Hyundai Tucson Facelift Malaysia, Wajah Baru, Tambah Airbags & Sensor

by  in Berita&Hyundai&International
Hyundai Tucson Facelift Malaysia, Wajah Baru, Tambah Airbags & Sensor
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu silam kami sudah sempat mengabarkan mengenai munculnya teaser dari Hyundai Tucson versi terbaru di negeri tetangga, Malaysia. Nah, kini sang SUV memang sudah muncul dengan wajah baru, walaupun sejatinya tak banyak yang berubah kecuali sisi kosmetik. Lalu, apa saja hal baru yang ditawarkan oleh SUV baru dari Hyundai Sime Darby Motors ini? Mari kita bahas satu per satu.

Tipe 1.600cc T-GDI Turbo   

Eksterior

Bagian ini merupakan bagian yang paling kentara ubahannya di Hyundai Tucson Facelift versi Malaysia. Dari depan saja sudah langsung terlihat ubahan apa yang paling kentara. Yap, grille dan lampu depannya. Namun, wajah yang cukup masif ubahannya ini hanya terlihat di tipe 1.600cc Turbo, sedangkan di varian 2.000cc Elegance ubahannya cenderung lebih kalem. Oke, kita bahas di varian mesin Turbonya dahulu. Di varian 1.600cc Turbo, Hyundai Tucson Facelift mendapatkan lampu LED baru dengan smoke warna hitam dan juga LED Positioning Lamp bak alis di lampunya.

Tipe 2.000cc Elegance

Selain itu, ada grille krom horisontal sebanyak 4 bilah yang terlihat mencolok. Untuk varian ini, Hyundai Tucson Facelift juga mendapatkan skid plate krom yang senada, door handle krom, aksen krom di garis jendela, dan bumper belakang yang senada. Sedangkan untuk tipe 2.000cc Elegance hanya mendapatkan krom di bingkai grille saja, sedangkan sisanya polos tanpa aksen – aksen yang bisa kita temui di varian Turbo. Kedua varian ini juga menggunakan velg dengan ukuran 17 inci dan desain yang sama persis, antena model sirip hiu, dan juga dua lubang knalpot di sisi kanan bawah bumper belakangnya.

Interior

Masuk ke sisi dalam, Hyundai Tucson Facelift juga memberikan ubahan yang langsung kasat mata pada konsol tengahnya. Jikalau sebelumnya layar sentuh untuk sistem infotainment-nya diapit oleh dua kisi AC, maka kini layar sistem infotainment dan juga tombol – tombolnya diposisikan diatas kisi AC, dengan aksen berwarna piano black dan sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto.Sedangkan di bawah Kisi AC masih ada controller AC yang sekilas masih sama secara bentuk, namun ternyata berbeda bentuk tombol – tombolnya. Oiya, AC dari Hyundai Tucson Facelift ini sudah dual zone dengan mekanisme tombol putar yang seharusnya ergonomis. Setir masih sama, baik bentuk maupun tombol – tombol yang disematkan, hanya saja jahitan di setir yang dahulu berwarna merah sudah berubah menjadi putih.

Hyundai Tucson Facelift juga mendapatkan kursi model baru dengan lapisan kulit, lalu fitur EPB juga hadir di varian Turbo, mendampingi spion elektrokromatik, power seat 8 arah dengan dua arah lumbar support untuk kursi pengemudi, dan MID dengan layar 4,2 inci. Oiya, detail kecil lain yang berubah di interior Hyundai Tucson Facelift ini adalah bentuk kisi AC di sisi kiri dan kanan.

Mesin & Fitur

Untuk urusan mesin, seperti yang kami singgung di awal Hyundai Tucson Facelift dijual dengan dua opsi mesin, yaitu mesin 1.600cc T-DGI Turbo bertenaga 177 PS dan bertorsi 265 Nm, dan juga mesin 2.000cc naturally aspirated Nu MPi dengan trim Elegance yang menghasilkan tenaga maksimal 155 PS dan torsi maksimal 192 Nm. Varian turbo mendapatkan transmisi otomatis DCT 7 percepatan, sedangkan varian mesin konvensional mendapatkan transmisi otomatis biasa 6 percepatan. Artinya, Hyundai Tucson Facelift versi Malaysia tak mengikuti tren di luaran yang mengganti mesin 1.600cc Turbo dengan mesin 2.400cc n/a.

Sedangkan untuk fitur, Hyundai Tucson Facelift mendapatkan fitur standar seperti ABS, EBD, ESC, HSA, downhill brake control, BA, dan vehicle stability management. Nah, fitur – fitur tersebut hadir di keseluruhan varian, sedangkan yang berbeda pada keduanya ada pada jumlah airbag dan juga sensor parkir. Hyundai Tucson Facelift Turbo mendapatkan 6 buah airbag dan juga sensor parkir di sisi depan dan belakang. Sedangkan varian yang lebih murah mendapatkan 2 airbag saja dan sensor parkir belakang saja.

Jadi, bagaimana nih menurut kalian sosok Hyundai Tucson Facelift? Apakah layak jikalau pasca mampir di Malaysia SUV ini mampir di Indonesia? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: