalami pembaharuan pada fascia depan, velg 17 inci-nya, dan bagian buritan terutama taillights yang sudah memiliki motif union jack. Pembeda dari segi eksterior dari versi hardtop-nya ya sudah pasti atap kanvas bermotif sama dengan taillights-nya. Selesai bahas bagian luar cus kita berangkat ke BSD Xtreme Park untuk foto-foto sekaligus bermain dengan si Cabriolet.

Masuk ke dalam interiornya, dan kami langsung disambut dengan ciri khas MINI yang sangat kental. Dari mulai bentuk dashboard, panel instrument analognya, layar multi information display MINI Connected, hingga In Car Entertainment Harman Kardon tetap mengeluarkan aura MINI yang kental. Ubahan paling mencolok ada pada tuas transmisi yang sudah mengadopsi sistem joystick. Hmm MINI rasa Jerman jadinya ya, namun tak dapat dipungkiri kalau pengoperasiannya lebih nyaman dengan sistem tersebut. Perbedaan lainnya juga ada pada bagian setir yang standarnya sudah memakai JCW Leather Steering Wheel, lengkap dengan logo trim terbuas dari MINI itu menggantikan emblem union jack.

Feel berkendara juga masih diwarisi dalam seri soft top ini. Stiffness khas MINI yang memang kurang ‘bersahabat’ dengan speed bump, membuat mobil ini memiliki body roll yang minim dibandingkan mobil sekelasnya bahkan saat memutar dengan kecepatan tinggi sekalipun. Noise yang ada di luar memang tidak tereduksi cukup baik mengingat mobil ini memiliki atap terbuka dengan harga off the road-nya Rp 970 juta. Namun cuaca hujan cukup deras saat kami berkendara menuju meeting point selanjutnya tak terasa mengganggu sama sekali karena rintik hujan yang menerpa atap kanvasnya.

Sampai di BSD Xtreme Park, media diperbolehkan menjajal gokart yang ada di sana. Namun kami lebih memilih ‘gokart’ buatan MINI yang satu ini. Road to MINI Fest 2018 kami akhiri dengan menjajal keganasan mesin 4-inline 2.0 L MINI TwinPower Turbo yang sangat responsif! Popping exhaust saat mobil ini di gaspol sangat menggoda iman para petrolheads, tak jarang banyak yang memfavoritkan Cabriolet khas MINI tersebut. Seluruh model yang kami para media test kemarin akan hadir kembali pada gelaran MINI Fest 2018 pada 17-18 November di the Space Senayan City. Jadi apakah anda tertarik merasakan apa yang kami rasakan?

Read Prev:
Read Next: